Sumber Daya Air Melimpah, Perlu Dikelola dengan Baik


Jumat, 08 Januari 2016 - 02:48:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hal itu dikatakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pa­ria­man, H. Faisal Arifin, S.IP, Rky. Majo Basa yang di­dampingi Wakil Ketua DP­RD, Mhotia Azis dihadapan forum SKPD yang dipimpin Kepala Bappeda Hendri Satria, di Ruang Rapat pim­pinan DPRD, Rabu (6/1) kemarin.

“Untuk itu, mari secara bersama mendiskusikan agar bisa memanfaatkan sumber yang melimpah itu. Karena, kalau terkelola dengan baik berbagai aspek pembangunan seperti pa­riwisata keluarga, agro wi­sata, irigasi pertanian, pan­cing mania, dan kawasan resort yang terpadu dalam satu titik wilayah akan bisa terlaksana,” ujar Faisal Ari­fin kepada wartawan.

Dia menjelaskan, se­perti sebuah kawasan stra­tegis seluas 10 hektare di Koto Padang, Korong Ala­han Tabek, Nagari Sikucur, V Koto Kampung Dalam di ketinggian 300 s/d 400 meter dari permukaan laut yang memiliki banyak mata air mengucur setiap saat. Kawasan tersebut perlu di­sentuh sebagai proyek per­contohan perdana di Pa­dang Pariaman untuk meng­gerakkan sektor wisata se­kaligus pertanian. Sekali bangun, banyak aspek lain ikut terpenuhi.

Air yang keluar dari sumber alami itu tentu memiliki debit begitu besar, ditambah pula de­ngan kawasan yang indah.

 “Ini sangat sempurna jika kita bangun sebuah embung (waduk=danau mini), kemudian dari em­bung kita bangun saluran irigasi untuk pertanian ma­syarakat agar air tersebut tidak terbuang percuma dan bisa bermanfaat,” terangnya. Pada tepi embung bisa pula dibangun resort wisata dan kawasan pinggirnya lokasi agro wisata milik ma­sya­rakat yang diberdayakan. “Untuk melakukan semua itu, pemerintah perlu mem­buka akses dengan mem­bangun infrastruktur yang tidak menghilangkan keas­rian alamnya,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Padang Pariaman, Hendri Satria didamping Kepala Dinas (Kadis) Sosial dan Tenaga Kerja Gus­na­wati, Kadisporabudpar Syaf­riwal, Kadis Pertanian Yu­risman, Kepala BLH Ok­torizal dan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Budi Mu­lia menyambut baik ide yang disampaikan DPRD Padang Pariaman. “Kita akan segera ke lokasi untuk melakukan peng­kajian dan membuat perencanaanya. Sebelum dibangun, dinas tekhnis tentu akan kal­kula­sikan zonasi lahan, debit air, termasuk masyarakatnya sebagai bagian tidak ter­pisah jika wilayah itu nan­tinya dibangun menjadi sebuah destinasi wisata ter­padu,” jelas Hendri Satria.

Dia juga menjelaskan, secara prinsip Bappeda akan menampung usulan tersebut dan menyesuaikan dengan anggaran tahun 20­16. “Daerah wisata adalah wilayah yang di tuju bukan daerah singgahan. Di ma­napun lokasi wisata letak­nya akan dicari orang ter­ma­suk kawasan tersebut. Saya melihat ide yang dilon­tarkan Ketua DPRD me­miliki prospek bagus,” te­rangnya.

Kepala Dinsos­naker­trans, Gusnawati juga me­nambahkan semua ini perlu ada komitmen awal dengan warga setempat, terutama pemilik lahan sebelum pem­bangunan dilaksanakan mengingat status tanah ula­yat di Padang Pariaman. Karena kita tidak ingin setelah dibangun kawasan ini ada tuntutan dan lain sebagainya dari masyarakat kepada pemerintah daerah. “Apa yang disebutkan Ketua DPRD kita juga setuju, untuk itu kalau tidak aral melintang Jum’at depan kita survey ke lokasi ber­sama Ibu Pejabat Bupati Padang Pariaman. Setelah itu, baru kita rumuskan dan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya,” ujar Gusnawati. (h/bus)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Februari 2016 - 03:31:05 WIB
    Hari Pers Nasional

    Ali Yusuf Nara Sumber FGD Anugerah Kebudayaan

    Ali Yusuf Nara Sumber FGD Anugerah Kebudayaan LOMBOK, HALUAN — Tampil sebagai nara sumber dalam FGD Hari Pers Na­sional PWI Pusat, bertajuk Kepala Daerah Sebagai Ujung Tombak Kebudayaan Nasional, Walikota Sa­wah­lunto, Ali Yusuf, menge­mukakan pelestarian cagar bud.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM