Mekar Budaya Siap Kembangkan Seni Sawahlunto


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:20:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mekar Budaya Siap Kembangkan Seni Sawahlunto Salah satu atraksi Sanggar Kesenian Kuda Kepang Mekar Budaya dalam menyambut Tahun Baru 2016. (RIKI)

“Kendati baru berdiri sejak 7 November 2015 lalu,  saat ini sudah be­rang­gota­kan 50 orang, dan telah mengantongi akta notaries pendirian group ini, dan sudah didaftarkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sawahlunto,” sebut Mu­r­wanto pengasuh Kuda Ke­pang Mekar Budaya Dusun Karang Anyar Desa Santur Sawahlunto.

Kendati,  masih baru sebutnya lagi, kesenian ku­da kepang Mekar Budaya ingin tampil beda dengan group serupa yang telah terlebih dahulu berdiri.

Hal itu dapat dilihat dari sejumlah gerak tarian yang dilakukan dua kali yakni tarian pembuka, baringan, atraksi panjat kelapa serta atraksi beda yang lainnya dalam pementasan selain disajikan alunan gending atau musik gamelan, juga ditampilkan atraksi kuda kepang yang dibumbui aro­ma magic dimana para pe­main­nya mengalami “Tran­ce atau kesurupan”.

Setiap penampilannya lanjut Murwanto, Mekar Budaya mengadopsi ke­se­nian kuda kepang dari da­er­ah Banyumas Jawa Tengah, dengan menyampaikan un­sur cerita atau dongeng yang sarat dengan pesan moral bagi masyarakat.

“Untuk personil se­ba­gai­an kita memakai pemain lama atau yang pernah ter­ga­bung dengan group lain­nya, namun lebih banyak pemain baru termasuk Na­goyo (pe­main gamelan), yang ke­seluruhannya meru­pakan wajah baru,” terangnya.

Kedepan pihaknya be­r­harap, ada perhatian dari pemerintah kota untuk ke­ber­langsungan group ini. Selain itu,  ia juga ingin Mekar Budaya juga dapat tampil didalam acara acarea kegiatan kota dibawah Di­nas Pariwisata nan Kebu­dayaan, sehingga ma­sya­rakat lebih dapat mengenal group kesenian kuda kepang ini. (h/mg-rki)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Juli 2017 - 11:08:27 WIB

    Panitia Pemekaran Pasbar Utara Terbentuk

    Panitia Pemekaran Pasbar Utara Terbentuk PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Ratusan masyarakat dari setiap kecamatan se-Pasaman Barat Bagian Utara, hadiri sekaligus mengikuti pembentukan struktur pengurus panitia persiapan pemekaran Kabupaten Pasaman Barat bagian utara (Pas.
  • Ahad, 18 Juni 2017 - 20:23:04 WIB

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam AGAM,HARIANHALUAN.COM-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI ) Mulyadi merespon rencana pemekaran Kabupaten Agam dengan positif. Jika itu dirasa baik, dan sudah dinilai layak, maka ada baiknya pihak pihak yang memiliki kew.
  • Selasa, 13 Juni 2017 - 10:18:03 WIB

    Pemekaran Agam Dapat Dukungan

    PADANG, HALUAN - Wacana pemekaran Kabupaten Agam mendapat sambutan baik dari segenap masyarakat. Dukungan tak hanya dari kalangan pemuka adat, kalangan DPRD Agam, Pemkab Agam, tapi juga dari anggota DPRD Provinsi Sumbar dari .
  • Senin, 12 Juni 2017 - 09:40:32 WIB

    Pemekaran Agam Jadi Perhatian Anggota DPD

    Pemekaran Agam Jadi Perhatian Anggota DPD AGAM, HALUAN – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Dapil Sumbar, Leonardy Harmaini berjanji akan mengawal rencana Pemekaran Kabupaten Agam menjadi Kabupaten Agam Barat dan Agam Timur. Apalagi sesuai syarat pemekaran, .
  • Senin, 08 Mei 2017 - 11:08:02 WIB

    Rencana Pemekaran Agam Belum Tersosialisasi

    Rencana Pemekaran Agam Belum Tersosialisasi AGAM, HALUAN – Sosialisasi rencana pemekaran Kabupaten Agam perlu disebarluaskan, sehingga pembahasan tersebut tidak hanya pada tataran elit. Upaya ini hendaknya juga dipahami oleh seluruh elemen masyarakat sampai pada tata.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM