Ketua KPU Dharmasraya Dipecat


Senin, 04 Januari 2016 - 03:06:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dengan memposting ka­ta- kata lewat akun FB nya, mantan Ketua Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Dhar­­­masraya Kasasi, diber­hen­tikan oleh  Dewan Ke­hormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), pada  22 Desember 2015.

Pemberhentian Kasasi seba­gai Ketua KPU,  serta anggota KPUD Dhar­mas­raya oleh DKPP, atas aduan Komisoner Panwaslu Dhar­masraya, Mardis.

Karena terbukti,  telah melakukan pelanggaran ko­de etik yang akhirnya teradu Kasasi diberhentikan serta tidak dapat menjadi pe­nyelenggara Pemilu, baik sebagai anggota KPPS, PPK maupun PPS yang ada diting­kat nagari dan jorong.

Putusan disampaikan oleh DKPP melalui surat putusanya, DKPP Nomor 100/DKPP-PKE-IV, pada  22 Desember 2015.

Dalam salah satu pu­tusannya,”Menyatakan men­cabut hak teradu untuk diangkat / dipilih menjadi Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pilkada pada masa yang akan datang, serta Memerintahkan KPU Pro­vinsi Sumatera Barat untuk menindaklanjuti putusan ini paling lama 7 (tujuh) hari sejak Putusan dibaca­kan,” ungkap Komisioner KPUD Dharmasraya, Zainal Efen­di, kepada sejumlah awak media saat mem­bacakan hasil putusan DKPP ter­sebut di Pulau Punjung, beberapa hari lalu.

Mengenai  kekosongan salah satu komisioner ditu­buh KPU sejak  22 Desem­ber, Zainal Efendi menga­takan,  kewenangan siapa yang akan menjadi komi­sioner menggantikan Kasasi adalah hak dari KPU Pro­vinsi Sumbar.

“Untuk mengisi satu keko­songan komisioner , semuanya  hak dan kewe­nangan KPU Propinsi, de­ngan rentan wak­tu selama 7 hari setelah pu­tusan DKPP,” terangnya.

Namun, secara aturan, yang berhak mengisi keko­so­ngan adalah mereka yang pernah mengikuti tes untuk menjadi komisioner KPU dulu bersa­ma dengannya, artinya besar ke­mungkinan mereka yang lu­lus dan ma­suk dalam 10 besar.

Besar kemungkinan,  yang akan menjadi komisio­ner adalah mereka yang memiliki nomor urut diba­wah nomor urut 5 (lima), bisa jadi nomor urut 6 (enam) atau 7(tujuh),  yang jelas semua itu di­pu­tuskan oleh KPU Propinsi.(h/mdi/mg-bdl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 September 2018 - 20:38:35 WIB

    Sudah Dua Kali MUI Sumbar Minta Ma'ruf Mundur dari Ketua MUI Pusat

    Sudah Dua Kali  MUI Sumbar Minta Ma'ruf  Mundur dari  Ketua MUI Pusat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar mengatakan MUI Sumatera Barat telah dua kali mengirim surat ke MUI Pusat agar Ma'ruf Amin mundur dari jabatan Ketua Umum MUI..
  • Senin, 09 Juli 2018 - 12:49:15 WIB
    KOTA BUKITTINGGI PANEN PENGHARGAAN TINGKAT  NASIONAL

    Ketua  TP-PKK Raih Pakarti Madya, Walikota  Dianugerahi Manggala Karya Kencana 

    Ketua  TP-PKK Raih Pakarti Madya, Walikota  Dianugerahi Manggala Karya Kencana  BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM- Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias kembali  menerima penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Kali ini Wako menerima penghargaan Manggala Karya Kencana 2018. Tak hanya Wako, Ketua Tim .
  • Kamis, 17 Mei 2018 - 11:57:22 WIB

    Masalah Internal Kadin Sumbar, Dipimpin Pjs Ketua

    Masalah Internal Kadin Sumbar, Dipimpin Pjs Ketua PADANG, HARIANHALUAN.COM – Persoalan internal yang melilit Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar berujung penunjukan Sam Salam sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Ketua. Sementara Ketua Kadin Sumbar non-aktif Ramal Saleh dib.
  • Selasa, 15 Mei 2018 - 17:17:32 WIB

    Terima Penghargaan Pemuda Award, Ketua KNPI Pasbar : Pemuda Pelopor Kebangkitan Bangsa

    Terima Penghargaan Pemuda Award, Ketua KNPI Pasbar : Pemuda Pelopor Kebangkitan Bangsa PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia memberikan penghargaan Pemuda Award DPD KNPI Sumatera Barat (Sumbar) kepada Ketua DPD KNPI Pasaman Barat (Pasbar) Muhammad Guntara, kategori Ketua D.
  • Kamis, 05 April 2018 - 08:46:00 WIB
    SIMPOSIUM HASILKAN REKOMENDASI UNTUK PEMERINTAH

    Yenti Gunarsih Jabat Ketua Mahupiki

    Yenti Gunarsih Jabat Ketua Mahupiki PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pakar hukum dari Universitas Trisaksi Yenti Gurnasih, terpilih sebagai Ketua Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi (Mahupiki) periode 2018-2022, menggantikan Guru Besar Emeritus Universitas Padj.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM