Unand Berencana Buka Prodi S1 Farmasi di Kampus II Payakumbuh


Sabtu, 09 Januari 2016 - 02:56:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Unand Berencana Buka Prodi S1 Farmasi di Kampus II Payakumbuh Wawako Payakumbuh, H Suwandel Muchtar melakukan pembicaraan serius dengan Dekan Fakultas Farmasi Unand untuk membuka Prodi Farmasi di Unand Kampus II Payakumbuh Kamis (7/1).

Prodi  baru yang akan dibuka itu, S1 Farmasi. Hal tersebut terungkap dalam per­temuan pihak Unand dengan Pemko Payakumbuh, di aula Balaikota di Bukik Sibaluik, Kamis (7/1). Sebelumnya, Unand Kampus II telah me­miliki dua Prodi, Ekonomi dan Peternakan.

Tim Unand yang datang terdiri dari Dekan Fakultas Farmasi Unand Prof. Dr. Hel­mi Arifin, MS Apt, Wakil Dekan III Dr. Erizal, Msi Apt, Ketua  Panitia Pembukaan Prodi Kampus II Payakumbuh, Dr. Yufri Aldi, Msi Apt, dan Kabag Tenaga Akademik, Drs. Tamsir, MM. Sedangkan, dari pemko langsung dipimpin Wa­wako Suwandel Mukhtar, bersama  Asisten III  Iqbal Bermawi, Kepala Bappeda Ridha Ananda, Kepala Disdik Hasan Basri Sy, serta Kabag Kesra Defitra.

Ketua   Panitia  Prodi Far­masi, Yufri Aldi me­ngatakan, rencana pembukaan Prodi Far­masi, sudah pernah di­bin­cang­kan kedua pihak Maret 2013. Namun, karena keterbatasan financial daerah, rencananya ini hingga sekarang masih belum terwujud. Pihak Unand siap menerima mahasiswa Farmasi tahun akademis nanti, jika pemko sepakat untuk me­me­nuhi sejumlah fasilitas buat kebutuhan prodi dimaksud. Di antaranya, penyediaan sarana dan prasarana labor, peralatan kantor, serta peralatan pe­nunjang perkuliahan, kata Yufri.

Menurut  Yufri, Program Studi Farmasi telah memiliki akreditasi A,  berdasarkan Surat Keputusan BAN PT No. 030/Ban-PT/Ak-XV/S/I/2013. Jika prodi itu terwujud, di­yakini Unand Kampus II akan menjadi tujuan pendidikan bagi pelajar dari berbagai provinsi. Dampak lainnya, kota Payakumbuh akan semakin dikenal di Tanah Air.

Menyikapi keinginan Unand itu, Wawako Suwandel Muchtar, menyatakan akan memberikan dukungan d­e­ngan rencana membuka Prodi Farmasi itu. “Persoalan ini, akan kami bicarakan dengan SKPD terkait dan DPRD. Kita juga akan mensosialisasikan kepada seluruh SLTA di kota ini,” katanya.

Ke depan, kerjasama Pem­ko dengan  Unand akan men­cakup ke berbagai sektor lain­nya, tidak terbatas  pada bi­dang pendidikan saja. Na­mun juga akan meluas pada bidang  ke­sehatan dan penelitian. Ma­hasiswa Farmasi akan dapat ma­gang pada rumah sakit, pus­kesmas dan Dinas Ke­sehatan Payakumbuh. Wawako me­minta, Bappeda  segera mem­buat  MoU  dengan Unand, agar rencana penambahan Prodi Farmasi tersebut segera te­realisir. (h/zkf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Agustus 2018 - 19:48:02 WIB

    Mahasiswa KKN-PPM Unand Beri Penyuluhan di Nagari Andaleh

    Mahasiswa KKN-PPM Unand Beri Penyuluhan di Nagari Andaleh TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM- Setelah melesaikan pengabdian masyarakat selama empat puluh hari di Nagari Andaleh, mahasiswa KKN – PPM Hibah Dikti Universitas Andalas memberikan persembahan terakhirnya dengan memberikan pen.
  • Ahad, 26 November 2017 - 13:31:16 WIB

    Susun RUU HATA, DPD RI Gandeng Pakar Hukum Unand 

    Susun RUU HATA, DPD RI Gandeng Pakar Hukum Unand  PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah dipandang perlu membuat regulasi yang memberikan perlindungan terhadap hak atas tanah ulayat, agar program pembangunan tidak merugikan masyarakat adat. .
  • Senin, 12 Juni 2017 - 20:16:37 WIB

    Dituduh Munafik, Mapala Unand Somasi Sejumlah Akun IG

    Dituduh Munafik, Mapala Unand Somasi Sejumlah Akun IG PADANG, HARIANHALUAN.COM--Bagi warganet atau netizen, berhati-hatilah, dan bijak dalam menggunakan media sosial. Karena jika salah dalam penggunaan, dan tujuannya bakal menimbulkan masalah..
  • Senin, 30 Januari 2017 - 09:39:01 WIB

    Alumni Antropologi Unand Gelar Mubes Pertama

    Alumni Antropologi Unand Gelar Mubes Pertama PADANG, HALUAN- Setelah mengadakan temu kerabat Antropologi pada Juli 2016, alumni Antropologi Universitas Andalas (Unand) kembali bertemu Sabtu (28/1) hingga Minggu (29/1), di Museum Adityawarman yang beralamat di Jalan Dipe.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 17:19:31 WIB

    Ika Faterna Unand Bakal Gelar Munaslub

    Ika Faterna Unand Bakal Gelar Munaslub PADANG, 30/11/2016 -- Ikatan Alumni Fakultas Peternakan (IKA Faterna) Universitas Andalas (Unand), akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 3 Desember mendatang. .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM