Kunjungan Nofi Candra ke Nagari Pauh Duo

Masyarakat Berharap Diberi Pelatihan Budi Daya Perikanan


Sabtu, 09 Januari 2016 - 02:52:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Potensi air sama ting­ginya dengan lahan peri­ka­nan di Nagari Pau Duo. Dengan sentuhan penge­ta­huan, budi daya perikanan diyakini menjadi komoditas andalan masyarakat,” papar Zainal dalam diskusi de­ngan anggota DPD-RI, Nofi Candra berkunjung ke na­gari itu dalam rangka reses, Rabu (6/1).

Zainal menjelaskan, se­ba­gai usaha alternatif yang kelak diproyeksikan men­jadi usaha andalan, petani sebagai pelaku usaha perlu dibekali dengan pengetahun dan keterampilan. Meski lahan budi daya perikanan cukup potensil di­kem­bang­kan, namun tanpa diiringi dengan pelaku yang me­miliki kemampuan dan ke­te­rampilan, potensi tersebut diragukan mampu mem­beri manfaat.

Oleh karena itu, pihak­nya berharap kepada Nofi untuk menyampaikan ke kementerian terkait, agar mendukung program budi da­ya pertanian dan peri­kanan dengan mengarahkan program pelatihan ke nagari tersebut.

Menyikapi harapan itu, Nofi akan  berupaya meng­gugah Kementrian Per­ta­nian dan Perikanan mela­ku­kan transformasi penge­ta­huan melalui program pe­latihan terkait dengan budi daya perikanan.

Menurutnya, dengan me­­ngandalkan sumber daya air, Pauah Duo juga me­miliki potensi pertanian yang besar, misalnya budi daya perkebunan. “Banyak lahan budi daya pertanian dan perikanan yang perlu ditingktakan penge­lo­la­an­nya, “ sebutnya.

Mengenai kunjungan ke sana, kata Nofi, ia sengaja menampung aspirasi ma­sya­rakat untuk dibahas da­lam rapat Komite II DPD-RI yang membidangi ma­salah yang umum dihadapi oleh masyarakat Sumbar, khsusunya Solok Selatan. Bila   nanti ia harus menga­wal harapan masyarakat itu sampai ke tingkat kemen­terian, ia akan lakukan agar pertumbuhan pere­ko­no­mian masyarakat terbangun dengan usaha ini.

“Kami berusaha agar program pertanian dan peri­kanan sampai ke tingkat nagari. Usaha dan advokasi melalui komite II DPD RI juga sering kami lakukan, sebagaimana yang kami la­ku­kan terhadap komodias gan­dum di Alahan Pan­jang,” imbuhnya. (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM