Softlens Bukan Pengganti Kacamata


Sabtu, 09 Januari 2016 - 00:51:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Softlens Bukan Pengganti Kacamata

Sebenarnya, ka­camata dan soft­lens itu ber­jalan berdampingan. Setiap pemakai soft­lens atau lensa kontak pasti me­miliki kacamata.

Jadi, salah kaprah kalau softlens atau lensa kontak dijadikan alat pengganti kacamata. Softlens atau lensa kontak sebaiknya hanya dija­dikan alat alternatif untuk menggantikan sementara fungsi kacamata, khususnya di saat-saat tidak memungkinkan untuk menggunakan kacamata.

Menurut Danny Widodo, Country Head Indonesia dari Ciba Vision, produsen lensa kontak asal Amerika, bahwa ada saat-saat ketika kacamata tidak dapat dikenakan karena alasan tertentu, misalnya saat berolahraga, atau berada di depan komputer berjam-jam (bisa meninggalkan bekas di dekat hidung), saat sedang ingin tampil gaya tanpa kacamata, atau tidak bisa menyesuaikan gaya hidup.

Dengan demikian Anda bisa me­milih lensa kontak sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk bergaya bisa me­makai lensa kontak warna-warni, atau untuk yang bekerja lebih dari 10 jam di depan komputer. Selain itu untuk mencegah rasa sakit dan pegal di daerah hidung, tempat bersangganya kacamata.

Sayangnya, sebagian orang kini justru mengandalkan softlens sebagai pengganti kacamata. Padahal ini sangat berbahaya. Softlens mempunyai kualitas, ketebalan dan komposisi bahan yang berbeda-beda, yang mungkin saja tidak cocok dengan mata.

Bagi yang pertama kali memakai softlens, kadang mata seperti belekan (ada kotoran), apalagi kalo di depan komputer terlalu lama. Penglihatan lama kelamaan akan menjadi kabur. Hal ini karena, pada umumnya lensa kontak dibuat dari bahan plastik yang mengandung air. Bila dipakai lama kelamaan kandungan airnya akan berkurang, sehingga akhirnya akan menyerap air dari permukaan mata.

Inilah yang menyebabkan mata terasa kering dan pedas. Hal ini akan terjadi lebih cepat bilamana berada di tempat yang panas, naik motor, kena asap rokok atau tempat ber-AC, misalnya di kantor, mall dan lainnya.

Disarankan, untuk mata dengan tipe mudah iritasi, sebaiknya jangan lama-lama memakai lensa kontak. Juga, untuk kerja mata yang berat (semisal mengetik dengan komputer) pergunakan saja kacamata, karena lebih sehat. (h/*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Januari 2016 - 00:50:14 WIB

    Kebutaan Intai Pemakai Softlens

    Kebutaan Intai Pemakai Softlens Dari sebuah penelitian, telah terjadi peningkatan infeksi mata yang dise­bab­kan oleh Acanthamoeba Castellani. Penyakit infeksi ini dinamakan Acant­ha­moe­ba Keratitis..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM