Pertamax dan Pertalite Turun


Senin, 04 Januari 2016 - 03:28:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Direktur Pemasaran dan Nia­ga Pertamina Ahmad Bambang menjelaskan, penurunan harga dua jenis BBM tersebut disebab­kan penurunan rata-rata harga RON 92 di pasar dunia, dan pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

“Pertamax dari Rp 8.650 per liter menjadi Rp 8.450 per li­ter. Pertalite turun dari Rp 8.200 per liter menjadi Rp 7.950 per liter,” kata Ahmad, Minggu (3/1/2016).

Harga baru ini berlaku mulai 5 Januari 2016. Selain Pertamax dan Pertalite, Ahmad mengata­kan produk-produk BBM jenis lainnya juga turun antara Rp 200 – Rp 250 per liter.

Sebagaimana diketahui, pe­me­rintah juga telah menyepakati penurunan harga BBM jenis Premium dan Solar, yang mulai berlaku 5 Januari 2016.

Premium turun dari Rp 7.300 menjadi Rp 6.950 per liter. Jika pungutan Dana Ketahanan Energi disepakati, maka harga jual Premium ditambah Rp 200 menjadi Rp 7.150 per liter.

Sementara itu harga solar turun dari Rp 6.700 menjadi Rp 5.650 per liter. Apabila pungutan Dana Ketahanan Energi disepa­kati, maka harga solar ditambah Rp 300 menjadi Rp 5.950 per liter.

Tunda Pungutan DKE

Wakil Ketua Komisi VII DPR, Satya W Yudha mengata­kan, kebijakan Menteri ESDM Sudirman Said terkait pungutan Dana Ketahanan Energi (DKE) yang diambil dari penjualan harga bahan bakar minyak jenis pre­miun dan solar sebaiknya ditunda.

“Saya ýmenyarankan dana ketahanan energi ditunda hingga masa pembahasan APBN-P yang dilaksanakan tidak lama dari sekarang,” kata Satya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (2/1/2016).

Politikus partai Golkar itu menuturkan, ýpihaknya akan segera memanggil Menteri ESDM setelah DPR selesai reses.

Rencananya, pada 12 Januari 2016 pihaknya akan memanggil Sudirman Said untuk menje­laskan dana ketahanan energi.

Masih kata Satya, ýdalam pasal 29 dan 30 UU Energi tidak secara eksplisit mencantumkan mekanisme pemungutan dana energi dari masyarakat.

Yang ada, kata Satya adalah mendanai pengembangan energi baru dan terbarukan dari uang yang dihasilkan dari sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui dalam hal ini adalah minyak dan gas alam.

“Kita mendanai dari migas untuk penelitian dan pengem­bangan energi terebarukan. Jadi bukan memungut dari masya­rakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri ESDM, Sudirman Said mengumumkan adanya pungutan dana untuk ketahanan energi pada penu­runan harga BBM jenis Premium dan Solar. (kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 05:22:13 WIB

    Harga Pertamax Turun Mulai Hari Ini

    Harga Pertamax Turun Mulai Hari Ini PADANG, HALUAN — Menjelang hari Kemerdekaan RI yang ke-71 tahun, Pertamina memberikan kabar gembira dengan menurunkan harga BBM jenis Pertamax. Terhitung hari ini, Senin (15/8), Pertamina menurunkan harga Pertamax di Sumate.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM