Eksekusi Mati Ulama Syiah

Massa Bakar Kedutaan Saudi di Iran


Senin, 04 Januari 2016 - 03:19:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Bahkan Ayatollah Ah­mad Khatami, ulama yang dekat dengan pe­me­rint­ah Iran tersebut, mem­per­kira­kan reaksi atas eksekusi itu akan mendatangkan ke­jatuhan bagi keluarga pe­ngua­sa Saudi.

Otoritas Saudi telah mengeksekusi 47 orang atas dakwaan terorisme, ter­masuk ulama terkemuka Syiah, Nimr al-Nimr, yang dituduh sebagai penggerak aksi-aksi demo anti­pe­me­rintah.

Dalam wawancara de­ngan kantor berita Mehr, seperti dilansir kantor be­rita Reuters, Sabtu (2/1/2016), Khatami men­cetus­kan, eksekusi Nimr men­cer­minkan sifat “jahat” ke­luar­ga penguasa Saudi.

Khatami mengatakan, eksekusi tersebut akan me­micu aksi pembalasan yang akan membuat para p­engu­asa Saudi “terhapus dari halaman sejarah”.

Dalam statemennya se­perti diberitakan kantor berita resmi Sa­udi, SPA dan di­lan­sir AFP, Sabtu (2/1), Kemen­terian Dalam Negeri Saudi menyatakan, 47 orang yang dieksekusi mati itu terbukti mengadopsi ideo­logi radikal “takfiri”, ber­ga­bung dengan organisasi-orga­nisasi teroris dan mela­ku­kan berbagai plot kejahatan.

Kementerian Dalam Ne­geri Saudi menyatakan, mereka dieksekusi hari Sabtu di 12 kota berbeda di Saudi. 

Kedubes Diserang

Massa yang marah mem­bakar kedutaan Arab Saudi di Teheran pada Sabtu (2/1) dan menyerbu bangunan itu sebelum akhirnya dib­ubar­kan polisi. 

Kantor be­rita IS­NA me­la­por­kan, massa me­lan­carkan protes terkait eksekusi mati ter­hadap se­ora­ng ulama Sy­iah, Syeik Nimr al-Nimr, di Arab Saudi.

Sementara itu di Mas­h­had, kota terbesar kedua Iran, para demonstran me­m­bakar konsulat Saudi, lapor sejumlah situs berita.

Serangkaian insiden ter­sebut terjadi beberapa jam setelah pengumuman ke­matian ulama berusia 56 tahun itu, yang merupakan tokoh kunci dalam protes anti-pemerintah di kerajaan Saudi sejak tahun 2011.

Eksekusi terhadap Syeik Nimr al-Nimr memicu ke­ca­man keras dari Iran dan Irak yang penduduknya ma­yoritas Syiah.

“Ada berkobar di dalam kedutaan ... para de­monstran mampu masuk ke dalam tetapi (kemudian) diusir,” lapor ISNA.

“Api telah membakar bagian dalam kedutaan,” kata seorang saksi mata kepada kantor berita AFP. “Polisi ada di mana-mana dan telah membubarkan para de­mons­tran, beberapa di antaranya telah ditangkap.”

Sejumlah pengunjuk ra­sa sempat memanjat ke atap gedung kedutaan sebelum mereka dipaksa pergi, kata laporan ISNA.

Sejumlah situs berita memasang foto-foto para demonstran yang men­ceng­keram bendera Saudi, yang telah ditarik turun.

Media Iran mengutip Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Hossein Jaber Ansari, saat meminta polisi untuk “melindungi misi diplomatik Arab Saudi di Teheran dan Mashhad ... dan mencegah demonstrasi di depan dua lokasi itu.”

Nimr, yang meng­ha­bis­kan lebih dari satu dekade belajar teologi di Iran, ter­masuk di antara 47 orang Syiah dan Sunni yang di­ek­sekusi pada hari Sabtu atas tuduhan terorisme.

Iran yang mayoritas Syi­ah, yang merupakan musuh lama Saudi, mengatakan dalam reaksi terkait ek­se­kusi Nimr bahwa “pe­me­rintah Saudi mendukung gerakan teroris dan ekstre­mis, serta menghadapi para kritikus di dalam negeri dengan penindasan dan ek­sekusi.”

Saudi akan “membayar harga yang mahal karena menerapkan kebijakan itu,” kata Jaber Ansari sebelum serangan itu terjadi. (h/dtc/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 03:06:33 WIB
    KEKEJAMAN ISIS KEMBALI TERKUAK

    15.000 Jasad Dipendam di 72 Kuburan Massal

    15.000 Jasad Dipendam di 72 Kuburan Massal IRAK, HALUAN — Ke­pulan asap pekat, sisa-sisa api, dan suara tembakan yang menggema mengelilingi le­laki itu. Selama berjam-jam, lelaki muda itu hanya bisa me­ringkuk di dalam sungai. Sementara, sayup sayup ter­dengar s.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 07:23:48 WIB
    Kudeta Gagal

    Turki Lakukan Penangkapan Massal

    Turki Lakukan Penangkapan Massal ANKARA, HALUAN — Otoritas Turki melakukan penangkapan massal usai percobaan kudeta di negeri itu. Sebanyak 7.850 per­sonel polisi di seluruh Turki dipe­cat, 103 jenderal dan laksamana ditahan. Langkah Turki ini me­nimbul.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM