DBD, Sudah 6 Orang Meninggal di Dharmasraya


Senin, 04 Januari 2016 - 03:30:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, drg.Hj.Erina,MKM, dari enam orang meninggal, dua orang dipastikan akibat DBD, sedangkan empat orang lainnya belum sempat dilakukan pemeriksaan lengkap sudah terlebih dahulu meninggal dunia.

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Kesehatan, seperti sosialisasi kebersihan lingkungan, melakukan penyemprotan atau fogging di 26  titik yaitu 2 titik di Nagari Koto Gadang, 2 titik di Nagari Koto Tinggi, 5 titik di Nagari Sungai Kambut, 3 titik di Nagari Ampek Koto, 3 titik di Nagari Sungai Dareh, 2 titik di Nagari Marga Makmur, 2 titik di Nagari Gunung Medan, 2 titik di Nagari Koto Baru, 3 titik di Sialang dan 2 titik di Timpeh.

Namun kata dokter gigi ini, fogging tidak menyele­saika­n masalah, yang paling penting adalah membe­rantas perindukan nyamuk dengan istilah 3 M, artinya meski dilakukan pengasapan, tetapi tempat berkembang biak­nya nyamuk tidak diberantas, maka nyamuk yang mematikan itu akan terus berkembang biak.

Jadi katanya, sebelum dilaku­kan fogging, sebaiknya warga masyarakat melakukan gotong royong pembersihan lingkungan terutama membersihkan gena­ngan air seperti menimbun ka­leng kaleng atau membersihkan tempat genangan air.

Menurut Dinkes Dharmas­raya, kasus DBD menyebar ham­pir di seluruh kecamatan di Dharmasraya.

Untuk itu ia minta warga masyarakat terutama pe­rangkat nagari dan jorong lebih pro aktif untuk memberitahukan warga masyarakat agar terus member­sihkan lingkungan ter­utama genagan air. (h/mdi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM