Sengkarut Pembebasan Tanah By Pass Padang

Masyarakat Pertanyakan Tanah Cadangan Pengganti


Jumat, 08 Januari 2016 - 03:17:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pasalnya, hingga hari ini setelah pascapem­bong­ka­ran, Pemko Padang belum memberikan hak ma­sya­rakat. Tanah Cadangan Peng­ganti (TCP) belum ditunjukkan dengan jelas oleh Pemerintah Kota Pa­dang.

Dalam jumpa pers yang dilakukan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Ku­ranji Peduli (LSM-KP), Jafrizal kepada wartawan, kemarin, di Kuranji, men­jelaskan, hingga kemarin tim penyelesaian kon­so­lidasi jalur dua by pass belum menjelaskan TCP yang menjadi hak ma­sya­rakat.

Dalam konsolidasi, ta­nah masyarakat 30 persen yang diserahkan kepada pemerintah, dengan rincian 20 persen untuk jalan dan 10 persen dicarikan peng­ganti oleh Pemko Padang.

Diakui oleh Jafrizal me­mang sudah ada kabarnya masyarakat yang menerima TCP tapi tidak berada di kawasan by pass, dan itu menyalahi konsolidasi. Ka­rena dalam konsolidasi tanah pengganti masih ber­ada di kawasan by pass.

“Masa tanah pengganti adanya di perumahan,” tu­tur Jafrizal.

Ia menambahkan, jika Pemko Padang bisa meng­ambil paksa tanah masya­rakat di by pass masyarakat juga bisa mengambil paksa haknya.

“Kita sebenarnya butuh kejelasan saja, di mana ta­nah pengganti yang dijan­jikan oleh Pemko. Jika itu tanah fasum, tunjukkan,” katanya.

Dari peta yang sempat diperlihatkan kepada war­tawan, tanah fasum atau sempat disebut sebagai ta­nah pengganti berada di titik persimpangan jalan by pass. Posisi tanah tersebut memang menggiurkan ka­rena berada di tanah persim­pangan. Namun, dari peta tersebut terlihat ada tanah fasum atau TCP yang sudah dijual dan sudah dibangun. Malah ada yang sudah diba­ngun kantor pemerintah.

“Kalau terkait dengan tanah fasum atau tanah peng­ganti untuk masyarakat yang sudah dibangunkan kantor itu bukan urusan kita. Kita hanya menuntut hak kita sebagai masyarakat saja,” tegasnya.

“Tanah 20 persen ter­sebut adalah yang luasnya 40 m² yang tengah dipakai saat ini. Sedangkan 10 persen tersebut seluas 20 m². Bisa dibayangkan saja berapa TCP untuk Kecamatan Ku­ranji sepanjang 6,4 KM. Apalagi bila untuk seluruh Kota Padang sepanjang 22,­01 KM.      

Lebih jauh disebutkan, LSM Kuranji Peduli merasa terpanggil untuk membantu menyelesaikan TCP 10 per­sen tersebut.

Jafrizal menyebutkan, bila Pemko Padang tak memiliki data untuk me­nemukan TCP tersebut ma­ka LSM KP bisa bekerja­sama menunjukan dengan syarat ada polisi dan jaksa karena LSM KP memiliki data yang konkrit atas ke­beradaan TCP tersebut se­panjang jalan by pass.

Namun, jika ditemukan Pemko Padang bersama aparat penegak hukum ter­sebut harus berani mengu­sut tuntas siapa pun orang­nya.

“LSM KP berupaya se­mak­simal mungkin bagai­mana persoalan jalur dua by pass tersebut diselesaikan dengan cara konsolidasi,” ujarnya.

Pada tempat terpisah, Ketua Tim Pembebasan La­han by pass Jalur Dua yang juga Asisten I Pemko Padang, Vidal Triza me­ngatakan, Pem­ko Padang tak mengenal TCP tersebut. Yang dike­tahuinya, 30 per­sen tanah masyarakat yang diberikan ke Pemko Padang dipergunakan untuk pem­bangunan jalan semu­anya.(h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Juni 2018 - 09:49:13 WIB

    ACT Ajak Masyarakat Berikan Donasi untuk Gaza

    ACT  Ajak Masyarakat Berikan Donasi untuk Gaza PADANG, HARIANHALUAN.COM- Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, mengajak masyarakat khususnya di Padang dan sekitarnya untuk berkontribusi membantu Gaza. Pasalnya Rudal Israel Menoreh Duka Gaza di Pekan Idul Fi.
  • Jumat, 20 April 2018 - 11:59:23 WIB

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM----Jelang bulan suci Ramadan, Satpol PP Kota Padang  agar menggelar operasi Penyakit masyarakat (Pekat) di sejumlah tempat hiburan malam di Kota Padang..
  • Senin, 20 November 2017 - 19:25:08 WIB

    Dirikan Rumah Sarok, Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Kelola Sampah

    Dirikan Rumah Sarok, Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Kelola Sampah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pendiri Pulangkampuang.com, Faldo Maldini, akan mendirikan bank sampah yang dinamai Rumah Sarok. Ia mendirikan bank sampah tersebut dengan tujuan utama membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga k.
  • Kamis, 02 November 2017 - 10:35:26 WIB

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist PADANG, HARIANHALUAN.COM--Memasuki 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat mengalami penurunan. Menurut data BPS, total kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar turun sebesar 23.06 persen. Per September 2017, kunju.
  • Kamis, 24 Agustus 2017 - 16:21:06 WIB

    Rayakan HUT PPAL Padang. Purnawirawan Harus Jadi Contoh Bagi Masyarakat

    Rayakan HUT PPAL Padang. Purnawirawan Harus Jadi Contoh Bagi Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meskipun sudah tidak menjalani tanggung jawab sebagai prajurit, para purnawirawan TNI Angkatan Laut (AL) diharapkan tetap memberikan contoh sikap positif dalam menyikapi situasi dan kondisi yang ada.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM