Pemko Padang Butuh Depo Arsip


Sabtu, 09 Januari 2016 - 03:00:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kami memang sedang mengusulkan untuk pem­buatan depo arsip, mudah-mudahan Kota Padang se­gera memilikinya,” kata Kepala Kantor Arsip Per­pus­takaan dan Dokum­en­tasi Kota Padang Swesti Fanloni di Padang, Kamis.

Ia mengatakan Padang memang membutuhkan de­po arsip karena selama ini belum ada penyimpanan khusus untuk arsip, padahal arsip merupakan dokumen yang sangat penting.

Selama ini arsip di sim­pan di lantai empat Balai Kota Padang dan hanya be­be­ra­pa persen yang di­tam­pilkan di galeri, bertempat di kantornya bersebelahan dengan kantor Dinas Ke­pendudukan dan Pencatatan Sipil.

“Arsip yang ditampilkan di galeri merupakan do­kumen asli arsip statis, akan tetapi sudah ada beberapa yang diduplikat,” jelasnya.

Selain itu, kantor arsip yang berada di pusat kota dan dekat dengan Pasar Raya Padang membuat kan­tor tersebut rentan dengan kebakaran dan ancaman lainnya.

Pengelola galeri arsip Marshaleh mengatakan kan­tor arsip perpustakaan dan dokumentasi rentan terhadap banjir saat hujan deras.

“Cukup sering juga ga­leri ini kemasukan air saat hujan, untungnya rak-rak galeri sedikit ditinggikan jadi tidak terkena air,” ung­kapnya.

Untuk itu, ia berharap rencana untuk membuat depo arsip segera terealisasi. “Karena arsip merupakan dokumen yang sangat pen­ting dan harus disela­mat­kan,” kata dia. (h/*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 November 2018 - 16:05:37 WIB

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guna meningkatkan indeks literasi masyarakat di Padang, pemerintah kota setempat berencana menghadirkan perpustakaan di warung-warung. Pemko Padang melakukan hal itu juga untuk mendekatkan masyaraka.
  • Rabu, 07 November 2018 - 15:30:39 WIB

    Pemko Padang Didesak Berantas LGBT

    Pemko Padang Didesak Berantas LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) merupakan penyakit masyarakat. Anggota Komisi IV DPRD Padang, Gustin Pramona, mendesak Pemko Padang memberantas LGBT karena sangat tabu..
  • Rabu, 31 Oktober 2018 - 11:27:40 WIB

    Pemko Padang Kejar Digitalisasi Pelayanan Publik

    Pemko Padang Kejar Digitalisasi Pelayanan Publik PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemko Padang segera menerapkan pemanfaatan sertifikat elektronik pada tanda tangan digital di seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Saat ini, hanya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Sa.
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 13:02:28 WIB

    Pemko Padang Targetkan 34.000 Lampu Jalan

    Pemko Padang Targetkan 34.000 Lampu Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemko Padang berencana akan menambah 34.000 unit lampu penerangan jalan di Kota Padang. Hingga saat ini, baru terdapat 26.000 unit lampu dari target ketersediaan 60.000 unit. Untuk merealisasikann.
  • Jumat, 21 September 2018 - 14:11:10 WIB

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang masih membutuhkan anggaran sebanyak Rp1,5 miliar untuk menyelesaikan tunggakan KTP Elektronik (el) bagi warga Kota Padang. Upaya percepatan perekaman dan pencetakan terus dikejar jelang.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM