Anak Luka Bakar, Ayah Korban Diamankan


Selasa, 05 Januari 2016 - 04:04:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Anak Luka Bakar, Ayah Korban Diamankan KORBAN luka bakar, Maharni (10) didampingi ibu kandungnya di RSUD Sungai Dareh, Minggu (3/1). Penganiayaan diduga dilakukan oleh ayah kandung Maharni. (BDR)

Peristiwa itu terjadi hari Minggu (3/1) sekitar pukul 20.00 WIB. Korban berna­ma Maharni saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh. Sedangkan yang di­du­ga sebagai penganiaya adalah ayah kandungnya, MS (41).

Keterangan yang didapat dari ibu kandung korban, Suhaimi (40) ketika di­jumpai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh mengatakan, diri­nya  kaget setelah men­dengar  teriakan dari anak­nya Maharani yang menga­lami kesakitan.

“Saya langsung meng­ham­piri anak saya, ternyata tubuhnya telah terkena luka bakar. Setelah melihat keja­dian tersebut saya langsung melarikan anak saya ke RSUD, untuk mendapatkan pertolongan medis,” katanya.

Namun, Ibu korban juga menyangkal kalau luka bakar yang dialami putrinya yang masih duduk di bangku kelas 4 SD tersebut disebabkan oleh ayah kandungnya MS (41). “Maharni tidak dibakar  oleh ayahnya, tapi karena terbakar saat abang ang­katnya  Budi sedang menghidup­kan api tungku ketika hendak memasak air, “kata ibu korban di rumah sakit saat menemani anaknya dirawat.

Ibu korban juga menjelaskan, anak­nya Maharni sudah diingat­kan oleh kakaknya bernama Budi untuk tidak dekat-dekat, nanti terbakar. Suhaimi menjelas­kannya sambil mengipas Mahar­ni yang terus meringis kesakitan.

“Sebelumnya Budi sudah ingatkan Maharni untuk tidak dekat-dekat pada saat Budi meng­hidupkan api,tapi Maharni tetap mendekat, yang akhirnya apa yang dikawatirkan Budi terja­di”sebutnya.

Seterusnya, Suhaimi tidak menyangkal kalau ada tendangan dari MS kepada Maharni yang mengenai bibir Maharni. “Kalau dibakar tidak, tapi memang sem­pat ada tendangan dari ayahnya kepada Maharani yang tepat mengenai bibirnya,” tambah Suhaimi.

Sementara itu, salah seorang tetangga korban yang akrab disa­pa Pak Con,yang juga merupakan kakek korban  saat dikonfirmasi sejumlah wartawan via telepon genggamnya terkait tragedi terse­but mengatakan, memang telah terjadi tindak kekerasan terhadap Maharni.

Dia mengatakan, kuat dugaan apa yang dialami oleh Maharni saat ini disebabkan oleh ayah kandungnya sendiri sebab,selama ini MS sering terlihat dan sangat suka menganiaya anaknya.  “Ka­mi yakin luka bakar yang dialami oleh Maharni disebabkan oleh MS. Mustahil api tungku bisa membakar Maharni yang sudah berusia 10 tahun.”katanya dengan nada kesal.

“Awalnya, Maharni tidak diperbolehkan oleh MS untuk dibawa ke rumah sakit, namun oleh kakak ibunya tetap di bawa ke rumah sakit,” jelas Pak Con.

Apanyo (papa) ko sabana­nyo indak beres, acok menangani anak, termasuk bininyo surang,” terang Con.

Walau demikian, dirinya ber­harap pihak kepolisian dapat mengungkap kasus kekerasan yang dilakukan oleh MS terhadap Maharni. “Untuk membuktikan kebenarannya, pihak kepo­lisian­kan bisa melakukan oleh TKP,” harapnya.

Secara terpisah, Kanit Re­serse Polsek Pulau Punjung, Ipda Haris di ruang kerjanya terkait musibah yang dialami oleh Ma­harni mengatakan, “MS telah berada di dalam sel tahanan Polsek Pulau Punjung yang diti­tip­kan oleh kepala jorong setem­pat alasan keamanan, sebab pada saat kejadian tersebut masa te­ngah berkumpul di rumah korban yang hendak menghakimi MS.

Pihak kepolisian belum bisa melanjutkan penyelidikan kasus ini karena belum ada yang me­lapor.  “Saat ini kita sedang menunggu adanya pihak yang melapor, baik dari ibunya sendiri walaupun dari saksi yang melihat kejadian tersebut atau dari kepala jorong sendiri yang juga berjanji akan membuat laporan atas keja­dian tersebut bila tidak ada yang melapor,”katanya.

Namun demikian kepolisian akan tetap memproses tindakan yang menimpa Maharni secara hukum.

Terbakar Gara-gara Main Bantal

Di RSUD Sungai Dareh, juga ditemukan seorang bocah ber­umur 4 tahun bernama Ayu dengan keadaan luka bakar sa­ngat serius.  Korban warga Jo­rong  Jati Salam, Kenagarian Ampalu, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya.

Dari keterangan yang didapat, kejadian berawal saat Ayu ber­sama kakaknya Nando (10) yang sedang memegang lampu ber­minyak tanah. Ketika asyik me­mukul-mukul kakaknya meng­gunakan bantal guling, tanpa sengaja mengenai lampu yang sedang dipegang oleh Nando yang akhirnya langsung membakar tubuh Ayu.

Ibu kandung korban Isra­mayati (38) mengatakan, keja­dian begitu cepat dan diluar dugaan, dirinya tidak menyangka kalau musibah tersebut dialami oleh putri satu-satunya. “Kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi pak,” kata Isramayati di salah satu ruangan Rumah Sakit ke bebe­rapa orang wartawan sambil mengipas-ngipas putrinya yang terus menjerit kesakitan. (h/mg-bdr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Juli 2018 - 14:35:53 WIB

     IASMA 1 Bukittingi Laksanakan Sunatan Gratis di Pagadih Hilia

     IASMA 1 Bukittingi Laksanakan Sunatan Gratis di Pagadih Hilia AGAM, HARIANHALUAN.COM-Kendati menempuh jalan berlumpur pelaksanaan sunatan masal di kampung terpencil tahap pertama dalam rangka 50 Tahun Ikatan Alumni SMA 1 (IASMA)  Landbouw Bukittinggi, berjalan lancar, Selasa  (3/7/20.
  • Senin, 28 Mei 2018 - 00:45:59 WIB

    PHRI Bukittinggi Laksanakan Pelatihan Pengembangan SDM Kepariwisataan

    PHRI Bukittinggi  Laksanakan Pelatihan Pengembangan SDM Kepariwisataan BUKITTINGGI, HALUAN-Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bukittinggi, menggelar Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataa di Bidang Perhotelan. .
  • Jumat, 04 Mei 2018 - 11:58:54 WIB

    Hari Ini PWI Sumbar Laksanakan UKW

    Hari Ini PWI Sumbar Laksanakan UKW PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jika tidak ada halangan hari ini, Jumat (4/5), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melaksanakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang ke 8 di Diklat Bank Nagari, Jalan Bypass Panggambiran Ampalu Nan.
  • Senin, 09 April 2018 - 02:27:05 WIB

    Polres Pessel Gelar Polsanak di Carocok

    Polres Pessel Gelar Polsanak di Carocok PAINAN, HALUAN - Dengan mengusung tema “Polisi Sahabat Anak”, Unit Dikyasa Satlantas Polres Pesisir Selatan (Pessel) terus mengkampanyekan kesadaran berlalu lintas kepada anak sejak usia dini. Kegiatan dilaksanakan, baik .
  • Rabu, 28 Maret 2018 - 18:41:56 WIB

    Kunjungi Korem 032, Pangdam I/BB: Kalian Anak-anak Saya

    Kunjungi Korem 032, Pangdam I/BB: Kalian Anak-anak Saya PADANG, HARIANHALUAN.COM—Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo mengunjungi Korem 032/Wbr. Kedatangan Jenderal bintang dua itu perdana setelah dilantik pada 23 Maret 2018..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM