BMKG: 2016, Iklim di Indonesia Normal


Senin, 04 Januari 2016 - 03:20:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala Pusat Iklim, Ag­ro­klimat dan Iklim Maritim BMKG, Nurhayati men­jelaskan kondisi iklim yang akan dialami di Indonesia pada 2016 terutama selama enam bulan ke depan. 

“Sebenarnya kita masih berada dalam masa el nino tapi ini sudah mulai me­luruh, Januari sudah mulai turun kondisi el nino ter­sebut,” ujarnya ke­pa­da Re­publika.co.id, Ahad (3/1). 

Hal ini terbukti dengan banyaknya wilayah yang sudah mengalami musim penghujan pada awal tahun ini. Ia berpendapat, mulai Februari hingga Maret ke­mung­kinan besar el nino akan terjadi kembali. 

Hanya saja dampak ini tidak akan menyeluruh di Indonesia. Wilayah-wilayah yang hanya berada di ekuator atas yang mengalaminya. Misalnya Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau bagian utara. 

“Wilayah-wilayah ini ke­mungkinan akan me­ng­ala­mi musim kering pada Februari dan Maret,” katanya. 

Daerah-daerah ini juga tidak akan mengalami el nino yang lama. Hal ini karena pada April hingga Mei akan berada pada iklim basah kembali. Me­nurut­nya, Indonesia memang tetap akan menghadapi el nino. Namun dampak mu­sim ini tidak terlalu besar terhadap lingkungan di Indonesia. 

Penyebabnya, kata dia, karena sistem anginya sudah beralih ke arah baratan. Kon­disi ini jelas men­ye­babkan angin membawa uap air yang basah. Di samping itu, Nur­hayati me­nam­bah­kan, suhu permukaan laut di hampir seluruh Indonesia selama enam bulan ke depan berada dalam kondisi ha­ngat. Hal-hal ini dinilai sudah cukup untuk potensi penguapan.

“Musim kemarau pada 2016 akan berjalan normal, tidak akan kering sekali,” tegasnya.

Menurutnya, el nino pada 2016 tidak akan se­pa­rah pada tahun lalu. Meksi begitu pihaknya akan terus memantau dan mem­per­barui deteksi cuaca dan iklim selama 2016. 

Sebelumnya, Nurhayati menjelaskan, Indonesia te­lah mengalami el ni­no pa­rah sepanjang 2015. Seluruh da­erah Indonesia harus me­nga­lami el nino yang kering sekali dan ber­lang­sung sangat lama. Sehingga, tambah dia, banyak daerah yang harus kekeringan air. (h/rol)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM