Musda IX Golkar

Jaring Pengurus Baru dan Calon Pilgub 2020


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:45:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Selain menjaring pengu­rus baru, Musda digadang-gadang dilaksanakan untuk menjaring calon Golkar untuk Pilgub 2020 men­datang.

“Hasil musda akan fo­kus pada program lima tahun depan. Ketua terpilih akan ditetapkan untuk maju pada pertarungan Pilgub tahun 2020,” ujar Wakil Ketua DPD Golkar Sumbar, Yul­man Hadi di Kantor Golkal Sumbar, Senin (4/1).

Yulman yang juga Ketua Panitia Musda mengatakan, pasca dicabutnya SK ke­pengurusan Partai Golkar versi Munas Ancol oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Men­kum­ham), pengurus Golkar Sumbar dibawah Ke­pe­mi­m­pinan Ketua DPP Abu­rizal Bakrie terus me­rapat­kan barisan.

Untuk musda yang akan digelar pihaknya me­mas­ti­kan sudah sah, meskipun SK pengurus Golkar yang baru belum diterbitkan Kemenkumham. Secara na­sional dari 34 provinsi, sudah 16 yang selesai meng­gelar musda.

“Setelah SK dicabut, tak ada lagi fikiran soal dua­lisme di Golkar. Gol­kar, ya Ketua DPP-nya Abu­rizal Bakrie. Musda mem­buka pintu untuk semua ka­der­nya, baik untuk me­milih kepengurusan DPD yang baru,” ujar Yulman.

Tentang persiapan mus­da sendiri, Yulman me­negas­kan, pembentukan panitia telah dilakukan se­jak 27 desember lalu. Ber­tempat di  Hotel Pangeran Beach Padang, Musda akan dihadiri sekitar 200 un­dangan. Mulai dari seluruh pengurus DPC 19 ka­bu­paten/kota, beberapa or­ganisasi sayap Golkar, se­perti MKGR dan Kosgoro.

Dia juga mengklaim, musda itu mendapat restu penuh dari DPP. Bahkan sudah dipastikan hadir Ke­tua DPP Golkar, Aburizal Bakrie. “Pada Musda IX ini nanti, kita akan mengusung tema terkonsolidasi efektif mengemban misi, berjaya di kala pemilu,” jelasnya.

Pada pemilihan nanti, pengurus terpilih ber­dasar­kan dukungan suara. Jum­lah total itu, terdiri atas satu suara tiap-tiap pengurus kabupaten/kota, ditambah suara pengurus pusat dan juga suara dari organisasi sayap. “Ketua terpilih, mi­nimal dapat 30 persen su­ara,” tukasnya.

Dia mengakui, dualisme yang sempat memecah Gol­kar hingga ke daerah ter­masuk di Sumbar. Ini sangat membuat suasana sangat tidak nyaman, karenanya momentum musda akan dimanfaatkan partai untuk kembali bangun.

Saat disinggung soal SK kepengurus baru yang be­lum diterbitkan Ke­men­kumham, Yulman men­ye­but, itu bukanlah persoalan. Menurutnya, meskipun SK yang baru belum terbit, pasca dicabutnya SK Munas Ancol, kepengurusan di­bawah Aburizal Bakrie ada­lah yang sah.

“Jadi jangan dikatakan musda kita nanti ilegal, karena belum turun SK yang baru. Ini sudah sah,” ung­kapnya.

Namun, pernyataan yang disampaikan Yulman ber­tentangan dengan pengurus DPD Golkar versi Agung Laksono. Terpisah, Ketua DPD Golkar versi Agung Laksono, Yan Hiksas, mem­pertanyakan dasar hukum untuk dilaksanakan musda tersebut.

Ini karena, kedua belah pihak kubu Golkar tidak punya SK. Ia juga menga­takan, meskipun SK pihak Agung Laksono sudah di­cabut, namun pemerintah belum menerbitkan SK yang baru. “Kalau mereka me­lak­sanakan musda itu haknya, namun status hu­kum­nya apa,” ucap Yan Hiksas mempertanyakan. (h/mg-len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 12:01:06 WIB

    Antisipasi Sampah, Sungai di Padang Dipasang Jaring

    Antisipasi Sampah, Sungai di Padang Dipasang Jaring PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang punya cara baru untuk menjaga sungai agar tetap bersih. Caranya adalah dengan memasang jaring di sungai pada batas-batas kecamatan..
  • Senin, 15 Januari 2018 - 02:03:36 WIB
    MELANGGAR KETERTIBAN UMUM

    12 Orang Terjaring Razia Maksiat

    12 Orang Terjaring Razia Maksiat PADANG,HALUAN--Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang mengamankan 12 orang dalam razia Minggu dini hari (14/1). Mereka dijaring di berbagai tempat mulai dari pinggir jalan, kafe, dan hotel melati..
  • Senin, 06 November 2017 - 01:09:27 WIB
    TAK PUNYA TANDA PENGENAL

    4 Wanita Terjaring Razia Pol PP

    4 Wanita Terjaring Razia  Pol PP PADANG,HALUAN—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali melakukan penertiban pada Sabtu (4/11). Hasilnya, empat wanita yan tidak memiliki tanda pengenal atau KTP dan perangkat sound sistem diamankan oleh petugas..
  • Jumat, 05 Mei 2017 - 01:59:38 WIB
    PELAYANAN TERGANGGU SEMENTARA

    PDAM Ganti Pipa Jaringan di Rimbo Data

    PADANG, HALUAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang kembali melakukan pekerjaan perbaikan pipa jaringan. Langkah ini untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Kali ini, perbaikan dilakukan di kawasan Rimbo .
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:46:11 WIB
    BERKELIARAN SAAT JAM BELAJAR

    29 Pelajar Terjaring di Warnet

    29 Pelajar Terjaring di Warnet PADANG, HALUAN — Sa­tuan Polisi Pamong Praja (Sa­t­pol PP) Kota Padang kembali menertibkan 29 pelajar yang berkeliaran di jam pelajaran sekolah pada Rabu (21/12) siang di kawasan Pasar Baru dan Simpang Kapalo Koto, Ke­c.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM