Usaha Rakik Mak Nis

Bertahan dari Generasi ke Generasi


Sabtu, 09 Januari 2016 - 00:55:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bertahan dari Generasi ke Generasi

Peyek atau orang Minang biasa juga menyebutnya rakik, merupakan makanan olahan yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan air sampai menjadi adonan kental, yang kemudian ditambahi bumbu-bumbu seperti garam, cabe, daun jeruk, bawang merah dan bawang putih sehingga menambah kenikmatan rasanya.

Pembuatannya pun cukup mudah. Adonan tepung yang telah mengental itu kemudian ditaburi dengan bera­gam bahan lain seperti, kacang tanah, kedele, udang kecil dan ikan maco sesuai dengan selera, sebelum dima­sukkan kedalam penggorengan dengan minyak panas.

Hanya butuh beberapa menit saja untuk menggorengnya. Peyek yang telah berubah warna menjadi kuning agak kecoklatan, siap untuk diangkat dan dikeringkan. Lalu siap pula untuk disantap tentunya. Namun bagi anda yang tak sempat atau pun yang belum bisa untuk membuatnya, tentu tak perlu pula risau, karena makanan yang terkenal gurih dengan kriuknya yang menggugah selera ini, sangat mudah dijumpai di warung-warung ataupun di mini market di daerah Sumbar.

Karena itu pula, membuat rakik ini bisa menjadi peluang usaha yang meng­giurkan. Penganan ini bisa menjadi usaha rumahan atau dikelola secara pro­fesional. Produknya dapat dipasarkan ke warung-warung dengan sistem kon­sinyasi atau dijual langsung pada pelang­gan. Omzet yang diha­silkan juga sangat menjanjikan untuk menambah penda­patan keluarga. Karena nyaris semua orang menyukai cemilan yang satu ini.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk mengelola usaha ini tidak perlu banyak. Dengan modal kecil, kita juga telah bisa memulai usaha pembuatan peyek ini dalam bentuk skala ru­mahan.

Seperti usaha yang digeluti Saranis (67). Nenek yang akrab disapa Mak Nis ini adalah warga Lembang Jao, Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang. Usaha yang telah dirintis oleh keluarganya secara turun temurun ini, awalnya hanya sebagai usaha sam­pingan penambah pendapatan ke­luarga, kini telah berkembang men­jadi usaha sederhana dengan kemasan dan konsep modern. Sedangkan omzet yang diraihnya mencapai puluhan juta rupiah.

Dalam menjalankan usahanya, Mak Nis dibantu oleh adiknya Netty Herawati (60), bersama 10 orang karyawan yang masih keluarga dan tetangga dekatnya. Usaha yang dulu­nya hanya sekedar untuk mengisi warung-warung yang ada di sekitar Nagari Cupak saja, maka kini berkat kegigihannya, telah berkembang hampir ke seluruh wilayah kabupaten dan kota Solok.

“Usaha peyek yang mengusung produk dengan merek “Mak Nis” ini, juga sudah merambah pasar di sejum­lah daerah lainnya di Sumbar, seperti Kota Padang dan Agam,” terang Netty Herawati.

Menurut penuturan Netty, usaha yang dilakoninya ini bukan tanpa hambatan. Banyaknya saingan dari produk sejenis yang beredar di pa­saran, adalah tantangan baginya untuk meningkatkan kwalitas agar mampu bertahan dari gempuran produk lain. Kunci bertahannya usaha yang sudah dimulai sejak puluhan tahun silam ini memang berada pada kwalitas dan rasanya yang gurih.

Hal ini lantaran dalam pemilihan adonan, pihaknya memang sangat memperhatikan kwalitas bahan. Sementara dalam meramu adonan, dari dulu hingga kini hanya dilaku­kan oleh  satu orang saja yaitu Mak Nis.

“Untuk urusan meramu adonan, kita masih mengandalkan Mak Nis, karena racikan tangan kita berbeda-beda. Sedangkan racikan tangan beliau sudah teruji dan enak,” tutur Netty.

Kini dalam sehari, kata Netty, usaha peyek Mak Nis telah mampu memproduksi sebanyak 3.600 buah peyek yang dibagi dalam tiga ma­cam produk yaitu peyek kacang tanah, peyek udang dan peyek ikan maco. Atau sebanyak 1.800 bungkus isi 20 biji peyek, dengan modal bahan baku senilai Rp600 ribu dan gaji 10 orang karyawan sebesar Rp350.000. 

“Untuk 1 bungkus dipatok harga Rp9.000. Itu harga grosir. Sedangkan untuk harga jual di mini market atau outlet dipatok Rp10.000, karena kemasannya juga berbeda,” jelasnya. (***)

 

Laporan :
YUTIS WANDI



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM