Pencurian di Bagasi Pesawat Sistematis


Senin, 04 Januari 2016 - 03:31:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pencurian di Bagasi Pesawat Sistematis Laptop memutar rekaman CCTV milik PT Angkasa Pura II bulan November 2015 yang menunjukkan oknum porter melakukan pembobolan tas penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (3/1). (ANTARA)

Berawal dari adanya pen­curian yang dilakukan pada 16 November 2015, petugas Polres Bandara Soekarno-Hatta yang men­dapati laporan secara diam-diam melakukan penelu­suran pencurian tersebut.

Namun, pada Sabtu 2 Januari 2016 malam, petu­gas akhirnya berhasil me­nyaksikan langsung mata rantai sindikat tersebut. Pencurian itu pun terekam kamera tersembunyi atau CCTV yang dipasang oleh pengelola bandara yakni PT Angkasa Pura II.

Empat orang tersangka, masing-masing berinisial A, A, M dan S berhasil di­tangkap. Namun, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Roycke Harry La­ngie meminta kepada warta­wan untuk bersabar karena pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Kami masih melakukan pe­nye­lidikan lebih lanjut,” ujar Kapolres, Minggu (3/1/2016).

Dalam rekaman CCTV terse­but terlihat keempat oknum porter Lion Air itu dengan bebas­nya membuka tas dan koper penumpang untuk mencari ba­rang berharga. Salah seorang tersangka berinisial S mengaku terpaksa mencuri karena sudah menjadi tradisi yang turun temu­run dilakukan oleh pekerja por­ter Lion Air.

Dia mengaku, justru ditekan senior jika tidak sampai mencuri. “Saya awalnya enggak mau men­curi, tetapi saya malah diancam akan dipukul dan digebukin, akhirnya ya saya ikutin. Katanya ini kan hasilnya buat sama-sa­ma,” ujar S kepada wartawan dihadapan petugas polisi.

Adapun aksi pencurian dila­ku­kan sebelum barang-barang penumpang dimasukan ke dalam bagasi pesawat. “Ini saya sudah kerja dari 2014. Saya porternya Lion Air,” terang S.

Humas Lion Air Andy Sala­din mengaku belum mengetahui secara detail jumlah karyawannya yang diduga terlibat dalam sin­dikat pencurian bagasi pesawat. Namun pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian.

“Jika ada laporan kehilangan barang maka akan kami tindak lanjuti yang bekerja sama dengan petugas keamanan terkait, dalam hal ini kepolisian dari polres bandara. Apabila ada yang ter­tangkap, maka akan ditindak­lanjuti dari maskapai,” kata Andy kepada merdeka.com, Minggu (3/1).

Andy menegaskan, jika ada karyawannya yang terbukti terli­bat kasus ini, sudah dipastikan sanksi yang diberikan adalah pemecatan. “Sekarang kami belum dapat datanya. Kami su­dah dengar ada orang Lion Air yang terlibat. Kalau terbukti sanksinya akan kami keluarkan,” imbuhnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP) Budi Karya Sumadi menegaskan, siap meng­klarifi­kasi kejadian pencurian bagasi penumpang pesawat Lion Air.

“Iya saya harus klarifikasi, itu memang tanggung jawab dari airlines,” kata Budi. (kcm/mdkc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM