Waktunya Sangat Singkat

Pemprov Tak Ajukan Nama Pj Bupati Limapuluh Kota


Senin, 04 Januari 2016 - 03:06:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala Biro Peme­rin­tahan Setdaprov Sumbar Mardi dihubungi Haluan Minggu (3/1) menuturkan memang tidak akan menga­jukan lagi usulan Pj untuk Kabupaten Limapuluh Ko­ta karena permasalahan waktu yang sangat singkat untuk melakukan pelan­tikan Pj. Sementara untuk usulan Pj Kabupaten Agam yang telah dilakukan semen­jak tahun lalu belum dikem­balikan dalam Surat Kepu­tusan (SK) Kemendagri  hingga saat ini.

“Rasanya sia-sia saja dilakukan pelantikan Pj karena dalam rencana Ke­mendagri Januari juga akan dilakukan pelantikan calon Kepala Daerah ter­pilih. Tidak mungkin juga kita tetapkan Pj, dua hari di­usulkan langsung diganti kepala daerah defenitif, apa gunanya,” terang Mardi.

Sementara kata Mardi hingga saat ini belum ada kepastian kapan SK pene­tapan Pj Bupati Agam diki­rim kembali oleh Kemen­dagri. Lebih lanjut Mardi menilai kebijakan untuk tidak mengusulkan Pj Bupa­ti Limapuluh Kota  tidak menyalahi aturan. Karena berdasar Peraturan Peme­rin­tah (PP) Nomor 49 Ten­tang Perubahan Ketiga PP 6-2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, Dan Pemberhentian Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah.

“Jadi tidak ada aturan yang dilanggar dalam hal ini. Sekarang kita tunggu saja apa kata Gubernur,” terangnya.

Pamong senior Rusdi Lubis menilai langkah yang dilakukan Pemprov Sumbar untuk tidak mengusulkan Pj untuk Limapuluh Kota ti­dak menyalahi aturan. Ka­lau memang kondisi saat ini tidak ada lagi permasalahan yang urgensi maka baiknya menunggu dilantik calon Kepala Daerah terpilih.

“Waktunya juga singkat kalau memang Kepala Da­erah akan dilantik Januari ini. Jadi, bagusnya memang menunggu pelantikan terse­but tanpa mengusulkan Pj,” ucapnya.

Tapi kalau seandainya pelantikan baru akan dila­kukan Maret atau Juni men­­datang baru di­bu­tuh­kan adanya Pj di daerah terse­but. “Sekarang juga tidak ada persoalan yang urgen seperti Pilkada atau pene­tapan APBD. Jadi, cukup Plh hingga dilantik Kepala Daerah,” paparnya. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 November 2018 - 19:52:26 WIB

    Upah Pungut Rp11,4 Miliar Pemprov Sumbar Tuai Sorotan

    Upah Pungut Rp11,4 Miliar Pemprov Sumbar Tuai Sorotan Hefrizal Handra menyebutkan, sejatinya apa dilakukan Pemprov Sumbar tersebut tidak melanggar aturan (sepanjang pemprov yang melakukan pemungutan). Pemprov berhak menarik upah pungut dari penerimaan pajak. Akan tetapi, hal itu.
  • Jumat, 22 Juni 2018 - 10:13:27 WIB

    Setelah Libur Panjang, 22 ASN Pemprov Bolos Kerja

    Setelah Libur Panjang, 22 ASN Pemprov Bolos Kerja PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dari 4.396 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, terdata 22 orang ASN tidak hadir tanpa memberi keterangan pada hari pertama kerja pascalibur lebaran..
  • Rabu, 16 Mei 2018 - 10:15:16 WIB

    Hari Ini Penerbangan Terakhir Padang-Singapura, AirAsia Tolak Opsi Pemprov Sumbar

    Hari Ini Penerbangan Terakhir Padang-Singapura, AirAsia Tolak Opsi Pemprov Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – AirAsia Indonesia gigih pada pendirian menutup layanan penerbangan rute Padang-Singapura. Sesuai jadwal, hari ini (16/5) menjadi hari terakhir rute tersebut beroperasi. Artinya, Pemprov Sumbar gag.
  • Kamis, 19 April 2018 - 11:04:46 WIB

    Pemprov Sumbar Jangan Selalu Kejar Pajak

    Pemprov Sumbar Jangan Selalu Kejar Pajak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Supardi mengimbau dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemprov Sumbar jangan selalu mengejar pajak. Baik itu dengan cara menaikkan pajak kendaraan, p.
  • Rabu, 04 April 2018 - 09:03:38 WIB

    Pemprov Sediakan Lahan untuk Pembangunan Lapas di Mentawai

    Pemprov Sediakan Lahan untuk Pembangunan Lapas di Mentawai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan menyediakan lahan untuk mendukung kebutuhan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Kepulauan Mentawai oleh Kementerian Hukum dan Ha.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM