Pembangunan Puskesmas Tidak Selesai


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:47:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Tentu kami merasa cemas dan resah, karena kegiatan itu kami danai dengan uang pribadi, dan di pinjam sana-sini atau utang dulu. Sekarang tahun sudah berakhir sedangkan dana tidak cair, tentu kami yang akan menanggung akibatnya atau mengganti uang yang kami pinjam untuk membiayai kegiatan yang sudah terlanjur kami laksanakan,” ujar sumber yang enggan namanya disebutkan.

Sementara itu, Kepala Dinkes Padang Pariaman, Aspinuddin kepada wartawan Senin (4/1) menyebutkan, hal itu sudah tidak ada masalah karena sudah dicarikan solusinya. Ia pun meminta untuk mengonfirmasikan hal itu kepada Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat Dinkes, Mariani SE MM.

Dihubungi secara terpisah, Mariani tidak menampik hal itu. Menurut dia, keterlambatan pencairan terjadi akibat bank kehabisan uang kontan menjelang akhir tahun 2015. “Semua proses administrasi sudah kami lengkapi dan selesaikan, dana kami ambil dan bagikan hari ini,” ujarnya.

Ketika ditanya berapa unit puskesmas yang harus dibayarkan GU (ganti uang)-nya, Mariani tidak menyebutkan. Apakah juga termasuk GU sub bagian serta bidang dan seksi di lingkungan dinkes sendiri? Mariani pun mengiyakan. Ditanya berapa total jumlah GU yang akan dia bayarkan, dia hanya mengatakan lebih dari satu miliar rupiah tanpa mengemukakan angka rinci.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Syaiful Bahri selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan pembangunan gedung puskesmas itu, dia tidak membantah. Bahkan ia mengakui, hingga batas akhir kontrak, 23 Desember, realisasi pekerjaan hanya mencapai 88,34 persen. Pada tahun anggaran 2015 Dinkes Padang Pariaman memperoleh anggaran Rp2,5 miliar dari Kementerian Kesehatan RI untuk pembangunan baru gedung Puskesmas Kampung Guci yang pindah lokasi ke Sungai Asam. Namun, hingga tahun berakhir, kegiatan pembangunan tersebut tidak selesai.

“Hal itu terjadi akibat kelalaian rekanan kontraktor pelaksana. Semula rekanan memakai 50 orang tenaga kerja, kemudian dia kurangi menjadi 20 orang. Kami pun membayar sebanyak realisasi pekerjaan dan rekanan itu kami beri sanksi berupa pemutusan kontrak serta blacklist,” ujar Syaiful. Untuk kelanjutan atau penyelesaian pembangunan gedung puskesmas tersebut, Kadinkes Aspinuddin menyatakan akan mengajukan dananya pada perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2016 sekitar bulan Juli nanti. (h/bus)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 November 2018 - 16:52:36 WIB

    Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah  

    Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah   SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Peranan generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan. Bukan saja karena pemuda sebagai lapisan masyarakat paling besar, namun yang paling penting adalah tanpa potensi dan kreativitas genera.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:25:57 WIB

    TMMD ke 103 di Pessel. Bupati Hendrajoni: Kerja Nyata Dalam Pembangunan Nagari

    TMMD ke 103 di Pessel. Bupati Hendrajoni: Kerja Nyata Dalam Pembangunan Nagari PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD) Reguler ke-103 tahun 2018 di wilayah Kodim 0311/Pessel, secara resmi dibuka ditandai dengan upacara yang dipimpin oleh Bupati Pesisir Selatan Hendr.
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 20:30:59 WIB

    Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan

    Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Jumlah penduduk yang lanjut usia (lansia) di Kota Payakumbuh yang terus meningkat, dianggap menjadi pertanda kesuksesan pembangunan. Sebab, semakin banyak penduduk lansia berarti semakin banyak p.
  • Selasa, 20 Februari 2018 - 20:17:52 WIB

    Kementerian Maritim Pioritaskan Pembangunan Teluk Tapang Pasbar

    Kementerian Maritim Pioritaskan Pembangunan Teluk Tapang Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Pembangunan jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mendapat perhatian serius dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk segera .
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 22:10:13 WIB

    Pembangunan Tarok City Mulai Dirampungkan

    Pembangunan Tarok City Mulai Dirampungkan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni berkunjung ke Kampus UIN II Lubuk Lintah Padang, Senin (1/1/2018). Kunjungan ini salah satunya bertujuan untuk matangkan rencana pembangunan Kawasan Pend.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM