Selama 2015, Bukittinggi Diekspos 11.474 Berita


Sabtu, 09 Januari 2016 - 02:49:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pemberitaan sepanjang tahun 2015 ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yakni sekitar 12,85 parsen. Dari jumlah pemberitaan yang diekspos oleh media cetak harian dan mingguan itu belum termasuk ekspos pemberitaan melalui media elektronik seperti RRI, televisi nasional dan lokal, radio swasta dan media online.

“Dari hasil kliping berita harian dan mingguan yang kita lakukan, ada sebanyak 11.474 pemberitaan tentang Bukittinggi. Jumlah tersebut belum termasuk ekspos pemberitaan melalui media elektronik seperti RRI, televisi nasional dan lokal, radio swasta dan media online,” ujar Kabag Humas Setdako Bukittinggi Yulman, Jumat (8/1).

Menurut Yulman, untuk media elektronik pihaknya kesulitan untuk melakukan pencatatan secara rinci, apalagi berita-berita yang disiarkan dan ditayangkan di luar kerjasama dengan Pemko. Khusus untuk media elektronik adapun bentuk kerjasamanya antara lain dalam bentuk rubrikasi khusus melalui dialog, liputan khusus dan juga pemberitaan.

Yulman menjelaskan, dari jumlah keseluruhan ekspos melalui media cetak tersebut terdiri 8.301 berita dan 3.155 foto. Artinya, sertiap hari rata-rata pemberitaan tentang Bukittinggi berkisar di atas 30 buah berita dan foto melalui media cetak.

Dalam 12 bulan sepanjang 2015 perkembangan pemberitaan tersebut hampir merata berkisar di atas 800 dan 900 berita per bulan. Kecuali pada periode Agustus, September, Nopember dan Desember yang volume berita dan foto di atas angka 1.000. “Peningkatan ekpos berita selama empat bulan itu disebabkan karena momen itu terkait dengan persiapan Pilkada. Selain sosialisasi Pilkada secara umum, tentunya media juga sekaligus mengemban fungsi promosi dari para kandidat yang bertarung pada Pilkada 9 Desember lalu,” ucap Yulman.

Menurutnya, sejauh ini  Pemko Bukittinggi telah menjalin kerjasama dengan enam media cetak harian dan 20 lebih media cetak mingguan yang aktif. Kerjasama dilakukan dalam bentuk penyediaan bahan bacaan (koran), sedangkan pihak media memberikan kontribusi melalui pemberitaan.  Untuk 2016 ini ujarnya, pihaknya me­ngimbau kepada pihak media untuk segera mengirimkan nama-nama wartawan beserta koordinatornya ke Humas Setdako, sehingga bisa didata untuk dicatatkan dalam kegiatan tahun ini. Karena koordinator dari wartawan masing masing-media, sangat penting, yang sekaligus menjadi perpanjangan tangan dari media untuk koordinasi dengan Humas. ”Kerjasama media sangat kita harapkan untuk itu kita minta kepada redaksinya masing masing untuk segera mengirimkan nama koordinator beserta wartawannya,” harap Yulman. (h/tot)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM