Padang Bersiap Jadi Kota Metropolitan


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:38:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Menjadikan Padang se­bagai kota metropolitan adalah salah satu program kami dalam dua tahun tera­khir,” kata Kepala Dinas Prasjal dan Tarkim Sumbar, Suprapto, pada wartawan Senin (4/1).

Untuk menjadikan Pa­dang sebagai kota merto­polis, harus memenuhi em­pat prasana dasar. Yaitu harus bebas macet, bebas banjir, sampah tidak boleh ada berserakan dan keter­sediaan air bersih yang cu­kup dan terjamin.

“Jika empat syarat ini tidak terpenuhi, maka Pa­dang di masa da­tang akan jadi se­perti Jakarta. Ko­ta yang selalu ban­jir ketika mu­sim hujan, macet dan penuh sam­pah,” ujar Sup­rapto. 

Untuk batas Kota Pa­dang se­bagai kota metro­politan di bagian utara ada­lah hing­ga Indarung.  Jadi kon­sepnya, Padang sebagai kota met­ropolitan yang di­ling­kup laut dan bu­kit. 

“Pengem­ba­ngan Padang jadi kota met­ropolitan ini kita lakukan hanya ke utara dan selatan,” terang dia.

Dalam pengembangan tersebut, akan ada ruang terbuka hijau. Sistem jalan yang saat ini digunakan untuk mengenal kawasan, nantinya akan buat seperti konsep luar negeri. Meng­gunakan blok-blok.

“Untuk gambaran de­tailnya, nanti akan kami ekspose. Kami akan libat­kan semua unsur, untuk meminta pendapat dan ma­sukan,” beber Suprapto le­bih jauh.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Prasana Jalan dan Tarkim Sumbar, Sup­rapto juga meminta semua pihak untuk mempermudah investor yang hendak ber­investasi di daerah ini. 

“Orang yang mau inves di Sumbar adalah orang gila. Kita kan daerah ben­cana dengan risiko besar. Makanya para investor ha­rus disupport, berikan ke­mudahan,” ujar Suprapto. 

Perumpamaannya, se­perti baju, kena angin se­dikit saja, baju tersebut bolong. Karena itu dia me­minta seluruh pihak mem­permudah segala bentuk perizinan yang menye­bab­kan investor mengeluarkan biaya banyak.

Hal itu tak terlepas dari keluhan yang disampaikan calon investor di Padang, yang hingga kini belum mendapat izin. Padahal investor tersebut sudah me­ngurusnya sejak tiga bulan yang lalu. (h/vie)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 22:28:45 WIB

    Ratusan Liter Tuak Disita Satpol PP Padang

    Ratusan Liter Tuak Disita Satpol PP Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang menyita ratusan liter tuak dibeberapa tempat di Padang. Hal tersebut terjadi, karena ada laporan dari masyarakat bahwa minuman itu diduga telah dijual .
  • Rabu, 14 November 2018 - 22:26:02 WIB

    Dorong Kemajuan Pariwisata Padang, Pemko dan PHRI Bersinergi

    Dorong Kemajuan Pariwisata Padang, Pemko dan PHRI Bersinergi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengharapkan Pemko Padang dapat bersinergi dengan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia  (PPHI) Sumbar untuk memajukan wisata halal di Kota Padang. Bukan hany.
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:24:09 WIB

    Padang Ditetapkan 10 Kota Baru Publik

    Padang Ditetapkan 10 Kota Baru Publik PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyambut baik dilaksanakannya Rapat Koordinasi (Rakor) dan Focus Group Discussion (FGD) sekaitan tindak lanjut perencanaan pembangunan 'Kota Baru Padang'..
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:18:35 WIB

    Sudah Disegel, Kafe di Padang Ini Tetap Beroperasi

    Sudah Disegel, Kafe di Padang Ini Tetap Beroperasi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Masih ada saja pemilik kafe yang tidak mengantongi izin beroperasi tetap “membangkang” untuk tetap menjalankan usahanya. Terbukti, kafe di kawasan Bukit Lampu, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk.
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:15:27 WIB

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana melakukan beberapa pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT). Salah satunya Gunung Padang, karena kawasan Gunung Padang salah satu kawasan wisata utama di K.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM