Jelang Rakornas PDIP

Mega Beri Pidato Politik, Jokowi Pengarahan Tertutup


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:49:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Megawati Soe­kar­no­put­ri akan memberikan pidato politik secara terbuka. Se­men­tara Joko Widodo hadir dalam kapasitasnya sebagai kader partai dan akan mem­berikan arahan bagi peserta rakornas secara tertutup.

Rakornas akan mem­bahas banyak hal. Mulai dari pembangunan nasional, evaluasi pilkada serentak 2015 dan strategi meng­hadapi pilkada serentak 2017, serta evaluasi kinerja kepala daerah yang diusung PDIP.

Sekjen DPP PDI-P, Has­to Kristiyanto menuturkan, rakornas PDIP kali ini juga menitikberatkan pada Tri­sakti pembangunan. “Kita berbicara tentang 45 tahun ke depan. Oleh karena itu, rakernas berbicara tentang pembangunan semesta. Ska­la prioritasnya Trisakti dan mewujudkan ekonomi ber­di­kari,” kata Hasto Kri­sta­nto di Gedung DPP PDI-P, Me­n­teng, Jakarta, Senin (4/1).

Hasto menambahkan, penanaman soal konsep Trisakti dan pembangunan penting dilakukan untuk membenahi kondisi Indo­nesia yang dihadapkan pada kenyataan semakin lebarnya jurang kesenjangan eko­nomi dan sosial. Pem­bangu­nan di Indonesia belum mewujudkan harapan rakyat terutama ideal yang di­ta­nam­kan pendiri bangsa untuk model ekonomi yang berdikari.

“Kita menghadapi rea­litas sebagai negara terkaya kandungan bumi. Bila kita berbicara tentang ke­sejah­teraan dan pondasinya Pan­casila, kita ternyata ada kesenjangan,” imbuh dia.

Ditambahkan politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari menyatakan, dalam Ra­ker­nas 2016 diharapkan jadi momen bagi partai ber­lam­bang banteng moncong pu­tih untuk bisa menjalankan fungsi parpol dengan lebih baik. “Mudah-mudahan ra­ker­nas nanti bisa hasilkan program yang jalankan fung­si parpol sebagai agen peru­bahan sosial untuk kembali ke konstitusi,” kata Eva.

Diakui untuk mengajak banyak kelompok agar mau kembali taat konstitusi bu­kanlah pekerjaan ringan. Bisa jadi hal yang cukup berat dalam praktik ber­de­mo­krasi di alam desen­tra­li­sasi saat ini yaitu dalam aspek kedaulatan, berdikari dan membangun karakter berkepribadian.

Sementara Revrisond Baswir, dosen Fakultas Ek­o­nomika dan Bisnis UGM menjelaskan, dengan di­gelar­nya rakernas PDIP, diharapkan jadi momentum koreksi sistem ekonomi neokolonial.

Revrisond menjelaskan, amanat konstitusi di dalam Pembukaan UUD 1945 dan pasal demi pasal yang ada, terutama untuk pen­jabaran pasal 33 sudah jelas ada tanggung jawab na­sio­nal. Bukan melekat pada diri sendiri, satu golongan saja. Tapi harus menjadi tanggung jawab bersama untuk mengoreksi struktur perekonomian nasional ya­ng bercorak kolonial hingga kini.

“Kita bisa rasakan ba­gai­mana sistem ekonomi bor­juasi bekerja. Sekarang ini kita alami itu. Sebagai partai pelopor, tentu masalah ini jadi tanggung jawab PDI Perjuangan untuk bersama-sama lakukan koreksi,” kata Revrisond Baswir, kemarin.

Revrisond me­nam­bah­kan sebagai partai yang tu­rut membentuk pe­me­rinta­han, PDIP memang harus memulai dulu. Jadi pelopor dan memberikan tekanan bersama. Salah satunya de­ngan melihat lagi semua dokumen negara, RPJMN maupun RPJMD. Apakah di dalam dokumen pem­bangunan yang ada sudah jadi bagian integral amanat konstitusi. (h/mdk)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 September 2017 - 23:37:48 WIB

    Setelah Megawati, UNP Bidik Erdogan Diberi Gelar Doktor Kehormatan

    Setelah Megawati, UNP Bidik Erdogan Diberi Gelar Doktor Kehormatan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Teranyata pemberian gelar Doktor Kehormatan (Honoris causa) kepada Megawati Soekarno Putri bukan yang terakhir bagi UNP. Bahkan kabarnya UNP tengah menjajaki pemberian gelar Doktor Kehormatan itu .
  • Jumat, 12 Agustus 2016 - 16:14:24 WIB

    Hari Ini, Hari Terbaik bagi Amir Kolahdouz si Pemegang Tiga Jersey TdS 2016

    Hari Ini, Hari Terbaik bagi Amir Kolahdouz si Pemegang Tiga Jersey TdS 2016 DHARMASRAYA, HALUAN -- Pemegang tiga jersey pada TdS 2016, yaitu yellow jersey, green jersey dan polkadot jersey, Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team mengaku hari ini adalah hari bagi bagi dirinya dan tim. Menurut dia,.
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 04:50:40 WIB

    Megawati Dapat Gelar Doktor 'Honoris Causa'

    Megawati Dapat Gelar Doktor 'Honoris Causa' JAKARTA, HALUAN — Pre­siden kelima RI Megawati Soekarnoputri akan me­ne­rima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Pad­jajaran, hari ini Rabu (25/5/2016). Terkait rencana itu, Unpad meniadakan seluruh kegiatan aka.
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 03:35:05 WIB
    Kejahatan Seksual Marak

    Megawati Tegur Menteri Puan

    JAKARTA, HALUAN — Ketua Umum PDI Perjuangan, Me­gawati Soekarnoputri mengaku sudah menegur Menteri Koor­dinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Men­ko PMK) Puan Ma­ha­rani, terkait banyaknya kasus kejahatan .
  • Selasa, 19 April 2016 - 02:55:34 WIB

    Kejagung Periksa Menteri BUMN Era Megawati

    JAKARTA, HALUAN — Penyidik pidana khu­sus Kejaksaan Agung kembali me­meriksa mantan Menteri BUMN, Laksa­mana Sukardi di Gedung Bundar Kejaksaan Agung..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM