Penanganan Banjir Bandang

BNPB Kucurkan Dana Rp2,615 Miliar


Jumat, 08 Januari 2016 - 02:53:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala BPBD Ka­bu­pa­ten Pasaman, M. Sayuti Pohan, menyebutkan, pihak­nya telah mengajukan pro­posal kepada BNPB untuk tanggap darurat, dan akhir 2015 lalu, dana itu telah masuk ke rekening BPBD Kabupaten Pasaman.

“Da­na tersebut diguna­kan untuk perbaikan infra­struktur yang rusak akibat banjir bandang yang terjadi 15 Desember 2015 lalu. Dana ini segera kita reali­sasikan,” kata Pohan.

Menurut Pohan, dana itu bakal digunakan untuk pe­mulihan dan normalisasi alur sungai, pembuatan in­take air bersih, bendungan dan saluran irigasi, per­baikan rumah korban banjir bandang, serta perbaikan fasilitas mushola.

Berdasarkan hasil pan­tauan BPBD, selain di dae­rah kp. Padang para­man­dare, masih ada potensi banjir dan longsor di daerah lain. Hal itu terungkap da­lam hasil pantauan udara yang dilakukan oleh BPBD Provinsi dalam minggu ke­marin.

Oleh karena itu, “Ada dua kecamatan yang kita pantau, Lubuk Sikaping dan Panti. Memang kami temu­kan sejumlah titik kantong air. Nanti hasil potret udara ini dievaluasi dan dianalisis dulu,” terangnya.

Menurut M. Sayuti Po­han, pengambilan potret udara itu, meminimalisir dampak bencana alam, se­perti banjir dan tanah lo­ngor. Oleh karena itu, pihak BPBD melakukan pe­man­tauan kantong air atau em­bung yang ada di wilayah per­bukitan di dua ke­ca­matan itu. “Foto udara telah dilakukan terhadap kantong air. Memang ditemui ada titik kantong air yang diduga dapat menimbulkan terjadi banjir dan tanah longsor,” ujar Pohan.

Selain itu, pantauan ke­marin, tim juga me­nyak­sikan pemandangan se­jum­lah titik hutan yang telah gun­dul. “Kita sudah ting­katkan status kebencanaan di kabupaten pasaman su­dah memasuki level darurat terhadap bencana banjir dan longsor. Itu sudah hasil rapat bersama dengan pe­merintahan tertinggi di dae­rah ini, berdasarkan data-data yang didapatkan me­lalui pencitraan (foto) Ka­bupaten Pasaman dari uda­ra,” tutur Pohan. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 Desember 2015 - 03:15:29 WIB

    BNPB Unjuk Kekuatan Peralatan

    SOLOK, HALUAN — Badan Nasional Pe­nang­gulangan Bencanan (BNPB) Kota Solok, melaksanakan unjuk kekuatan peralatan, sekaligus apel kesiapsiagaan menyusul terjadinya musim hujan di Kota Solok dan sekitarnya yang dipusatkan .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM