Ingin Swasembada Pangan 2017

Anggaran untuk Irigasi Menyusut Tajam


Senin, 04 Januari 2016 - 03:18:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Jika dibandingkan tahun 2015 mencapai Rp17 mi­liar, sedangkan tahun 2016 ini hanya Rp 7 miliar.

Untuk mewujudkan swa­sembada pangan per­baikan irigasi juga hal yang penting. Untuk itu, Pemko mencoba melihat irigasi yang pantas diperbaiki ter­lebih dahulu.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispernak­bun­hut) Dian Fakri menga­takan, terkait irigasi pihak­nya akan melihat dari usu­lan Musrenbang Kelurahan Pisang.

Dian berharap ke depan mendapat tambahan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sebab jika diambilkan dari APBD, masih akan belum tertampung.

“Anggaran Disper­nak­bunhut mengalami penyu­su­tan dibanding tahun lalu. Pada tahun 2015 mendapat anggaran Rp 17 miliar, sedangkan pada 2016 ini hanya Rp 7 miliar saja. Kita berharap warga bersabar menunggu DAK,” ujarnya.

Sementara usaha yang dilakukan untuk mewu­jud­kan swasembada pangan adalah memperbaiki irigasi, optimalisasi lahan, mem­berikan pembibitan, dan membantu peralatan per­tan­ian.

“Perbaikan irigasi meru­pakan upaya peningkatan produksi pangan di Padang pada masa mendatang, serta memberikan motivasi ter­hadap petani,” katanya.

Ia menjelaskan, Padang tahun ini melakukan Re­habilitasi Jaringan Irigasi (RJI) seluas 1.000 Ha de­ngan nilai Rp 1,1 miliar untuk 40 kelompok tani. Kemudian optimalisasi la­han seluas 500 hektare me­ lalui APBN dari Kemen­terian Pertanian Rp 600 juta yang diperuntukkan bagi 22 kelompok tani. (h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 21 November 2018 - 10:45:41 WIB

    Wakil Rakyat Padang Kunker ke Jepang, Anggaran per Orang Rp53 Juta Lebih

    Wakil Rakyat Padang Kunker ke Jepang, Anggaran per Orang Rp53 Juta Lebih PADANG, HARIANHALUAN.COM – Empat wakil rakyat dan satu staf sekretariat DPRD Padang bakal bertolak ke Tsukuba, Jepang pada 26 November hingga 2 Desember mendatang dalam rangka kunjungan kerja (kunker). Selain itu, Sekda Kot.
  • Sabtu, 16 September 2017 - 19:09:35 WIB

    Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong!

    Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong! Kuncinya, terpenting, niat dalam membangun itu lurus. Tidak melenceng ke tujuan lain. Seperti tujuan pencitraan semata, hanya ingin sekadar show, atau biar dianggap merakyat. Kalau ingin membangun, ya bangun. Jangan pula menu.
  • Rabu, 18 Januari 2017 - 11:23:34 WIB

    Di Padang, Anggaran Betonisasi Jalan Komplek Capai Rp42 Miliar

    PADANG, HALUAN—Saat ini pekerjaan betonisasi jalan tidak lagi berada dibawah Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Namun ditangani oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKP2) Kota Padang.
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:22:39 WIB
    GUBERNUR SARANKAN RASIONALISASI

    Anggaran Padang Defisit Rp100 Miliar

    Padang, Haluan—Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang tahun 2017 mengalami pengurangan hingga Rp100 miliar lebih. .
  • Rabu, 14 Desember 2016 - 01:29:40 WIB
    PARKIR BERLAPIS DI DEPAN POLRES

    Dishub Segera Tindak Pelanggaran

    PADANG, HALUAN — Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Padang Dedi Henidal, menyampaikan bahwa parkir di delan Kantor Polresta Padang hanya diperbolehkan satu lapis saja. Namun pada kenyataannya, parkir te.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM