Tutup Tahun 2015

Kapitalisasi Telkom Tembus Rp312,98 Triliun


Senin, 04 Januari 2016 - 03:01:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kapitalisasi pasar se­besar Rp312,98 triliun itu menjadi kado akhir tahun Telkom kepada para pe­megang saham,” kata Di­rektur Utama Telkom Alex J Sinaga di Jakarta, Kamis (31/12).

Menurut data Bloom­berg, harga saham Telkom pada penutupan tahun 2015, Rabu, (30/12) sebesar Rp­3.105 per lembar, naik tipis dari pembukaan sebesar Rp3.100 per lembar dengan jumlah saham yang diper­dagangkan sebanyak 40­.956.100 lembar.

Selama tahun 2015, sa­ham Telkom juga menjadi satu-satunya BUMN yang masuk dalam daftar “top gainer” di pasar saham.

Sementara li­ma BUMN yang mengalami pe­nurunan saham yaitu PT Pe­ru­sahaan Gas Ne­gara Tbk (PG­AS), PT Bank Man­diri Tbk (BM­RI), PT Se­men Gresik Tbk (SMGR), PT Ba­nk Negara Indo­nesia Tbk (BBNI) dan PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA). “Ini menunjukkan ke­percayaan in­vestor semakin meningkat ka­rena makro eko­nomi mem­baik dan serta didukung ki­ner­ja keuangan Tel­kom yang terus menjanjikan,” tegas Alex.

Ia mengha­rapkan pencapaian kinerja saham Telkom 2015 dapat berlanjut pada tahun 2016. “Telkom terus bertumbuh agar bisa membayar ke­percayaan yang diberikan oleh pemegang saham. Ta­hun depan (2016) kami terus berusaha lebih baik,” ka­tanya.

Kepala Riset Koneksi Capital Alfred Nainggolan memprediksi sektor tele­komunikasi masih akan po­sitif karena kebutuhan akan layanan tersebut masih akan sangat besar terutama de­ngan adanya inovasi pe­ngem­bangan jaringan 4G. “Prediksinya pertumbuhan Telkom tahun depan akan moderat sekitar 10 persen,” kata Alfred.

Sedangkan Managing Director Lembaga Ma­nage­ment Universitas Indonesia Toto Pranoto memprediksi dari 24 sektor yang digeluti BUMN, industri teleko­munikasi menjadi sektor yang dinilai memiliki daya saing lebih tinggi kala pasar bebas ASEAN dibuka. “Tel­kom cukup mampu bersaing dengan BUMN di Malaysia dan Singapura,” ujar Toto.

Pada 2014 aset Telkom sekitar 11,32 miliar dolar AS dengan total pelanggan men­capai lebih dari 140 juta pelanggan.

Saat ini sekitar 56 persen saham Telkom dimiliki Pemerintah RI, lebih tinggi dibandingkan kepemilikan saham pemerintah Si­nga­pura di Singtel (52 persen), serta pemerintah Malaysia di Axiata (38,7 persen) dan Telekom Malaysia (28,9 persen).  (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM