Pantau Penyebab Banjir Bandang

BPBD Temukan Beberapa Titik Kantong Air


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:29:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BPBD Pasaman dibantu BPBD Provinsi Sumbar, turun titik-titik potensi bencana tersebut bersama Kapolres Pasaman, AKBP Agoeng SW, Kepala Dinas Kehutanan Pa­saman, Yozarwardi, menggunakan helikopter.

Kepala BPBD Pasaman, M. Sayuti Pohan menye­butkan, BPBD dan pihak-pihak terkait turun meng­gunakan helikopter untuk mengambil potret udara titik-titik kantong air yang dapat menyebabkan ben­cana banjir bandang.

“Ada dua kecamatan yang kami pantau, yakni Lubuk Sikaping dan Panti. Kami menemukan sejumlah titik kantong air di dua kecamatan itu, yang diduga dapat me­nim­bulkan banjir dan tanah longsor. Nanti, hasil potret udara ini kami evaluasi dan analisis,” te­rangnya.

Inspeksi dari udara ter­se­but, kata M. Sayuti Pohan, nantinya akan dilanjutkan dengan membentuk tim untuk mengetahui titik atau kordinat kantong air. Nanti dapat disimpulkan apakah kantong air itu berpotensi terjadinya banjir. Analisis itu nantinya juga dapat me­m­­prediksi sebesar apa dam­pak yang ditimbulkan oleh bencana itu. 

Pengambilan potret ud­a­­ra itu, kata M. Sayuti Po­han, untuk memi­nima­lisir dampak bencana alam, se­perti banjir dan tanah long­sor. Oleh karena itu, pi­hak­nya memantau kan­tong air atau embung yang ada di wilayah perbukitan di dua kecamatan itu.

Saat memantau titik kan­tong air dari udara, tim gabungan tersebut juga me­lihat sejumlah titik hutan yang telah gundul.

Ia menambahkan, ber­dasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi pada Januari hingga bebe­rapa bulan ke depan.

Dengan kondisi demi­kian, semua pihak mesti mengambil tindakan antisi­pasi sejak dini untuk menghadapi bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Oktober 2018 - 11:09:19 WIB

    2019,Anggaran BPBD Meningkat Jadi Rp15 M

    2019,Anggaran BPBD Meningkat Jadi Rp15 M PADANG, HARIANHALUAN.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar telah menganggarkan sebesar Rp 15 miliar untuk biaya operasional pada 2019 mendatang. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan anggaran tahun ini,.
  • Jumat, 18 Mei 2018 - 10:38:04 WIB

    Gubernur Lantik Kalaksa, BPBD Sumbar Diminta Jaga Koordinasi

    Gubernur Lantik Kalaksa, BPBD Sumbar Diminta Jaga Koordinasi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Selain menjaga kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar diminta terus berkoordinasi intens dengan lembaga dan instansi terkait lain dalam hal kebencanaan. .
  • Sabtu, 30 September 2017 - 04:19:07 WIB

    BPBD Bukittinggi Berikan Pendidikan Kebencanaan

    BPBD Bukittinggi Berikan Pendidikan   Kebencanaan Bukittinggi, Haluan- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi menilai, pendidikan tentang kebencanaan sangat penting diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali bagi murid Sekolah Dasar (SD)..
  • Kamis, 14 September 2017 - 01:58:12 WIB

    BMKG dengan BPBD Pariaman Teken MoU

    BMKG dengan BPBD Pariaman Teken MoU PARIAMAN, HALUAN - BMKG Stasiun Padang Panjang dengan BPBD Kota Pariaman lakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) di Aula Balaikota, Rabu (13/7). MoU yang dilakukan itu terkait erat dengan pemanfaatan informasi ge.
  • Kamis, 06 Juli 2017 - 12:09:08 WIB

    Cuaca Berubah, BPBD Ajak Warga Waspada

    Cuaca Berubah, BPBD Ajak Warga Waspada PADANG, HARIANHALUAN.COM –Jelang Juli 2017, iklim di Sumbar biasanya sudah kering, tapi akan bergeser menjadi musim basah dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Hal ini terpantau dengan terbentuknya pola-pola siklonik .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM