Dinkes Imbau Masyarakat Jangan Andalkan Fogging


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:16:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Fogging atau pengasapan, sebut Al Anshori Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Sawahlunto, bukanlah solusi dari pemberantasan daerah yang endemik kasus DBD, bahan kimia yang sebagai salah satu bahan untuk pengasapan, tidak baik untuk kesehatan masyarakat, bahkan nyamuk Aides Aegypti dewasa yang tidak ati ketika pengasapan, akan lebih tahan atau resistance terhadap

pengasapan selanjutnya.

“Fogging bukan jalan keluar memutus mata rantai perkembangan DBD, akan tetapi kesadaran warga untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dengan me­la­kukan Pemberantasan sarang nyamuk (PSM) Aides Aegypti serta melakukan langka 4 M plus yakni mengubur, menguras, menutup dan memantau serta memakai obat anti nyamuk,” sebutnya.

Pria yang sebelumnya menjabat Direktur RSUD Sawahlunto ini menambahkan, tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan DBD, bagi masyarakat yang terserang demam, demam menggigil dan ada bintik merah, sakit kepala dan lainnya agar sesegera mungkin memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan yang ada.

Kasi Pengendalian Lingkungan Sri Wareski Ismal juga mengingatkan, agar masyarakat menghindari kebiasaan menggantung pakaian di kamar, mem­perbaiki saluran dan talangan air, mengupayakan pencahayaan dan ventilasi yang memadai, menabur bubuk pembunuh jentik atau larvasida, memelihara ikan pemakan jentik seperti ikan cupang serta

menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti lavender, zodiac dan

bungai tahi ayam.

“Galakkan kembali, kegiatan goro membersihkan lingkungan termasuk rumah sendiri agar potensi tempat perindukan nyamuk Aides Aegypti yakni genangan air yang tidak kontak dengan tanah dengan menutup, dan menguras bak penampungan air, mengubur barang bekas yang bisa menampung  air, memantau indikasi jentik nyamuk serta memakai anti nyamuk bisa menjadi solusi untuk  mencegah dan memberantas penyebaran DBD,” ungkapnya. (h/mg-rki)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Juni 2017 - 19:33:36 WIB

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat beberapa waktu lalu sempat geger dengan terbongkarnya pesta seks antara laki-laki dengan laki-laki atau yang disebut pasangan gay di Jakarta. Ternyata pesta yang sama juga pernah ter.
  • Rabu, 31 Mei 2017 - 12:19:30 WIB

    PKK-Dinkes Mentawai Sinergi Berantas TB

    MENTAWAI, HALUAN–Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai akan bersinergi mengentaskan penyakit Tubercolocis (TB) di Kepulauan Mentawai, dimana penyakit.
  • Rabu, 26 April 2017 - 09:49:07 WIB

    Dinkes Pasaman Gelar Pemeriksaan IVA Gratis

    PASAMAN, HALUAN - Deteksi dini gejala kanker serviks (kanker rahim), Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman gelar pemeriksaan Insveksi Visual Asam Asetat atau biasa dikenal IVA tes bagi 3.000 Ibu Rumah Tangga (IRT) di daerah itu. .
  • Jumat, 16 September 2016 - 02:42:13 WIB

    Dinkes Tingkatkan Pengawasan Peredaran Obat Palsu

    PASAMAN, HALUAN — Untuk meng­antisipasi peredaran obat palsu dan kadaluarsa, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mulai meningkatkan pengawasan peredaran obat kesejumlah Apotek yang ada..
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 03:42:17 WIB

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah PARIAMAN, HALUAN — Dinas Kesehatan Kota Pariaman dalam waktu dekatakan me­lakukan penjaringan dan pem­binaan kesehatan anak usia sekolah. Untuk itu, Selasa, (26/7), 20 orang tenaga Promkes dari 7 puskesmas di Kota Paria­.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM