Singkong Bakal Jadi Komoditas Utama Pariaman


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:54:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Selama 2015, Ke­ca­matan Pariaman Utara sudah mulai menanami singkong seluas empat hek­tare di dua desa yang berbeda yang kemudian langsung dijual ke berbagai daerah di Sumbar,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kota Pariaman Dewi Sastra, di Pariaman, Selasa (5/1).

Menurut dia, jika ma­syarakat setempat serius dalam usaha tersebut, ma­ka Kota Pariaman bisa menjadi daerah penghasil singkong di Sumbar.

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Ke­camatan Pariaman Utara bisa menghasilkan enam ton singkong yang siap dijual ke berbagai daerah seperti Kota Payakumbuh dan Bukittinggi.

“Kita juga mengap­resiasi langkah yang dila­kukan oleh Camat Pa­riaman Timur bersama masyarakat setempat da­lam hal penanaman sing­kong yang sudah di jual ke berbagai daerah di Sum­bar,” katanya.

Selain itu pemerintah daerah juga mengajak dan mengimbau masyarakat untuk mengajukan pro­posal permohonan ban­tuan bibit singkong ke Dinas Pertanian.

Menurutnya pereko­nomian masyarakat jauh akan lebih berkembang apabila usaha singkong tersebut diolah sendiri kemudian dipasarkan da­lam bentuk kuliner seperti kerupuk ubi dan se­jenis­nya.

“Masyarakat bisa mem­peroleh keuntungan yang jauh lebih besar jika dibandingkan menjual ba­han mentahnya ke daerah lain,” jelasnya.

Terpisah Camat Pa­riaman Timur, Yakirman, mengatakan, pada 2016 pemerintah setempat akan kembali menanami dua hektare singkong di daerah itu.

“Prospek usaha sing­kong ini sangat men­janji­kan, oleh karena itu ma­syarakat terus kita ajak untuk menanami ubi kayu sebagai mata pencarian mereka,” kata dia.

Dikatakanya, untuk Ke­camatan Pariaman Ti­mur terdapat 84 hektare lahan tidur yang siap di­fungsikan oleh ma­sya­ra­kat.

Untuk mendukung per­cepatan perkembangan perekonomian ma­syara­kat, pemerintah setempat berencana membeli mesin gilingan untuk mem­pro­duksi ubi kayu menjadi bentuk makanan lainya.

“Harga mesin gilingan tersebut Rp10 juta, jika sudah ada kita akan lebih mudah untuk mem­pro­duksi makanan dalam ben­tuk lain sehingga pema­saranya pun akan lebih bervariasi,” tam­bahnya.  (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM