One Way Street di Sejumlah Titik Belum Tersosialisasi Baik


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:06:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Mau berputar dari arah pasar ke kampus Hukum Unand di Pancasila ternyata tak boleh lagi,” kata Tomi, sopir travel Padang-Pessel.

Hal yang sama juga di­katakan oleh Munira. Kalau dari Jalan Samudera tidak bisa lagi lewat ke pantai karena ada pembangunan di belakang Taman Budaya. Selain itu macet di depan Taman Budaya juga sering terjadi akibat jalan satu arah yang diberlakukan.

“Kita dibuat bingung, akhirnya Jalan Hang Tuah akan macet kalau sore hari. Selain angkot yang dari pasar, kita yang dari Pantai Purus juga sering terjebak,” katanya.

Meski demikian, me­nurut Dinas Perhubungan Padang, penerapan jalan satu arah tersebut dilakukan sudah melalui perhitungan matang, baik dari sisi rasio jalan, kondisi kiri dan kanan jalan, potensi konflik, baik itu kemacetan maupun ke­celakaan.

Kepala Dinas Perhubu­ngan Komunikasi dan In­formasi (Dishubkominfo) Rudy Rinaldi mem­be­ber­kan bpenetapan jalan satu arah di Padang dilakukan.

Dia menjelaskan, sebe­lum ditetapkan sebagai ja­lan satu arah, pihaknya ter­lebih dahulu melakukan berbagai kegiatan dan ob­servasi ke lapangna untuk melihat kemungkinan jalan tersebut dijadikan sebagai jalan satu arah.

“Dan jalan-jalan satu arah di Padang sudah sesuai dengan aturan. Contohnya saja, seperti pemberlakuan jalan satu arah di Jalan Pancasila, di situ diber­lakukan jalan satu arah ka­rena ruas jalan tersebut menjadi sangat sibuk akibat adanya pembangunan di Taman Budaya,” jelasnya.

Untuk penerapan jalan satu arah, sambung Rudy, pihaknya sudah ber­ko­or­dinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam pe­ne­rapan jalur satu arah ter­sebut. Selain itu, sosialisasi terhadap masyarakat juga sudah dilakukan satu bulan sebelum pemberlakuan.

“Sebelum diberlakukan (jalan satu arah) kami me­masang rambu dan untuk satu bulan pertama belum dilakukan penindakan ter­hadap yang melanggar tapi bulan berikutnya pihak ke­polisian akan langsung mem­beri sanksi tegas apa­bila tetap melanggar,” im­buh Rudy.

Sementara itu, me­nge­nai kesiapan petugas di lapa­ngan, Rudy mengatakan kalau semua petugasnya sudah sangat siap dengan penerapan jalan satu arah tersebut.

“Masyarakat juga harus tahu kalau salah satu tujuan diberlakukan untuk kea­manan berlalu lintas dan mengurangi kemacetan. Kemacetan tidak akan terja­di kalau semua pengguna jalan taat dengan aturan lalu lintas,” terang Rudy.

Rudy menambahkan, untuk saat ini penerapan jalan satu arah di beberapa ruas jalan di Padang adalah solusi terbaik untuk meng­hindari kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas.

“Untuk ke depan ka­lau ada perubahan mung­kin akan kami lakukan eva­luasi,” pungkasnya. (h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Agustus 2018 - 11:59:39 WIB

    HUT ke-73 Republik Indonesia Anggota TNI AU di Padang Lomba Memasak

    HUT ke-73 Republik Indonesia Anggota TNI AU di Padang Lomba Memasak PADANG, HARIANHALUAN.COM  -Keluarga besar TNI AU Lanud Sutan Sjahrir menggelar perlombaan dan hiburan,untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 tahun, Jumat (17/8)..
  • Kamis, 14 Desember 2017 - 10:16:17 WIB

    Dishub Segera Evaluasi, E-Money Trans Padang Tak Jalan

    Dishub Segera Evaluasi, E-Money Trans Padang Tak Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Penggunaan kartu e-money di bus Trans Padang tidak berjalan lancar. Untuk itu, Dinas Perhubungan akan mengevaluasi kendala yang terjadi..
  • Kamis, 02 November 2017 - 10:35:26 WIB

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist PADANG, HARIANHALUAN.COM--Memasuki 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat mengalami penurunan. Menurut data BPS, total kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar turun sebesar 23.06 persen. Per September 2017, kunju.
  • Sabtu, 10 Juni 2017 - 13:58:01 WIB

    Wow, Padang Masuk Kota Terindah di Indonesia.

    Wow, Padang Masuk Kota Terindah di Indonesia. PADANG, HALUAN - Menurut turis asing yang pernah berkunjung ke Indonesia, terdapat tujuh daerah yang dianggap paling indah. Salah satunya yakni Kota Padang. .
  • Sabtu, 20 Mei 2017 - 15:08:01 WIB

    Damkar Kekurangan Ratusan Personel

    PADANG, HALUAN — Setelah menjadi organisasi perangkat daerah (OPD) sendiri, berpisah dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mengklaim mengalami kekurangan personel. P.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM