Dana Desa Memberi Manfaat

Pembangunan Nagari Dipercepat


Sabtu, 09 Januari 2016 - 01:02:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pembangunan Nagari Dipercepat

 “Untuk pencairan DD tahap satu hingga tahap tiga sampai tutup tahun 2015 terealisasi 100 persen, “katanya.

Terkait banyak keluhan Walinagari keterlambatan transfer DD tahap tiga se­besar 20 persen, Ia me­nye­butkan dikarenakan ada tiga Na­gari di Solsel yang ter­lambat memberikan la­poran sesuai tenggat waktu yang telah di­be­ri­kan. ”La­poran tersebut ber­sifat ko­lek­tif, apabila tidak men­capai 98 persen dari jumlah total nagari sehingga terl­am­bat secara kese­luru­han,” tambahnya.

Sehingga, berdasarkan pengalaman tersebut maka kata Basrial, untuk 2016 akan diupayakan agar Wali­nagari bisa menuntaskan APB-Nagari secepat mung­kin. Selain itu, juga dengan memberikan pemahaman ser­ta keyakinan bisa me­nye­lesaikan secepat mungkin.

Untuk pengawasan, ia mengatakan, sistem dan pe­ngawasan DD adalah ber­jen­jang dari tingkat Kecamatan sampai Kabupaten. Se­dang­kan, Pemnag melakukan pe­mantauan. “Pemnag ha­nya seba­gai fasilitator bu­kan pe­me­r­iksa keua­ngan,” tan­dasnya.

Sejauh ini tingkat keber­hasilan DD sudah dirasakan ma­syarakat desa dam­pak­nya, seperti pembangunan irigasi pertanian, infra­struk­tur jalan desa dan pem­ber­dayaan ma­syarakat di bi­dang pertanian dan peternakan.

Pada 2106 alokasi DD di Solsel akan digabung de­ngan dana yang bersumber dari APBD, yaitu dengan kisaran Rp1,7 Miliar sam­pai Rp3 Miliar per desa atau Nagari. “Kurang tepat, persepsi semakin banyak jumlah Nagari banyak pula penerimaan Nagari. Sebab, tergantung jumlah pen­du­duk,”katanya.

Jika ada upaya dari ma­sya­rakat untuk me­me­kar­kan Nagari, imbuhnya mi­nimal jumlah penduduk 4.000 jiwa dan 800 Kepala Keluarga.”Jika terpenuhi jumlah tersebut bisa di­usulkan,”tutupnya.

Sementara,Plt Wa­li­na­gari Alam Pauh Duo, Da­s­rial mengatakan DD yang ber­sumber dari APBN ber­jumlah kisaran Rp346 juta dari APBD kisaran Rp119 juta dan blockgrant sebesar Rp75 juta. “DD tersebut telah dimanfaatkan untuk pembangunan 10 titik infra­­struktur jalan desa dan pem­berdayaan ma­sya­ra­kat,”ka­tanya.

Terkait kendala ia me­nyebutkan proses pencairan atau transfer DD yang terla­lu lambat.”Bayangkan saja pencairan DD tahap per­tama baru terealisasi pada Oktober 2015,”keluhnya.

Sementara itu pe­man­faa­tan dana desa dan ang­garan dana desa pada 51 desa di Kota Pariaman, telah me­nambah kegairahan desa dalam membangun baik fisik maupun secara kelem­bagaan.

Kini, kondisi itu bisa terlihat seca­ra kasat mata, jal­an desa makin tum­buh dan kon­disinya bertambah bagus, irigasi ma­kin banyak, drai­nase terbenahi dan ke­­lem­bagaan ma­syarakat meng­ge­liat.

“Desa makin tacelak dengan dana desa dan ang­garan dana desa,” kata Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Peme­rin­tahan Desa(BPM-Pemdes) Kota Priaman, Lanefi , men­jawab Haluan, Jumat (8/1) terkait pemanfaatan dana desa dan ADD desa tahun 2015 di Kota Pariaman.

Dua sumber dana pem­bangunan di desa tersebut, Dana Desa dari APBN yang masuk ke APBD dan ADD dari APBD tahun 2015.

Dua dana desa itu ber­beda jumlahnya, ADD tahun 2015 diperoleh Kota Pa­ria­man lebih kurang sebanyak Rp8,3 Miliar. Sementara Dana Desa Rp15,339 Mi­lyar. Pencairan dana itupun bertahap, ada tahap I, ke­mudian tahap II dan ada tahap III.

Menurut Lanefi, pen­cairan dana desa pertahap tersebut berjalan lancar, tidak ada kesulitan, dan desa langsung memanfaatkan dana itu sesuai ketentuanya.

“Memang ada sekitar 10 desa untuk pencairan dana tahap III nya tersendat, atau terlambat tapi itu hanya soal keterlamatan saja. Maklum karena mungkin saja pera­turan baru, petunjuk baru, pendaping baru, tentu perlu kehati-hatian yang tinggi agar tidak salah kaprah.

Na­mun pada tahun 2016, ki­­ta pacu keter­ting­galan dan memperbaiki kelemahan, sehingga laju per­tumbuhan pem­ba­ngu­nan desa semakin lancar dan cepat. Dari semua ke­giatan yang sudah jalan, sudah selesai dikerjakan dan bahkan telah dimanfaatkan masyarakat, kita dari BPM-Pemdes, sedang menunggu laporan dari desa, sekaligus evaluasinya.

Diantara pekerjaan fisik yang telah dibangun dengan dana desa, yaitu jalan rabat beton di desa Marabau, Kecamatan Pa­ria­man Ti­mur. Dan juga ada membuka jalan baru serta perbaikan drainase lingkungan.

Terhadap pembangunan yang telah dilaksanakan, BPM-Pemdes, sudah me­lakukan ceking ke lapangan terhadap pemanfaatan dana desa oleh desa, dan dari hasil ceking lapangan itu, ha­silnya bisa dibanggakan, “sebut Lanefi.

Dari hasil pembangunan yang telah dilaksanakan de­ngan dana desa dan ADD desa, dapat saling dijaga bersama-sama dengan ke­pe­dulian lingkungan yang tinggi. Sebab semua hasil pem­ba­ngunan yang dilak­sanakan tersebut untuk ke­majuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa marabau, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pa­ria­man, Asril, terkait ada­nya dana desa dan ADD desa, sangat dirasakan man­faatnya untuk pembangunan desa demi meningkatkan kesejahteraan warga.

Contoh, selama ini kita masih punya jalan lingkung yang berkondisi ta­nah, de­ngan adanya dana desa, kini sudah dirabat beton. Warga ber­jalan dijalan ter­sebut jika hari sudah hujan tidak becek la­gi, berbeda dengan ko­n­disi sebelumnya.

Begitupun de­ngan iri­gasi untuk per­tanian padi sa­wah, dengan adanya dana tersebut, bisa ber­tam­bah ke­be­radaan iri­gasi yang per­ma­nen, walau itu irigasi ca­cing milanya, tet­api sudah berbeton pula, ke­terjamian pe­ngai­ran ma­kin bagus un­tuk pertanian.

Asril juga me­nga­takan, dalam pencairan dana yang turn bertahab-tabah ter­sebut, tidak merasa kesu­litan, lan­car-lancar saja, sebab pe­ma­n­faatan dana misalnya untuk pekerjaan sarana fisik, semua sudah jelas acuannya dan aturan serta hitungannya. Jadi pe­ke­r­jaan selesai, selesai pula­lah laporanya dibuat.

“Kita berharap, tahun 2016 ini, kondisinya makin bertambah baik, baik dari sisi jumlah dana ADD yang di­te­rima ataupun dana ADD, se­hingga percepatan pem­ba­ngunan di desa lebih di­pacu. Pem­bangunan lan­car, eko­no­mi lancar, rakyat warga mak­mur sejahtera,” tutupnya. (*)

 

Laporan:
TRISNALDI/JEFFLY/ISRA/OGGHY
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM