Layanan Data XL Naik 72 Persen


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:52:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Meski terjadi pening­katan yang cukup signifikan, namun jaringan XL sama sekali tidak mengalami gang­guan teknis akibat kenaikan trafik penggunaan semua layanan.

Kapasitas jaringan XL pun telah mampu menam­pung trafik kenaikan semua layanan di semua wilayah, terutama layanan data. Ada­pun trafik penggunaan laya­nan data meningkat selama masa liburan sepanjang dua pekan terakhir Desember 2015 hingga 3 Januari 2016.

XL juga menjaga ku­alitas layanan dengan sek­sama sehingga pelanggan bisa mendapatkan manfaat yang tetap maksimal dari layanan XL selama liburan.

Chief Service Ma­nage­ment Officer XL Yessie D. Yosetya mengatakan bahwa periode liburan akhir tahun kemarin cukup panjang, yakni hampir sekitar dua pekan. Di situ juga ada dua hari besar, Natal dan Tahun Baru, yang membuat se­bagian masyarakat me­la­kukan pergerakan untuk berlibur di berbagai daerah.

“Kami paham benar bah­wa saat ini eranya orang mendokumentasikan apa saja yang dilihat dan dira­sakan lalu menyebarkannya ke komu­nitasnya melalui layanan data dan internet. Oleh karena itu, kami be­nar-benar menjaga kinerja jaringan secara prima untuk selalu bisa melayani pe­langgan,” ujar Yessie dalam keterangan tertulisnya ke­marin.

Menurut perempuan yang selalu tampil dengan potongan rambut pendek ini, kenaikan trafik terutama terjadi pada akses layanan data, terutama pada ber­bagai jenis layanan media jejaring sosial dan pengirim pesan instan. Kenaikan la­yanan meningkat selama periode liburan tersebut.

Data XL menunjukkan, selama liburan terdeteksi terjadinya kenaikan trafik penggunaan layanan XL di daerah-daerah tertentu, terutama kota-kota tujuan wisata di Jawa seperti Ban­dung, Yogyakarta, Bali.

Lebih spesifik lagi, ke­naikan trafik terjadi di lo­kasi-lokasi wisata. Di Ja­karta antara lain di Ancol, Monas, dan TMII, di Yog­yakarta, terutama di se­jumlah lokasi wisata di Gu­nung Kidul, Bandung di Lembang dan lokasi belanja di dalam kota, Surabaya antara lain di Jembatan Suramadu dan kebun bina­tang, dan Bali di sejumlah pantai serta di area Ubud.

Jaringan XL di seluruh wilayah layanan didukung lebih dari 56 ribu BTS, se­banyak sekitar 3 ribu di anta­ranya adalah BTS 4G LTE.

Sementara itu XL jari­ngan backbone fiber optic terbentang sepanjang tidak kurang dari 37 ribu kilo­meter yang menghubungkan pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel ba­wah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kali­man­tan, dan Sulawesi.(h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM