Musim Dingin di Arab Saudi

Armindo Pastikan Jemaah Umrah Dalam Kondisi Prima


Jumat, 08 Januari 2016 - 03:03:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Armindo Pastikan Jemaah Umrah Dalam Kondisi Prima Jemaah Umrah Armindo Jaya Tour (berseragam hijau) tengah menunggu keberangkatan ke tanah suci. (JULI ISHAQ PUTRA)

Menurut Mabrur, mu­sim dingin terus terjadi setiap tahun di Arab Saudi, tepatnya di akhir tahun hingga awal tahun, mulai dari November hingga Feb­ruari. Sedangkan pada Ma­ret hingga Oktober adalah musim panas. Selain per­siapan kondisi kesehatan, jemaah juga diharapkan dapat menyertakan be­be­rapa helai baju dingin atau jaket, selain itu pihaknya sendiri akan menyediakan syal khusus untuk me­nang­kal dingin selama beribadah.

 “Setiap pelaksanaan manasik sebelum keberang­katan jemaah, kami te­kan­kan pada calon jemaah un­tuk terus menjalankan pola hidup sehat. Terlebih, saat ini di Arab Saudi tengah musim dingin. Banyak dari jemaah yang tiba-tiba jatuh sakit saat berumrah itu ka­rena kondisi tubuhnya tidak dipersiapkan sebaik mu­ng­kin,” jelasnya.

Untuk antisipasi sendiri, lanjutnya, AJT selalu men­ye­diakan penanganan ke­se­hatan dini jika tiba-tiba jemaah terserang penyakit tergolong ringan, seperti batuk, demam dan flu. Se­gala jenis obat-obatan akan disertakan selama per­ja­lanan untuk memastikan jemaah mendapat pe­nanga­nan dini ketika merasa tidak enak badan.

 “Mulai dari manasik kami sudah kontrol kondisi jemaah. Jadi, manasik bu­kan soal praktek ibadah saja, tapi juga hal-hal detil lain­nya seperti kesehatan, ke­butuhan keuangan selama perjalanan dan persiapan lainnya yang dianggap perlu. Semuanya kami ingatkan kepada je­maah,” jelasnya lagi.

Ia juga mengatakan, me­ka­nisme tertentu akan di­am­bil apabila jemaah ke­da­patan menderita sakit berat selama pelaksanaan umrah. Kerjasama dengan pe­me­rin­tahan Arab Saudi me­mung­kinkan penyelenggara untuk dapat mengambil tindakan cepat, seperti membawa jemaah tersebut ke rumah sakit di Arab Saudi untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Terdekat, AJT akan me­m­berangkatkan 133 jemaah dari penerbangan Medan untuk umrah pada 10 Ja­nuari ini. Setelah itu 54 jemaah lain akan menyusul melalui pe­nerbangan Kuala Lumpur pada 12 Januari nanti.

Sedangkan selama 2015, AJT kurang lebih telah me­m­­berangkatkan 2000-an jemaah dari berbagai p­e­losok nusantara. Sejauh ini, tidak ada kendala berarti dalam melaksanakan ke­wajiban sebagai biro pen­yelenggara ibadah umrah dan haji plus. “Setiap ma­salah yang ditemui akan langsung ditangani secara profesional. Komplen dari jemaah pun selalu kami tampung sebagai bahan per­timbangan,” tutup Mabrur. (h/mg-isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM