Protes Eksekusi Ulama Syiah

Ribuan Warga Iran Kembali Berdemo


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:10:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ribuan Warga Iran Kembali Berdemo WARGA Iran kembali menggelar aksi unjuk rasa turun ke jalan memprotes eksekusi mati ulama ternama Syiah, Nimr al-Nimr oleh otoritas Arab Saudi.

Para demonstran ter­sebut kemudian berkumpul di sebuah lapangan utama di Teheran untuk me­nyam­paikan protes mereka atas eksekusi ulama Nimr. Mas­sa demonstran yang di anta­ranya termasuk para ma­hasiswa dan ulama, mem­bawa spanduk-spanduk ber­tu­liskan dukungan untuk Nimr. 

Seperti diberitakan me­dia Iran, Press TV, Selasa (5/1/2016), para de­mons­tran juga meneriakkan slo­gan-slogan mengecam rezim penguasa Saudi, Al-Saud serta sekutu-sekutunya, se­perti Amerika Serikat. Is­rael pun tak luput dari sa­saran protes massa.

Aksi demo serupa juga terjadi di Irak. Ribuan war­ga Irak tumpah ruah ke jalan-jalan di sejumlah kota, termasuk ibukota Baghdad, Basra, Karbala dan Najaf pada Senin (4/1) untuk meluapkan kemarahan atas eksekusi tersebut.

Nimr yang dikenal vo­kal memprotes kebijakan-kebi­jakan pemerintah Sau­di, ditangkap polisi di wila­yah Qatif, Provinsi Timur pada tahun 2012. Ulama tersebut disebut sebagai tokoh peng­gerak aksi-aksi demo anti­pemerintah pada tahun 2011. Pada tahun 2014, pe­ngadilan Saudi menja­tuh­kan vonis mati pada Nimr atas dakwaan teroris­me. 

Otoritas Saudi mengu­mumkan eksekusi Nimr dan 46 orang lainnya pada Sab­tu, 2 Januari lalu. Eksekusi massal tersebut tetap dila­kukan meski komunitas internasional telah men­desak pembebasan Nimr dan para aktivis politik lainnya. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Juli 2016 - 04:16:20 WIB

    Pemerintah Turki Tutup Ribuan Sekolah

    Pemerintah Turki Tutup Ribuan Sekolah TURKI, HALUAN —Pre­siden Turki Recep Tayyip Erdogan, Sabtu (23/7), telah menandatangani sebuah dek­rit yang berisi perpanjangan masa penahanan untuk para tersangka pelaku kudeta..
  • Ahad, 01 Mei 2016 - 20:14:25 WIB

    Ribuan Pekerja Konstruksi Mengamuk di Mekah

    MEKAH, HALUAN - Ribuan pekerja perusahaan konstruksi Bin Laden melakukan aksi pembakaran di kawasan Iskan Fuq, Mekah, Arab Saudi, pada Sabtu (30/4). Hingga kini, suasana masih mencekam di sekitar lokasi..
  • Sabtu, 23 April 2016 - 03:57:24 WIB

    Iran Harus Bayar Ribuan Korban Bom Beirut

    WASHINGTON DC, HALUAN — Sekitar 1.300 anggota keluarga korban pengeboman Beirut 1983, bakal mendapat kompensasi bernilai total US$2 miliar dari aset Iran yang dibekukan AS..
  • Sabtu, 02 April 2016 - 03:40:33 WIB

    Ribuan Orang Terancam Mati di Somalia karena Kekeringan

    Nairobi, Haluan — Ribuan orang di Somalia utara terancam meninggal akibat kekeringan terkait El Nino serta kelangkaan bantuan dan prakiraan curah hujan rendah akan membuat ke­adaan semakin buruk, kata Per­serikatan Bangsa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM