Jumlah PNS Bakal Dikurangi 20 Persen


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:48:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Jumlah aparatur sipil negara akan dikurangi dari 4,7 juta menjadi 3,5 juta. Jumlah lebih sedikit de­ngan beban kerja yang sa­ma. Jadi akan lebih berat dan dibu­tuh­kan orang-orang dengan kompetensi lebih,” ujar Menpan Yuddy Chrisnandi, Senin (4/1/2016).

Yuddy mengatakan, ra­ta-rata anggaran belanja pe­gawai yang mencapai 42 per­sen sudah terlalu ‘ge­muk’. Sehingga anggaran be­lanja pegawai tidak lebih be­sar dari belanja pem­ba­ngu­nan.

Dengan demikian pe­ram­pingan jumlah PNS bisa di­alihkan ke sektor pem­ba­ngunan yang lebih produktif.

“Rata-rata 42 persen anggaran kementerian un­tuk belanja pegawai. Ada yang belanja pegawai 50 persen itu sudah lampu merah, masa lebih besar daripada belanja pem­ba­ngunan,” tambahnya.

Untuk menutupi kebu­tuhan instansi rekruitmen ASN lebih diprioritaskan kepada pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang sifatnya tidak terikat seperti PNS. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 Juli 2017 - 12:06:18 WIB

    IAEI Gelar Penutupan Silaknas, Sejumlah Tokoh dan Institusi Raih Penghargaan

    IAEI Gelar Penutupan Silaknas, Sejumlah Tokoh dan Institusi Raih Penghargaan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM. Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) digelar acara Halal bi Halal (HBH) Stakeholders Ekonomi Syariah 1438 H resmi ditutup..
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 16:20:40 WIB

    Jumlah Jabatan di Daerah Dipangkas

    Jumlah Jabatan di Daerah Dipangkas JAKARTA, HALUAN – Dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah maka stuktur organisasi dan birokrasi di daerah akan dirampingkan. Dampaknya terjadi pengurangan jumlah jabatan..
  • Sabtu, 23 April 2016 - 03:59:59 WIB

    Empat, Jumlah Ideal Parpol

    JAKARTA, HALUAN — Ke­tua Forum Ma­syarakat Pe­duli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Sa­lang berpendapat jumlah ideal partai politik di In­do­nesia seharusnya hanya em­pat. Angka itu untuk mem­peroleh sistem .
  • Rabu, 16 Maret 2016 - 03:59:58 WIB

    Jumlah Dukungan Disesuaikan DPT

    JAKARTA, HALUAN — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilakukan pada 15 Februari 2017 mendatang. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan, bahwa hingga saat ini tidak adanya aturan k.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM