UMKM Sumbar Kurang Promosi


Jumat, 08 Januari 2016 - 03:29:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Produk Sumbar bukan tidak ada yang bisa dibawa untuk bersaing dalam MEA. Banyak produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Sumbar yang berkualitas namun minim promosi,” ujarnya kepada Haluan Ra­bu (6/1) siang melalui sam­bungan telepon.

Seperti produk sepatu dan tas kulit Sumbar kata Asnawi, sebenarnya memi­liki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar yang sejenis. Tapi keterbatasan promosi membuat produk ini hanya tersebar dalam negeri saja. “Selain promosi ke­ter­se­diaan bahan mentah ju­ga menjadi kendala. Se­hingga sulit untuk eks­por,” pa­parnya.

Karipik balado dan ber­bagai jenis pangan asal Sum­bar sebenarnya juga bisa menjadi andalan untuk bisa bersaing di pasar global. Namun, kebersihan, packa­ging, sertifikasi, dan tahan dalam jangka waktu lama masih menjadi tantangan.

Dengan alasan ini ujar Asnawi produk Sumbar saat ini hanya mampu bertahan dari gempuran produk lain dari negara tetangga. “Ber­tahan saja  itu sudah cukup kalau pun belum mampu untuk masuk ke pasar glo­bal,” terangnya.

Dalam beberapa per­temuan dengan pemerintah pusat katanya Kadin sempat mengusulkan untuk meng­kaji lagi terkait pasar bebas Asean. Karena kalau dilihat dari kesiapan Indonesia atau bahkan Sumbar belum optimal.

“Jadi kami minta peme­rintah mengkaji lagi apakah ini akan membawa mudarat yang besar atau bahkan kebaikan. Kalau lebih ba­nyak kemudaratan harus dikaji lagi,” pingkasnya.

Namun demikian un­tuk jangka panjang Sumbar de­ngan produk ung­gu­lan­nya bisa bersaing di pasar glo­bal, asalkan pihak pe­me­­rintah dan stakeholder ter­kait termasuk Kadin bisa berbenah untuk mem­beri­kan pelatihan, work­shop, seminar, pameran produk sehingga dari segi kualitas dan juga kuantitas produk bisa meningkat. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 15:15:09 WIB

    Pelaku UMKM di Padang Panjang Dituntut Munculkan Kemasan Menarik

    Pelaku UMKM di Padang Panjang Dituntut Munculkan Kemasan Menarik PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di harapakan mampu berinovasi untuk membuat kemasan semenarik mungkin, yang mampu menarik para wisatawan untuk mencoba dan membeli barang yang di j.
  • Sabtu, 30 Juni 2018 - 17:33:15 WIB

    JNE Dorong Pengembangan UMKM di Sumatra Barat

    JNE Dorong Pengembangan UMKM di Sumatra Barat Sebagai perusahaan yang beroperasi di Sumatra Barat (Sumbar), JNE tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga berupaya mendorong peningkatan pendapatan masyarakat. Perusahaan ekspedisi itu memiliki beberapa program untuk memb.
  • Rabu, 04 April 2018 - 09:11:46 WIB

    Produk UMKM Pariaman Dibawa ke Brunai

    Produk UMKM Pariaman Dibawa ke Brunai PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pelaku UMKM sulaman, bordir, dan tikar batang kelapa dari Kota Pariaman sedang mengincar pasar internasional. Salah satu langkah yang akan diambil oleh pelaku usaha tersebut adalah memanfaatkan ke.
  • Senin, 17 April 2017 - 10:54:59 WIB

    Pelaku UMKM Difasilitasi Jaringan Ekspor

    PADANG, HALUAN—Dalam rangka memperluas pasar ekspor di Sumatra Barat (Sumbar), Kementerian Perdagangan dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumbar akan mengadakan seminar dan klinik bisnis pada 19 April di Basko Hotel..
  • Kamis, 23 Maret 2017 - 16:08:21 WIB

    Mataharimall.com Ajak Gabung Pelaku UMKM Sumbar

    Mataharimall.com Ajak Gabung Pelaku UMKM Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mataharimall.com ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan sebagai mitra untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Sebagai upaya mewujudkan hal itu, Mataharimall.com menyediakan t.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM