Ibu Bekerja Tetap Bisa Beri ASI Ekslusif


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:00:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ibu Bekerja Tetap Bisa Beri ASI Ekslusif

Padahal pemerintah da­lam undang-undang perbu­ruhan telah memberikan hak kepada ibu menyusui mendapatkan kesempatan dalam memberikan asi.

Meskipun demikian ba­gi ibu yang bekerja mem­berikan asi ekslusif pada anaknya dinilai masih ku­rang optimal dengan bebe­rapa hal salah satunya ke­bijakan perusahaan dalam memberikan waktu cuti yang terlalu pendek, ku­rangnya dukungan dari tem­pat kerja untuk memerah asi dan tidak di sediakannya ruangan khusus untuk me­merah asi. Sebaiknya ibu yang sedang menyusui mem­­punyai trik khusus sehingga sukses mem­be­rikan asi meskipun sibuk di kantor.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pelajari sukses dalam memberikan asi pada anak anda mes­kipun sibuk dengan peker­jaan kantor :

1. Persiapkan diri sebelum masuk kerja

Pasca melahirkan anda dapat menyusun jadwal da­lam mempersiapkan pem­berian asi ekslusif meskipun anda akan di sibukkan de­ngan uru­san kantor anda. Pada saat masa nifas anda dapat mem­berikan kesem­patan bayi anda untuk men­dapatkan asi langsung tanpa menggunakan botol susu atau empeng. Selain itu persi­apkan diri anda de­ngan melakukan relaksasi selama 10-15 menit sebelum mela­kukan memerah asi. Hal terpenting selanjutnya ada­lah mencukupi kebutuhan gizi dan menghindari stres se­hingga tidak mengganggu asi untuk kebutuhan bayi anda.

2.  Melatih Kemam­puan Memerah Asi

Anda dapat melatih diri anda untuk memerah asi dengan menggunakan ta­ngan atau pompa manual atau pula menggunakan pompa elektrik. Latihan ini dapat dilakukan dimulai pada saat asi keluar pertama kalinya dan asi terasa penuh. Kemudian biasakan untuk menetapkan jadwal me­merah asi ,umum dilakukan pada saat 3-4 jam yang dibe­kukan untuk persediaan mulai anda bekerja.

3. Hindari Stres saat memulai pekerjaan anda

Untuk sukses mem­be­rikan asi sebaiknya anda sangat memperhatikan asu­pan makanan anda, luang­kan waktu untuk mengkon­sumsi makanan yang bergizi ketika anda bekerja. Ma­kanan yang bergizi akan menambah kualitas asi an­da. Selanjutnya adalah hin­dari stres karena beban fisik dan mental akan meng­ham­bat asi sehingga kuantitas menjadi terganggu.

4. Sempatkan waktu anda untuk menyusui langsung

Sebelum anda berangkat bekerja luangkan waktu anda untuk menyusui lang­sung pada anak anda, de­ngan demikian ikatan batin masih tetap terjalin antara anda dan anak anda mes­kipun anda sibuk bekerja. Waktu yang tepat untuk memberikan asi langsung pada anak anda adalah ke­tika akan berangkat bekerja, pulang bekerja dan ketika bayi anda akan tidur.

5. Mempersiapkan Persediaan Asi perah

Gunakan waktu is­ti­ra­hat anda untuk memerah asi sehingga persediaan anda tidak kehabisan untuk men­cukupi kebutuhan bayi an­da. Siapkan persedian asi dilemari es selama anda sedang bekerja. Sehingga penting untuk dapat men­jadwalkan waktu memerah asi yang tepat dalam me­merah asi setiap 3 jam se­kali, siapkan peralatan yang anda butuhkan untuk memerah asi ketika sedang berada di kantor. (h/bdk)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 16 September 2016 - 22:57:13 WIB

    Kasihan, 350 Ribu Keluarga di Sumbar Belum Punya Rumah

    Kasihan, 350 Ribu Keluarga di Sumbar Belum Punya Rumah Apersi memiliki rencana membangun 1.283 rumah, REI 1.139 rumah, Bank Nagari 175 rumah, dan BTN 2.200 rumah. Realisasinya hingga semester 1 tahun ini, Apersi 348 rumah, REI 121 rumah, Bank Nagari 175 rumah, dan BTN 1.050 rumah.
  • Rabu, 16 Desember 2015 - 03:27:43 WIB

    Liburan Hemat dan Menyenangkan

    Liburan Hemat dan Menyenangkan Pastinya liburan yang kerap kali ada di pikiran kita adalah destinasi-destinasi yang jauh dari tempat ting­gal bahkan luar negeri untuk menikmati alam yang asri dan indah. Yang pasti ber­beda dari apa yang sering kita lihat.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM