Pj Bupati Agam dan Limapuluh Kota Pasti Akan Dilantik


Jumat, 08 Januari 2016 - 03:09:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Pemprov telah mengi­rim usulan nama Pj Bupati Agam dan Limapuluh Kota ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak Desember lalu. Tugas kami hanya mengusulkan. Ke­pu­tusannya dari Kemendagri,” ujar Donny, Kamis (7/1).

Ia menegaskan, pengu­su­lan dan pelantikan Pj bupati/walikota adalah hak pre­ro­gatif gubernur yang tak bisa di­intervensi dan diarah-arahkan.

Terkait dengan Pelak­sana Harian (Plh) yang hing­ga saat ini mengisi keko­songan jabatan kepala da­erah di Agam dan Lima­puluh Kota, menurut Don­ny, hal itu tidak masalah jika pemerintahan dapat ber­jalan dengan baik. “Kalau pemerintahan tidak jalan itu baru yang saya disalahkan. Ini kenyataannya pe­me­rintahan teta jalan meski dipimpin Plh,” sebutnya.

Donny juga men­gkla­ri­fikasi wacana pelantikan calon kepala daerah terpilih pada Januari mendatang dengan pelantikan Pj Bupati Agam dan Limapuluh Kota. Ia menyampaikan, memang ada wacana dari Ke­men­dagri akan melakukan pe­lantikan calon kepala da­erah terpilih dari Pilkada serentak mendatang. Na­mun, ini baru sebatas wa­cana karena untuk Januari waktunya juga sangat mepet.

“Merujuk kepada UU Nomor 8 Tahun 2014 ten­tang Pemilukada dan  UU Nomor 23 Tahun 2014 ten­tang pemerintahan daerah. Dalam salah satu pasal UU itu disebutkan, kepala da­erah memimpin selama li­ma tahun tidak lebih satu hari dan tidak boleh kurang satu hari. Berpedoman dari UU ini, dari 57 kepala da­erah di Indonesia yang habis masa jabatannya itu pada Juni mendatang,” jelasnya.

Atas dasar peraturan itu juga, tambah Donny, tidak mungkn calon kepala da­erah dilantik pada Januari ini. Hanya dua pilihan yang disampaikan ke Presiden, yaitu pelantikan calon ke­pala daerah yang tidak ber­ma­salah bisa dilakukan ak­hir Maret. Sementara kepala daerah yang bermasalah itu dilakukan pada Juni.

Atas dasar itu pula Pj Bupati Agam dan Lima­puluh Kota akan tetap di­lan­tik. Hanya saja saat ini pem­prov masih belum me­ne­rima Surat Keputusan (SK) pe­lan­tikan dari Kemendagri untuk Pj dua daerah ini. “Kalalu belum juga dikirim oleh Ke­men­dagri,  kami akan terus me­ngu­sahakan agar se­ce­patnya dikirim,” ucapnya.

Sekadar informasi, masa jabatan Kepala Da­erah Ag­am yang dipimpin Indra Ca­tri dan Irwan Fikri be­rak­hir pada 26 Oktober 2015 sedang­kan Li­ma­pu­luh Kota yang di­pim­pin Alis Ma­rajo dan Asyir­wan Yunus akan berakhir pada 9 November 2015.

Semen­tara itu, Ketua KPU Agam, Alhadi saat dihubungi se­cara terpisah mengatakan, bu­pati dan wakil bupati Agam terpilih akan dilantik pada Maret. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Oktober 2018 - 13:14:08 WIB

    Dana Kapitasi BPJS Tak Dibayarkan, Tenaga Medis Puskesmas Cubadak Mogok Kerja

    Dana Kapitasi BPJS Tak Dibayarkan, Tenaga Medis Puskesmas Cubadak Mogok Kerja PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Tak kunjung menerima dana kavitasi, sejumlah tenaga medis di Puskesmas Cubadak, Kecamatan Duokoto, Kabupaten Pasaman, melakukan aksi mogok kerja, Sabtu siang ini (20/10). Bahkan kantor rawat jalan pu.
  • Senin, 01 Oktober 2018 - 15:03:51 WIB
    NAGARI KAJAI 4 TAHUN BELUM PILWANA

    Empat Pj. Wali Nagari Dilantik Bupati Pasaman Barat

    Empat Pj. Wali Nagari Dilantik Bupati Pasaman Barat PASBAR, HARIANHALUAN.COM-Empat penjabat Wali Nagari di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dilantik oleh Bupati Syahiran. Pasalnya, walinagari sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya karena maju sebagai calon anggota legisl.
  • Kamis, 17 Mei 2018 - 11:57:22 WIB

    Masalah Internal Kadin Sumbar, Dipimpin Pjs Ketua

    Masalah Internal Kadin Sumbar, Dipimpin Pjs Ketua PADANG, HARIANHALUAN.COM – Persoalan internal yang melilit Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar berujung penunjukan Sam Salam sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Ketua. Sementara Ketua Kadin Sumbar non-aktif Ramal Saleh dib.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 11:33:03 WIB

    Hadir di Arena HPN 2018, BPJS Layani Pendaftaran dan Pembayaran Iuran

    Hadir di Arena HPN 2018,  BPJS Layani Pendaftaran dan Pembayaran Iuran PADANG, HARIANHALUAN.COM – Memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, BPJS Kesehatan Cabang Padang ikut ambil bagian dengan membuka stan exhibition di GOR H. Agus Salim..
  • Jumat, 24 November 2017 - 15:07:12 WIB

    BPJS Ketenagakerjaan Sinergi Bersama Media

    BPJS Ketenagakerjaan Sinergi Bersama Media PADANG, HARIANHALUAN.COM - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri menggelar  Press Gathering di KTM Resort Kota Batam, Selasa ( 21/11). Sedikitnya 19 media cetak dan online di wilayah Sumbar, Riau dan Kep.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM