Penyandang Disabilitas Butuh Perhatian


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:56:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Ketua Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Agam, Novrizal (44), Selasa (5/1) mengatakan, PPDI merupakan wadah baru ber­diri untuk memperjuangkan nasib para penyandang disabilitas (ca­cad). Menurut Novrizal yang juga pendiri, sekaligus ketua organisasi tersebut mereka mendirikan orga­nisasi itu karena melihat di Kabupaten belum ada organisasi yang memayungi para penyandang.

Ia menjelaskan, di Kabupaten Agam terdapat ribuan penyandang disabilitas. Belum ada organisasi bagi mereka untuk bernaung, dan untuk memperjuangkan nasib me­re­ka. Namun,untuk mengetahui jumlah data penyandang disabilitas diperlukan pedataan terbaru.

“Penyandang disabilitas yang baru terdata PPDI Agam baru di Nagari Lubuk Basung,dan sebagian di Kecamatan Matur, dengan jum­lah sekitar 106 orang. Sebagai organisasi baru, PPDI Agam belum memiliki kantor,” katanya.

Oleh sebab itu, ia berharap dukungan, termasuk dukungan dana dari para dermawan. Untuk itu, ia sedang menyusun proposal, yang akan disampaikan kepada para dermawan,termasuk perusa­haan perkebunan besar di daerah itu. “Kami butuh bantuan banyak pihak.dengan bantuan tersebut keberdaaan PPDI bisa lebih mak­simal,” ungkapnya.  

Novrizal sendiri merupakan penyandang disabilitas. Kaki kiri­nya terpaksa diamputasi, setelah mengalami kecelakaan sekitar 14 tahun lalu. Banyak saudaranya senasib yang mengalami pende­ritaan, karena belum ada organisasi yang memperjuangkan nasib mereka.

“Kita akan berupaya penyan­dang disabilitas mendapat pendi­dikan dan pelatihan keteram­pilan, sehingga mereka bisa mandiri. Melalui PPDI, kita akan memper­juangkan persamaan hak dengan manusia normal.  (h/yat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM