Masa Implementasi ATM Chip Diperpanjang


Senin, 04 Januari 2016 - 03:00:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Sejalan dengan peng­gunaan chip, BI juga mela­kukan peningkatan batas maksimum tarik tunai dan transfer untuk kartu ATM/Debit yang menggunakan chip.

Apabila sebelumnya pe­nye­lenggara kartu ATM/Debit wajib mengim­ple­men­tasikan teknologi chip dan PIN online 6 digit pada transaksi kartu ATM/Debit paling lambat tanggal 31 Desember 2015, maka di­per­panjang menjadi paling lambat 31 Desember 2021.

“Sementara itu, im­ple­mentasi PIN online 6 digit pada kartu ATM/Debit yang menggunakan teknologi mag­netic stripe diper­pan­jang menjadi paling lambat 30 Juni 2017,” kata Deputi Direktur Departemen Ko­munikasi BI Arbonas Huta­barat dalam keterangan res­mi, Sabtu (2/1).

Untuk Kartu ATM/De­bit yang sudah mengg­una­kan teknologi chip, Bank Indonesia menaikkan batas maksimum transaksi trans­fer antarbank menggunakan Kartu ATM melalui ter­minal ATM menjadi Rp 50 juta tiap rekening dalam satu hari.

Adapun batas mak­si­mum tarik tunai menggu­nakan Kartu ATM melalui terminal ATM menjadi Rp 15 juta tiap rekening dalam satu hari.

Ketentuan ini berlaku terhitung sejak 30 De­sem­ber 2015.

“Paling lambat 31 De­sem­ber 2021, kartu ATM/Debit yang diterbitkan oleh Penerbit di Indonesia be­serta terminal dan sarana pemro­sesnya wajib meng­gunakan standar nasional teknologi chip yang dise­pakati oleh industri dan ditetapkan BI,” ujar Ar­bonas.

Penerbit tetap dapat menggunakan teknologi mag­netic stripe untuk re­kening simpanan dengan saldo maksimum Rp 5 juta berdasarkan perjanjian ter­tulis antara Penerbit dan nasabah.

Sementara itu, untuk transaksi kartu ATM/Debit internasional, termasuk yang menggunakan tekno­logi magnetic stripe, tetap dapat diproses di Indonesia baik pada penggunaan di terminal ATM maupun EDC.  (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 15:15:09 WIB

    Pelaku UMKM di Padang Panjang Dituntut Munculkan Kemasan Menarik

    Pelaku UMKM di Padang Panjang Dituntut Munculkan Kemasan Menarik PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di harapakan mampu berinovasi untuk membuat kemasan semenarik mungkin, yang mampu menarik para wisatawan untuk mencoba dan membeli barang yang di j.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 09:58:33 WIB

    BUMNag Diminta Kelola Masalah Jadi Peluang Usaha

    BUMNag Diminta Kelola Masalah Jadi Peluang Usaha BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Pengurus Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) harus mengetahui terlebih dahulu potensi dan peluang pasar sebelum dikembangkan. Hal itu menjadi salah satu poin penting yang dibahas dalam Bimbinga.
  • Rabu, 02 Mei 2018 - 14:03:31 WIB

    Jelang Ramadan, Harga Bahan Masakan Mulai Naik

    Jelang Ramadan, Harga Bahan Masakan Mulai Naik PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mendekati Ramadan tahun ini, harga sejumlah komoditas keperluan dapur mulai merangkak naik. Pantauan Haluan pada Sabtu (29/4) di Pasar Siteba, harga cabai merah sebesar Rp44.000 per kilogram (kg), s.
  • Selasa, 09 Januari 2018 - 21:24:22 WIB

    Pascarekor Masak Wajik di Dharmasraya, Beras Ketan Hilang Dipasaran

    Pascarekor Masak Wajik di Dharmasraya, Beras Ketan Hilang Dipasaran DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM—Dibalik nilai positif, ternyata ada pula dampak buruknya dari rekor Muri yang diraih Dharmasraya. Salah satunya adalah persediaan beras ketan atau pulut di Kabupaten Dharmasraya mengalami kelan.
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 23:18:16 WIB

    Masa Depan Ekonomi Sumbar, Pariwisata dan Ekspor Komoditi

    Masa Depan Ekonomi Sumbar, Pariwisata dan Ekspor Komoditi PADANG, HARIANHALUAN.COM--Masa depan ekonomi Sumbar di masa datang, akan ditentukan oleh industri pariwisata dan ekspor berbasis komoditi unggulan. Karena itu, mulailah bersiap dari sekarang. .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM