Anggota DPD RI Emma Yohanna

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Masih Tinggi


Jumat, 08 Januari 2016 - 02:55:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Masih Tinggi ANGGOTA DPD RI Emma Yohanna bersama Sekda Pasaman A Syafei usai menggelar temu diskusi DPD RI di Balerong Lubuk Sikaping. (ICOL)

Hal itu disampaikan Em­ma ketika berkunjung selama dua hari di Kabupaten Pasa­man. “Saya dapat laporan dari instansi terkait, kalau Kabupaten Pasaman ter­masuk tinggi kasus kekerasan, apakah itu kekerasan yang korbannya perempuan se­perti KDRT, dan kasus ke­ker­a­san yang korbannya anak seperti kasus pelecehan sek­sual terhadap anak,” ujar Emma Yohanna saat diskusi dengan pemerintah daerah yang dihadiri oleh Sekda Pasaman A Syafei Siregar dan jajarannya, Rabu (6/1) di Balerong Lubuk Sikaping.

Di Kabupaten Pasaman telah terjadi 40 kasus ke­kerasan, diantaranya 21 ka­sus adalah kasus kekerasan terhadap anak, seperti cabul dan sodomi. Kata Emma, sudah saatnya pemerintah daerah lebih mem­per­ha­tikan serius kasus tersebut.

“Pemerintah dengan ke­kuasaan anggaran ada pada mereka, mesti mem­pe­r­ha­tikan persoalan ini. Harus lebih sering melakukan so­sialisasi dan penyuluhan-pe­nyuluhan kepada kelompok-ke­lom­pok masyarakat,” ka­ta mantan calon Walikota Pa­dang itu.

Menurut Emma, solusi yang harus diambil untuk mencegah kasus kekerasan adalah dengan melakukan pe­nyuluhan langsung kepa­da ibu-ibu rumah tangga. “Kasih ibu-ibu penyuluhan, agar terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga atau kekerasan kepada anak, mereka tidak diam saja ka­rena ketidaktahuan soal hukum, tetapi mereka dapat melaporkan ke pihak ke­polisian,” terangnya.

Meski kasus kekerasan tinggi, namun Emma me­nerima laporan dari pihak kepolisian, tingkat pe­nye­lesaiannya pun juga tinggi.

Selain itu, Kabupaten Pasaman juga rentan men­jadi sasaran peredaran nar­koba. Kabupaten Pasaman yang terletak di perlintasan bagian utara Provinsi Su­matera Barat, merupakan gerbong masuk dari Provinsi Sumatera Utara. “apalagi kasus narkoba, ini sangat merusak kepada generasi muda, yang akan menjadi pemimpin-pemimpin di dae­­­rah ini pada masa mendatang. Oleh karena itu, dua kasus tersebut harus benar-benar jadi perhatian yang serius pemerintah dae­rah,” pungkasnya. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 07 Oktober 2018 - 08:23:16 WIB

    Ada 737 Kasus Perceraian di Payakumbuh, 75 Persen Digugat Istri

    Ada 737 Kasus Perceraian di Payakumbuh, 75 Persen Digugat Istri PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Angka perceraian di Payakumbuh semakin meningkat saja. Hal itu terlihat dari jumlah perkara gugatan perceraian di wilayah hukum Pengadilan Agama (PA) Payakumbuh. Hingga Oktober 2018, jumlah perka.
  • Rabu, 11 Januari 2017 - 17:16:45 WIB

    Kasus Cabul Meningkat di Tanah Datar, 140 Pelakunya Masih Anak-Anak

    Kasus Cabul Meningkat di Tanah Datar, 140 Pelakunya Masih Anak-Anak TANAH DATAR, HALUAN - Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Tanah Datar menangani 74 kasus selama tahun 2016. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 49 kasus. B.
  • Jumat, 11 Maret 2016 - 02:56:38 WIB

    Kasus Penipuan Umrah Terus Bergulir

    PASAMAN, HALUAN — Kasus penipuan 26 guru oleh biro perjalanan ibadah umrah oleh PT Hijrah Haramain berkantor di Medan, terus bergulir. Pihak kepolisian dan kantor Kemenag Pasaman telah melakukan koor­dinasi. .
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 02:08:02 WIB

    P2TP2A Tangani 47 Kasus di Tahun 2015

    BATUSANGKAR, HA­LU­AN — Kasus yang ditangani Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Ka­bupaten Tanah Datar me­ngalami penurunan dari 55 kasus pada 2014 menjadi 47 kasus pada tahun 2015..
  • Kamis, 04 Februari 2016 - 03:10:22 WIB
    Faktor Ekonomi Tertinggi

    Kasus Perceraian di Bukittinggi Meningkat

    BUKITTINGGI, HALUAN — Berdasarkan data Pengadilan Agama Bukittinggi, jumlah perkara yang diterima dari tahun 2014 hingga 2015 mengalami peningkatan. Pada tahun 2014 tecatat sebanyak 698 perkara yang masuk. Jumlah ini kemudi.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM