PKL akan Menempati Terminal Angkot


Jumat, 08 Januari 2016 - 03:08:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Paling tidak, pada akhir Januari 2016 ini, semuanya harus pindah ke lokasi baru di Terminal Angkutan Kota, di blok timur pusat per­tokoan.

Sosialisasi kearah itu sudah dilakukan cukup pan­jang kepada pedagang de­ngan melibatkan berbagai pihak terkait. Relokasi PKL tersebut, diharapkan bisa berjalan aman, tertib dan  lancar. Rapat persiapan relokasi PKL itu, ber­lang­sung di aula rapat kepala daerah di Balaikota, Rabu (6/1), dipimpin Sekdako, H. Benni Warlis, MM.

Rapat dihadiri Ketua DPRD diwakili Edwar DF, (Komisi B), Kadis Ko­pe­rindag Dahler, Kapolsekta AKP Russirwan, Danramil 01 Mayor  Sugiarsono, Ka­dishub diwakili Atrimon, Dansubpom I Gusti Made A, Kabag Ops Polresta Kom­pol Basrial, Kasat­lan­tas AKP H. Erman, Kasat Binmas Yanisman, SH, Ka­satpol PP diwakili Eza, SIP dan Pimpinan SKPD.

Sementara itu, dari per­wakilan pedagang juga hadir Ketua APKL H. Nur­syir­wan, Ketua IP3 H. Esa Mu­sardanil, Ketua Organda, Amri, Ketua SPSI Basril Abas. Kemudian juga hadir Lurah Labuh Baru, Syamsir dan Lurah Daya Bangun Nunang Manzil bersama pengurus LPM-nya.

Pemindahan  PKL ke lokasi baru itu, mendapat respon positif dari pengurus APKL, IP3 dan Organ­da. Ketua APKL Nursyirwan, Ketua IP3 H. Esa Mu­sar­danil sama-sama berharap, agar  relokasi PKL itu ja­ngan sampai menimbulkan persoalan baru ke depan. Lokasi lama yang diting­galkan, jangan hendaknya ditempati PKL baru yang datang kemudian.

“Seluruh PKL dan pe­milik toko/kios akan ikut menyukseskan relokasi PKL itu, sepanjang pemko komit melarang pedagang ber­jualan pada lokasi yang ditinggal mereka nanti,” ujar Ketua APKL dan IP­3 kedua pim­pinan orga­nisasi pedagang tersebut.

Nada yang sama juga diungkapkan Kapolsekta Russirwan, Kabag Ops, Bas­rial dan Kasat Lantas Erman serta  Danramil Sugiar­sono. Mereka berharap ko­mitmen bersama dalam me­nata PKL di kota ini. Se­muanya me­minta, setiap SKPD yang terlibat dalam penataan PKL, jangan sa­ling lempar handuk atau melem­par kesa­lahan, jika ditemu­kan pe­lang­garan ke­tertiban di pusat per­tokoan yang ada. Kawa­san par­kirpun, harus jelas pena­taannya.

Kepala Diskoperindag Dahler, menyebut, dalam catatannya lebih kurang 150 PKL yang akan direlokasi ke terminal angkot. Mereka selama ini, menempati gang-gang di kawasan pasar bertingkat blok Barat dan blok Timur. Seperti di de­retan Toko Mas Rambuti, leretan Toko Mas Tinggi, leretan gang Gumarang.

Kemudian, sejum­lah pe­da­gang buah yang menem­pati pertigaan jalan Sutan Usman, di depan RM Asia Baru, juga akan dipin­dah­kan ke pasar buah lama. di pinggir Jalan A. Yani yang kini banyak ditempati PKL pakaian dan lainnya, benar-benar dikhususkan buat pedagang buah. Pemko tak akan membiarkan lagi pe­dagang buah berjualan di pinggir jalan atau di pe­rempatan jalan.

Penempatan PKL di ter­minal angkot, seiring de­ngan rampungnya pemba­ngunan kios di terminal dimaksud. Menurutnya, lo­kasi baru tersebut akan mampu menampung semua PKL yang sudah teregister di Diskoperindag. Bagi PKL yang belum teriges­ter, me­reka akan ditempatkan di Pasar Ibuah Barat dan Ti­mur. Lokasi buat mereka sangat luas di pasar Ibuah.

Sekdako, Payakumbuh, Benni Warlis dan Ketua DPRD diwakili Edwar, juga mendorong Tim Terpadu Relokasi PKL yang diben­tuk, bekerja dengan baik dalam melakukan pener­tiban PKL. Lakukan terus sosialisasi sebelum jadwal pemindahan,  agar semua PKL  merasa nyaman untuk pindah ke lokasi baru.

Sesuiai jadwal, penataan PKL di terminal angkot, akan berlangsung dari 20 hingga 24 Januari 2015. Sebelumnya, tim bersama jajaran Diskoperindag akan melakukan sosialisasi re­lokasi. Pasca relokasi, tim akan mengawasi selama sepekan, agar PKL bersang­kutan tak kembali berjualan di lokasi lama. (h/zkf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 Mei 2018 - 11:25:22 WIB

    PKL Pindah ke Jalan Lama, Kelok Sembilan Harus Steril

    PKL Pindah ke Jalan Lama, Kelok Sembilan Harus Steril Pemerintah lintas instansi menyepakati upaya sterilisasi dan relokasi pedagang di sepanjang Kelok Sembilan. Kesepakatan itu tertuang dalam rencana jangka pendek yang akan dilaksanakan menjelang Lebaran, dan rencana jangka pan.
  • Rabu, 25 April 2018 - 12:20:29 WIB

    Sebelum Ramadan, PKL Kelok Sembilan Akan Direlokasi

    Sebelum Ramadan, PKL Kelok Sembilan Akan Direlokasi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM — Jalan layang Kelok Sambilan, di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota akan bersih dari PKL sebelum memasuki bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. PKL itu akan direlokasi ke tempat y.
  • Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:37:35 WIB

    SKP2D Tertibkan Ratusan PKL

    SKP2D Tertibkan Ratusan PKL AGAM, HALUAN — Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan dibahu jalan dan di fasilitas umum di Lubuk Basung terjaring dalam operasi penertiban, tim Satuan Koor­dinasi Penegak Produk Hukum Daerah (SK­P2D). Operasi in.
  • Senin, 27 Juni 2016 - 05:30:05 WIB

    Langgar Kontrak Pemko, Pihak Investor Jual Lapak ke PKL

    Langgar Kontrak Pemko, Pihak Investor Jual Lapak ke PKL BUKITTINGGI, HALUAN — Diduga melanggar perjanjian atau kontrak Peme­rin­tah Kota (Pemko) Bukittinggi, salah satu investor telah menjual bangunan lapak (petak/tempat berdagang) untuk Pegadang Kaki Lima (PKL) di lantai dua .
  • Sabtu, 18 Juni 2016 - 07:40:53 WIB

    Puluhan PKL Blokade Pintu Masuk Terminal

    Puluhan PKL Blokade Pintu Masuk Terminal BUKITTINGGI, HALUAN — Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dahulunya berjualan di dalam terminal Aur Kuning, memblokade jalur masuk pintu terminal, Jumat (17/6) sekira pukul 06.30 WIB..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM