Anggota DPD RI Emma Yohanna

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Masih Tinggi


Jumat, 08 Januari 2016 - 02:55:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Masih Tinggi ANGGOTA DPD RI Emma Yohanna bersama Sekda Pasaman A Syafei usai menggelar temu diskusi DPD RI di Balerong Lubuk Sikaping. (ICOL)

Hal itu disampaikan Em­ma ketika berkunjung selama dua hari di Kabupaten Pasa­man. “Saya dapat laporan dari instansi terkait, kalau Kabupaten Pasaman ter­masuk tinggi kasus kekerasan, apakah itu kekerasan yang korbannya perempuan se­perti KDRT, dan kasus ke­ker­a­san yang korbannya anak seperti kasus pelecehan sek­sual terhadap anak,” ujar Emma Yohanna saat diskusi dengan pemerintah daerah yang dihadiri oleh Sekda Pasaman A Syafei Siregar dan jajarannya, Rabu (6/1) di Balerong Lubuk Sikaping.

Di Kabupaten Pasaman telah terjadi 40 kasus ke­kerasan, diantaranya 21 ka­sus adalah kasus kekerasan terhadap anak, seperti cabul dan sodomi. Kata Emma, sudah saatnya pemerintah daerah lebih mem­per­ha­tikan serius kasus tersebut.

“Pemerintah dengan ke­kuasaan anggaran ada pada mereka, mesti mem­pe­r­ha­tikan persoalan ini. Harus lebih sering melakukan so­sialisasi dan penyuluhan-pe­nyuluhan kepada kelompok-ke­lom­pok masyarakat,” ka­ta mantan calon Walikota Pa­dang itu.

Menurut Emma, solusi yang harus diambil untuk mencegah kasus kekerasan adalah dengan melakukan pe­nyuluhan langsung kepa­da ibu-ibu rumah tangga. “Kasih ibu-ibu penyuluhan, agar terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga atau kekerasan kepada anak, mereka tidak diam saja ka­rena ketidaktahuan soal hukum, tetapi mereka dapat melaporkan ke pihak ke­polisian,” terangnya.

Meski kasus kekerasan tinggi, namun Emma me­nerima laporan dari pihak kepolisian, tingkat pe­nye­lesaiannya pun juga tinggi.

Selain itu, Kabupaten Pasaman juga rentan men­jadi sasaran peredaran nar­koba. Kabupaten Pasaman yang terletak di perlintasan bagian utara Provinsi Su­matera Barat, merupakan gerbong masuk dari Provinsi Sumatera Utara. “apalagi kasus narkoba, ini sangat merusak kepada generasi muda, yang akan menjadi pemimpin-pemimpin di dae­­­rah ini pada masa mendatang. Oleh karena itu, dua kasus tersebut harus benar-benar jadi perhatian yang serius pemerintah dae­rah,” pungkasnya. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 07 Oktober 2018 - 08:23:16 WIB

    Ada 737 Kasus Perceraian di Payakumbuh, 75 Persen Digugat Istri

    Ada 737 Kasus Perceraian di Payakumbuh, 75 Persen Digugat Istri PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Angka perceraian di Payakumbuh semakin meningkat saja. Hal itu terlihat dari jumlah perkara gugatan perceraian di wilayah hukum Pengadilan Agama (PA) Payakumbuh. Hingga Oktober 2018, jumlah perka.
  • Rabu, 11 Januari 2017 - 17:16:45 WIB

    Kasus Cabul Meningkat di Tanah Datar, 140 Pelakunya Masih Anak-Anak

    Kasus Cabul Meningkat di Tanah Datar, 140 Pelakunya Masih Anak-Anak TANAH DATAR, HALUAN - Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Tanah Datar menangani 74 kasus selama tahun 2016. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 49 kasus. B.
  • Jumat, 11 Maret 2016 - 02:56:38 WIB

    Kasus Penipuan Umrah Terus Bergulir

    PASAMAN, HALUAN — Kasus penipuan 26 guru oleh biro perjalanan ibadah umrah oleh PT Hijrah Haramain berkantor di Medan, terus bergulir. Pihak kepolisian dan kantor Kemenag Pasaman telah melakukan koor­dinasi. .
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 02:08:02 WIB

    P2TP2A Tangani 47 Kasus di Tahun 2015

    BATUSANGKAR, HA­LU­AN — Kasus yang ditangani Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Ka­bupaten Tanah Datar me­ngalami penurunan dari 55 kasus pada 2014 menjadi 47 kasus pada tahun 2015..
  • Kamis, 04 Februari 2016 - 03:10:22 WIB
    Faktor Ekonomi Tertinggi

    Kasus Perceraian di Bukittinggi Meningkat

    BUKITTINGGI, HALUAN — Berdasarkan data Pengadilan Agama Bukittinggi, jumlah perkara yang diterima dari tahun 2014 hingga 2015 mengalami peningkatan. Pada tahun 2014 tecatat sebanyak 698 perkara yang masuk. Jumlah ini kemudi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM