Pungli di Jalan Lintas Kembali Marak


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:21:05 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Salah satu kawasan yang disinyalir marak terjadi pungli tersebut adalah di jalan lintas yang berada di Kecamatan Kan­dis, Kabupaten Siak. Aksi serupa juga terjadi di jalan lintas di Sumatera Utara.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, modus yang dila­kukan para pelaku juga tak banyak berubah. Dalam hal ini para sopir diminta memasang stiker organisasi tersebut pada kendaraan mereka, dengan kon­sekuensi membayar ‘uang keamanan’ setiap bulan. Bagi kendaraan bus atau truk ang­kutan yang tidak memasangnya, niscaya akan mendapat gangguan setiap kali melintas di ‘areal kekuasaan’ mereka.

Kondisi itu dibenarkan Jhon, salah seorang sopir truk ekspedisi di Pekanbaru. “Dulu sewaktu zaman Pak SBY, pungli ini sem­pat menghilang. Tapi sekarang kembali marak,” tuturnya.

Akibat aksi pungli itu, tutur Jhon, setiap kali berangkat mem­bawa barang ke Medan, Sumatera Utara, ia harus menyiapkan uang ekstra antara Rp300 hingga Rp500 ribu, hanya untuk mem­bayar uang aman bagi ormas dan organisasi pemuda tempatan itu.

“Pungutannya juga bervariasi. Ada yang Rp10 ribu hingga Rp100 ribu. Kalau tidak berhenti di pos-pos yang mereka dirikan, pasti dikejar. Kalau sudah begini, bayarnya mintanya lebih banyak. Kalau tak dilayani, mereka akan berlaku kasar. Mulai meme­cahkan kaca mobil sampai me­mukul kami para sopir ini. Kita terpaksa bayar untuk kesela­matan kita dan barang yang kita bawa,” ujarnya.

“Kami harap pemerintah dan aparat keamanan segera turun tangan. Ulah mereka sudah be­nar-benar meresahkan,” harapnya.

Kondisi serupa juga diung­kapkan Hari, yang bekerja sebagai sopir truk pengangkut sawit. “Biasanya kita dipaksa pasang stiker mereka di mobil dan bayar uang bulanan. Kalau tidak, keselamatan kita akan terancam. Mulai dari dilempari dengan batu hingga mobil kita dirampok,” ungkapnya.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo me­ngatakan, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan, telah memerintahkan seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasat­wil) se-Riau untuk mengatasi, serta menindak tegas pelaku pungli dan kejahatan konven­sional lainnya. (hr/dik/ dod)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 November 2016 - 00:25:41 WIB

    Satgas Saber Pungli Mulai Bergerak

    PEKANBARU, HALUAN — Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) yang beranggotakan satuan kerja lingkungan pemprov setempat di Gedung Balai Serindit, Kota P.
  • Senin, 21 November 2016 - 00:11:42 WIB

    Pungli, 2 Warga Diciduk Polisi

    ROHUL, HALUAN — Dua orang warga Kecamatan Tam­busai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Sukardi dan Muhammad Arsyad dibekuk polisi. Ke­duanya merupakan penjaga pos di dua desa yang ada di Tam­busai Utara..
  • Sabtu, 22 Oktober 2016 - 00:49:50 WIB
    BERNILAI MILIARAN RUPIAH

    Inspektorat Pekanbaru Tangani 4 Kasus Pungli

    PEKANBARU, HALUAN — Kepala Inspektorat Pekanbaru, Azmi menyatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan penyelidikan empat kasus pungutan liar (pungli) yang terjadi di lingkungan dinas pendidikan. Tidak tangung-tangung dari e.
  • Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:30:37 WIB

    Kasus Dugaan Pungli Satpol PP Lanjut

    BATAM, HALUAN — Kasus dugaan adanya punli yang dilakukan oknum petinggi Satpol PP Batam yang dilidik pihak Kepolisian Reskrim Polresta Barelang Lanjut, saat ini pihak kepolisian mencari dua alat bukti yang pas dan akan dit.
  • Kamis, 17 Maret 2016 - 03:31:09 WIB

    Pemko Pastikan Batam Bebas Pungli

    BATAM, HALUAN — Walikota Batam Muhammad Rudi memastikan kedepan seluruh pelayanan administrasi masyarakat di Pemerintahan Kota Batam bebas pungli (pungutan liar)..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM