Dishub Kominfo Pasang Sistem Peringatan Dini


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:51:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dishub Kominfo Pasang Sistem Peringatan Dini Kepala Dishub Kominfo Kota Pariaman sedang menunjuk tombol penekan Pelikan Crossing di Jalan Pahlawan, depan SDN 08 Pariaman.

Ka Dishub Kominfo, Agusriatman kepada Ha­luan, Selasa (5/1) men­jelas­kan, alat tersebut dipasang sejak Desember 2015 lalu dan sekarang sejak awal Januari 2016 sudah bisa dioperasikan.

Dikatakannya, cara kerja alat tersebut bagi pen­ye­berang jalan yang hendak menyeberang, cukup me­nekan tombol yang ada de­kat tiang lampu, kemudian menyala berwarna hijau, pejalan kaki dapat menye­berang jalan.

Alat ini diletakan di dekat sekolah, karena anak sekolah dan kendaraan lalu lintas di jalan tersebut cukup ramai dilalui beragam jenis kendaraan. “Memang baru bisa kita pasang alat ini satu unit di penghujung tahun 2015. Biaya yang di­ke­luar­kan untuk satu unit pe­ralatan tersebut mencapai Rp500 juta lebih kurang,” jelas Agus.

Tahun 2016 ini, di­ren­canakan satu unit alat yang sama akan dipasang di de­pan Sekolah Dasar Negeri Ampalu. “Kita berharap kepada pengendara roda empat atau roda dua yang melewati jalur tersebut, dapat memberikan ke­sem­patan kepada penyeberang jalan bila mereka telah me­nekan tombol hijau untuk penyeberang jalan pada jalur yang telah dipasang sistem peringatan dini Pelikan Crossing,” harapnya.

Pelican Crossing ini, lan­­jut­nya, sebuah sistem un­tuk penyeberang jalan yang cukup efektif sampai se­karang. Ora­ng cukup me­ne­kan tombol pelican ter­sebut, lalu me­nunggu hingga semua ken­daraan berhenti dan da­pat menyeberang de­ngan aman.

Diharapkan fasilitas un­tuk keselamatan dan ken­ya­manan masyarakat berlalu lintas di Kota Pariaman bisa terjaga dengan baik, dengan cara semua peng­guna jalan menjaga dan merawat fasilitas dengan semestinya. (h/tri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 April 2018 - 11:22:32 WIB

    Dishub Pessel Bentuk Pelopor Keselamatan LLAJ

    Dishub Pessel Bentuk Pelopor Keselamatan LLAJ PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Guna menekan resiko ancaman kecelakaan lalu lintas di jalan raya, khususnya bagi kalangan pelajar, Pemkab Pessel melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menggencarkan sosialisasi melalui kegiatan pemili.
  • Jumat, 09 Juni 2017 - 12:20:59 WIB

    Antisipasi Macet, Dishub Siapkan Kawasan Parkir Alternatif

    Antisipasi Macet, Dishub Siapkan Kawasan Parkir Alternatif SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Kendati Lebaran masih jauh, sekitar 16 hari lagi, namun Dinas Perhubungan Kota Solok sudah melakukan kajian analisis kemungkinan dilakukannya rekayasa kawasan parkir sebagai antisipasi jika terjadi.
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:06:06 WIB

    Dishubkominfo Sediakan Mobil Derek

    Dishubkominfo Sediakan Mobil Derek PADANG PANJANG, HALUAN — Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishub­kominfo) Kota Padang Panjang melakukan terobosan dengan menganggarkan pem­belian mobil derek. Pengadaan mobil derek tersebut diperuntukkan untuk membantu mobi.
  • Senin, 27 Juni 2016 - 04:49:07 WIB

    Dishubkominfo Optimis Raih WTN 2016

    Dishubkominfo Optimis Raih WTN 2016 PADANG PANJANG, HALUAN — Pemerintah Kota Padang Panjang melaui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang Panjang kembali mengikuti penilaian lomba tertib lalu lintas dan angkutan jalan atau ya.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 03:31:02 WIB
    Tekan Angka Kecelakaan

    Dishub Kominfo Pasang Rambu di Jalur KA

    Dishub Kominfo Pasang Rambu di Jalur KA PARIAMAN, HALUAN — Untuk menghindari kece­lakaan pada perlintasan kereta api yang ada di Kota Pariaman, Dinas Perhubungan Ko­mu­nikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Kota setempat me­masang rambu pada jalur perlintasan .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM