Pembebasan Tanah Tuntas

Pembangunan Jalan Nipah-Teluk Bayur Dilanjutkan


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:44:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Saat ini tinggal me­nun­g­gu pengerjaan dari Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman (Disp­ras­jaltarkim) Sumbar untuk kelanjutan proyek ini.

Kepala Bagian (Kabag) Pertanahan Pemko Padang Amasrul mengatakan, pro­ses pembebesan lahan telah selesai dilakukan seluruh­nya, sehingga proyek ini sudah bisa dilakukan oleh pihak provinsi.

“Tanahnya sudah bebas seluruhnya. Kemarin me­mang masih ada satu titik yang bermasalah tapi sudah kita selesaikan,” terang Amas­rul kepada Haluan, Senin (4/1) siang.

Pengerjaan jalan Nipah – Teluk Bayur sepanjang 7 kilometer yang dimulai semenjak 1990 silam diren­canakan sebagai kawasan wisata yang juga sebagai jalur alternatif untuk pe­mecah macet di kawasan Teluk Bayur.

Jalan ini memiliki arti pen­ting dan menjadi pro­yek strategis Pemprov Sum­bar. Kebe­radaan­nya dapat menjadi jalan pem­buka pengembangan wilayah Ko­ta Padang.

Tak hanya itu, ruas jalan ini juga menjadi salah satu jalur pariwisata di samping penunjang kegiatan eko­nomi masyarakat. Karena itu belum dapat ditentukan apakah jalan ini masuk kategori jalan provinsi atau jalan kota.

Pembangunan jalan Ni­pah - Teluk Bayur ini diha­rap juga menjadi pendu­kung bagi rencana Pemko Padang untuk menjadikan Gunung Padang menjadi kawasan wisata terpadu yang dilengkapi dengan fa­silitas penginapan, lapangan golf, pemu­garan kota tua dan pemugaran kawa­san Muaro Pantai Padang men­jadi pelabu­han.

Dalam perjalanannya pro­yek ini sempat tersendat de­ngan persoalan lahan berupa tanah makam yang terkena imbas proyek ini, sehingga membutuhkan wak­­tu untuk mengganti rugi setiap makam yang terkena proyek ini.  

Haluan mencatat seti­daknya ada ratusan makam dari warga Tionghoa dan 1.000 warga muslim yang harus dipindahkan demi ke­lan­caran proyek ini. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Desember 2017 - 11:06:48 WIB

    Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang

    Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan biaya pembangunan landmark di Gunung Padang yang menghabiskan biaya Rp6,3 Miliar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang melalui Kepala Bidang Bina Marga He.
  • Kamis, 02 November 2017 - 11:40:30 WIB

    Pemko Anggarkan Pembangunan Plang KA

    Pemko Anggarkan Pembangunan Plang KA PADANG, HARIANHALUAN.COM — Soal plang pada pintu perlintasan kereta api (KA) yang belakangan banyak memakan korban direspon Pemko Padang. Wako Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, pihaknya sudah menganggarkan Rp800 juta untuk .
  • Senin, 14 Agustus 2017 - 10:44:23 WIB

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang JAWA TENGAH HARIANHALUAN.COM—Memasuki era desentralisasi, partisipasi publik dalam mempercepat pembangunan daerah sangat diperlukan. Salah satu organisasi asal Sumatra Barat yang mengambil peran strategis tersebut adalahpul.
  • Selasa, 01 Agustus 2017 - 16:06:28 WIB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kota Padang menjadi kota pertama dari rangkaian agenda Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS) 2.0 yang diselenggarakan di delapan kota besar Indonesia. .
  • Rabu, 12 April 2017 - 08:50:45 WIB

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh PADANG, HALUAN - Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin, berharap pengembangan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turut didukung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang sebagai daerah terdekat dengan Ka.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM