Warga Boyolali Temukan Patung Kuno


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:12:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Warga Boyolali Temukan Patung Kuno SEORANG pengrajin batu bata di Boyolali menemukan sebuah patung kuno saat menggali tanah.

Arca tersebut ditemu­kan oleh Sutardianto dan kawan-kawannya ketika sedang menggali tanah un­tuk bahan baku batu bata di areal persawahan di Desa Kadireso, Kecamatan Teras, Boyolali. Hingga saat ini arca dan temuan-temuan lainnya itu masih berada di lokasi sekitar temuan dan menjadi tontonan warga yang penasaran untuk me­lihat langsung.

Sutardianto segera mela­porkan temuan itu kepada pemilik lahan dan aparat desa setempat, yang kemu­dian segera dilaporkan ke­pada pihak yang berwenang. Namun demikian hingga saat ini Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng belum meme­riksa langsung termuan tersebut.

“Ditemukan ketika Se­nin sore kemarin kami meng­gali tanah untuk bahan baku batu bata. Ketika meng­gali sedalam 90 cm, cangkul saya mengenai batu. Setelah digali lagi ternyata diketahui bahwa batu ter­sebut berupa arca manusia utuh. Di sekitarnya juga ditemukan 7 potongan batu persegi yang berbentuk ra­pi,” ujat Sutardianto, Selasa (5/1/2016).

Patung tersebut ber­uku­ran tinggi sekitar 75 cm, lebar 40 cm. Sedangkan 7 potongan batu persegi da­lam ukuran yang berbeda-beda. Melihat bentuknya, diduga arca tersebut meru­pakan arca perujudan dewa yang dibuat pada masa kera­jaan Hindu di Jawa Tengah sekitar abad 8 hingga 10 masehi. Temuan-temuan itu diletakkan tak jauh dari lokasi Sutardianto dan ka­wan-kawannya mencetak batu bata. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 Agustus 2017 - 09:20:16 WIB

    Young di Mata Warga Nagari Kacang, Dikenal Cuek, Tidak Pernah Betah di Kampung

    Young di Mata Warga Nagari Kacang, Dikenal Cuek, Tidak Pernah Betah di Kampung YOUNG Farmer (29), lelaki gondrong yang menghebohkan Indonesia karena disebut akan mengebom Istana Presiden, rupanya dikenal sebagai pemuda yang tak banyak ulah di kampungnya, Jorong Balerong, Nagari Kacang, Kecamatan X Koto .
  • Jumat, 27 Januari 2017 - 11:05:52 WIB

    Warga Perbatasan RI-Malaysia Serahkan Senjata Rakitan ke Satgas Pamtas Yonif 131/BRS

    Warga Perbatasan RI-Malaysia Serahkan Senjata Rakitan ke Satgas Pamtas Yonif 131/BRS PADANG, HALUAN—Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya bertugas membawa senjata untuk perang, tetapi juga membuat masyarakat aman dan tenang. .
  • Senin, 31 Oktober 2016 - 00:55:50 WIB
    TERJEBAK BANJIR BALEENDAH

    Basarnas Selamatkan Warga Sakit

    BANDUNG, HALUAN — Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung bersama petugas ga­bungan lainnya membantu men­ye­lamatkan seorang warga yang sedang sakit berada di kawasan banjir melanda Cieunteung, Ke­ca­­matan Baleenda.
  • Kamis, 22 September 2016 - 03:45:47 WIB

    Banjir Bandang di Garut, 1.000 Warga Diungsikan

    Banjir Bandang di Garut, 1.000 Warga Diungsikan JAKARTA, HALUAN — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada sekira 1.000 orang pengungsi yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (21/9) dini hari..
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 05:14:43 WIB

    Pemerintah Kaji Dwikewarganegaraan Menteri ESDM

    Pemerintah Kaji Dwikewarganegaraan Menteri ESDM JAKARTA, HALUAN — Wakil Pre­si­den Jusuf Kalla mengatakan, Tim Kemen­terian Hukum dan HAM sedang mengkaji isu dwikewarganegaraan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcan­dra Tahar. “Tim Kemkumham tengah me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM