Tak Ada Jaminan Riau Bebas Karhutla


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:02:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kalau jaminan, kita tak tahu siapa yang bisa jamin, mudah-mudahanlah,” kata Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu dalam ke­gia­tan Refleksi tahun 2015 dan Pemantapan Kerja Tahun 2016 di Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Kamis.

Meskipun begitu, dia me­ngatakan bahwa saat ini pihak­nya persiapan untuk pen­cegahan karhutla tetap ja­lan terus. Terlebih lagi Badan Metereologi, Klima­tologi dan Geofisika sudah mem­prediksikan bahwa Ja­nuari sudah mulai panas di Riau.

Salah satu persiapan, lanjut dia, adalah dengan Peraturan Gubernur no. 5 tahun 2015 tentang rencana aksi karhutla untuk semua pemangku kepentingan. Ter­masuk untuk kabupaten/kota dengan berkoordinasi terus menerus. 

Dia lebih lanjut mene­gas­kan bahwa dengan pihak Ke­mentrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ri­au sudah melakukan berba­gai diskusi. Selain itu juga dengan pihak perkebunan sudah diingatkan lagi ter­kait karhutla. 

“Upaya yang dilakukan adalah dengan upaya mem­buat sekat kanal, pembinaan desa-desa oleh perusahaan melalui dana tanggungjawab sosial, dan pemantapan satuan terkait,” urainya.

Untuk 2016, lanjut dia, persiapan anggaran telah ditetapkan jumlahnya seni­lai Rp132 miliar yang terse­bar di beberapa satuan ter­kait. Diantaranya dinas perkebu­nan, kehutanan, kesehatan, sosial, Badan Penang­gula­ngan Bencana daerah, dan Badan Lingku­ngan Hidup.

“Dan juga bantuan keua­ngan ke kabupaten/kota khu­sus untuk persiapan kar­hutla Rp77,3 miliar. Me­ngenai penegakan hukum tetap berjalan terus, itu do­mainnya di kepolisian dan kejaksanaan,” jelasnya. (hr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:24:11 WIB

    Hasil Kerja Pansus Lahan DPRD Riau tak Ditanggapi

    PEKANBARU, Haluan — Komisi A DPRD Riau mengaku kecewa dan menyayangkan sikap aparat penegak hukum di Bumi Lancang Kuning. Hal itu terkait sikap aparat tersebut yang terkesan tidak menanggapi hasil kerja Panitia Khusus Monit.
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:11:36 WIB

    164 Tempat Hiburan Dumai Tak Berizin

    DUMAI, HALUAN – Sekitar 164 tempat usaha atau tempat hiburan di Kota Dumai, Provinsi Riau, seperti gelanggan permainan (gelper), biliar, salon, wisma, panti pijat, kara­oke dan warnet tidak mengantongi izin usaha..
  • Jumat, 23 September 2016 - 02:23:26 WIB

    PPNS Disperindag Bintan Temukan Produk Tak SNI

    BINTAN, HALUAN — Penyidik Pega­wai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Dispe­rindag) Bintan, Setia Kurniawan kaget melihat banyaknya produk eletronik yang tak memiliki label Standar Nasional Indone.
  • Selasa, 13 September 2016 - 02:30:58 WIB

    Gubri Takbir dan Salat Id Pertama di Meranti

    Gubri Takbir dan Salat Id Pertama di Meranti SELATPANJANG, HALUAN — Gubernur Riau, Arsyadjuliand Rachman ikut merayakan Pawai Takbir Idul Adha 1437 H bersa­ma masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, Minggu (11/9) malam..
  • Sabtu, 10 September 2016 - 02:46:55 WIB

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki TEMBILAHAN, HALUAN — Dermaga Pelabuhan Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Tem­bilahan roboh, sejak dua bulan lalu hingga kini belum kunjung diperbaiki Pemkab Inhil. Kondisi ini, tentunya menyulitkan akses transportasi warga.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM