Gara-gara Jalan Terban

Truk Fuso Nyaris Masuk Jurang di Jalur Sumbar-Riau


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:59:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Bagian kiri Fuso yang me­laju dari arah Riau me­nuju Payakumbuh tersebut nyaris masuk jurang di be­kas jalan terban, walau se­paruh badan Fuso itu sudah masuk ke jalan terban. Ti­dak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas subuh itu.

Sopir  Fuso, Am (45), diduga tidak mengetahui ada jalan terban di ti­kung­an, sehingga ia tidak me­ngu­rangi laju kendaraannya. Walau sudah diberi tanda-tanda dengan garis polisi, dan beberapa kayu tanda bahaya, tetapi di lokasi kejadian tetap minim ram­bu-rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan.

Dibantu masyarakat Ko­to Alam, mobil Fuso yang dikendarai Am berhasil ditarik secara bersama-sa­ma keluar dari tepi jurang deng­an kedalaman hingga 3 me­ter itu kembali kejalan raya sekitar Pukul 7.30 WIB. 

Meski sudah berkali-kali kenderaan roda dua dan empat terperosok masuk Jalan terban itu, tetapi jalan Sumbar-Riau di Koto Alam itu tidak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah. Padahal, jalan itu sudah terban se­lama satu bulan.

“Memang benar ada satu unit mobil Fuso warnah merah masuk terperosok dalam lokasi Jalan terban di Koto Alam shubuh tadi. Paginya dibantu masya­ra­kat, mobil berhasil ditarik ke­luar. Diduga sopir tidak mengetahui ada bekas jalan terban dan memang lo­kasi­nya tepat berada di tikung­an Koto Alam,” tutur Ka­polsek Pangkalan, Ka­bu­paten Lima­puluh Kota, Iptu Kalbert.

Di samping minim ram­bu-rambu petunjuk, Jalan Nasional Sumbar-Riau juga minim lampu penerangan jalan. Akibatnya, saat ma­lam tiba, sepanjang jalan mulai dari Lubuak Bangku, Kecamatan Harau hingga Pangkalan Batas Sumbar-Riau dengan geografis jalan berliku di kiri dan kanan tebing dan jurang.

“Kami sudah memasang garis polisi, meski saat ke­ja­dian garis polisi sudah lepas karena sudah lama di­pa­sang,” kata Kalbert.

Sementara itu Camat Pa­­ng­kalan, Andri Yasmen me­n­­ye­butkan, sepanjang Ja­lan Negara Sumbar-Riau mulai dari Lubuak Bangku, Ke­ca­matan Harau, hingga betas Sumbar-Riau, rawan kecelakaan dan bencana alam. Untuk itu, ia mengim­bau pengguna jalan untuk tetap waspada saat melintasi jalan itu.

Ia juga mengakui bahwa jalan itu minim penerangan. Menurutnya, dipasang ram­bu-rambu jalan dan lampu penerangan di setiap tikung­an dan lokasi dianggap rawan kecelakaan.

Katanya lagi, jalan itu sudah lama terban. Banyak kenderaan terperosok dan masuk ke dalam jalan terban karena belum diperbaiki.

Ia mengingatkan, tinggi­nya intensitas hujan mem­buat bukit dan tebing di pinggir jalan rawan longsor dan terban. Kemudian ka­yu-kayu besar di pinggir jalan juga berpotensi tumbang.

“Kami mengimbau pe­n­gen­dara untuk tetap was­pada terhadap bencana, terutama bagi kenderaan yang me­la­kukan perjalanan pada m­alam hari, karena di se­panjang jalan, mulai dari Lubuak Bangku hingga Pa­ng­kalan, minim penerangan juga di­pe­nuhi tikungan ta­ja­m yang banyak jurang. Di­tam­­bah lagi musim hujan seperti sekarang ini,”imbaunya. (h/ddg)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Agustus 2018 - 12:10:59 WIB

    Ditutup Bagi Truk dan AKAP, Jalan Rimbo Panti-Duo Koto Amblas

    Ditutup Bagi Truk dan AKAP, Jalan Rimbo Panti-Duo Koto Amblas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Satlantas Polres Pasaman, tutup sementara jalur Rimbo Panti-Duokoto, Kecamatan Panti, untuk kenderaan roda enam (Truk dan Bus AKAP), menyusul amblasnya ruas jalan tersebut akibat longsor..
  • Senin, 09 April 2018 - 02:23:18 WIB

    Pemkab Mentawai Genjot Pembangunan Infrastruktur

    Pemkab Mentawai Genjot Pembangunan Infrastruktur MENTAWAI, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mentawai siap merampungkan tiga bangunan jembatan tahun ini. .
  • Rabu, 07 Februari 2018 - 13:41:12 WIB

    Presiden Dua Malam di Ranah Minang, Warga Diminta Cermati Instruksi Lalin

    Presiden Dua Malam di Ranah Minang, Warga Diminta Cermati Instruksi Lalin PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tiga hari berada di Sumbar (7-9 Februari) untuk menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan memulai agenda kunjungannya pada 7 Februari (hari ini.red.
  • Selasa, 14 November 2017 - 03:47:59 WIB

    Jalan Tani IV Koto Dilewati Truk Bertonase Lebih

    Jalan Tani IV Koto Dilewati Truk Bertonase Lebih PASBAR, HALUAN — Jalan tani yang berada disepanjang jalan Sumber Agung Jorong IV Koto-Jorong Tandikek, Kecamatan Kinali dilewati oleh truk barang dan tronton dengan kapasitas lebih dari 10 ton dan mobil tronton dengan roda .
  • Selasa, 08 Agustus 2017 - 10:07:16 WIB

    Yoga, Anak Supir Truk yang Lolos Jadi Taruna Akpol

    Yoga, Anak Supir Truk yang Lolos Jadi Taruna Akpol Yoga Fatur Rahman akhirnya menjadi satu dari 10 putra terbaik Sumbar yang diterima sebagai taruna pada Akademi Kepolisian (Akpol). Yoga termasuk yang istimewa. Pelajar salah satu SLTA di Solok Selatan itu bukan berasal dari k.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM