Penyebaran DBD Terus Meningkat

Dinkes Solsel Lakukan Pemantauan Berkala


Senin, 04 Januari 2016 - 02:58:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kita selalu melakukan pemantauan di tingkat Pus­kesmas dengan cara mela­kukan pembersihan ling­kungan dengan melakukan pemeriksaan jentik dan me­lakukan fogging (pe­ng­asa­pan) radius 100 meter dari lokasi temuan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Novirman pada Haluan, (31/12).

Selain itu, upaya yang tengah dilakukan yaitu de­ngan memberikan sosi­ali­sasi dan pemberitahuan tingkat Nagari hingga ting­kat Kecamatan untuk mela­kukan pembersihan ling­kungan.

 ”Pada 2015, secara garis besar kita melihat total di Solsel adalah 77 persen. Artinya, penderita sebanyak 60 orang. Namun, tidak ada korban jiwa.  Apabila pen­derita mencapai 80 orang maka masuk pada ambang beresiko,” sebutnya.

Ia mengatakan untuk dua kecamatan di Solsel melebihi target sebab dae­rah tersebut banyak pen­derita DBD. Yakni, Keca­matan KPGD sebesar 107 persen dan Kecamatan Su­ngai Pagu sebesar 269 per­sen,  tapi secara total keca­matan masih dibawah tar­get.

Ditambahkan, pada 20­14 penderita DBD sebanyak 19 orang dan satu orang meninggal, sedangkan pada 2013 tercatat 89 kasus.  Mengingat kondisi musim hujan. Dinas Kesehatan Solsel mengimbau ma­sya­rakat untuk lebih waspada terhadapa penularan pe­nyakit dikarenakan DBD penyakit yang mudah me­nular dari orang ke orang melalui gigitan nyamuk Ae­des Aegypti.

“Kita imbau masyarakat lebih memprioritaskan ke­bersihan lingkungan denga pola menutup, menguras dan menimbun tempat pe­nam­pungan air,” terangnya.

Sementara, Kepala Seksi Pelayanan RSUD Solsel, Rini Wirdaningsih me­nye­butkan penderita DBD yang dirawat  sebanyak enam orang pasien dewasa dan satu orang anak-anak, de­ngan kondisi grade dua atau stadium dua, (31/12). “Se­luruh pasien tersebut masih bisa ditangani, saat ini dira­wat  ruang interne RSUD,” katanya.

Dilanjutkannya, terhi­tung semenjak bulan No­vem­ber hingga Desember pihaknya telah merawat pasien penyakit DBD se­kitar 20 orang dengan ren­tang usia 15-60 tahun. “Satu orang pasien dirujuk ke RSUP Mdjamil Padang pa­da 7 Desember dikarenakan permintaan pihak keluarga. Namun,tidak ada pasien yang meninggal,” tutupnya. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Juni 2017 - 19:33:36 WIB

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat beberapa waktu lalu sempat geger dengan terbongkarnya pesta seks antara laki-laki dengan laki-laki atau yang disebut pasangan gay di Jakarta. Ternyata pesta yang sama juga pernah ter.
  • Rabu, 31 Mei 2017 - 12:19:30 WIB

    PKK-Dinkes Mentawai Sinergi Berantas TB

    MENTAWAI, HALUAN–Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai akan bersinergi mengentaskan penyakit Tubercolocis (TB) di Kepulauan Mentawai, dimana penyakit.
  • Rabu, 26 April 2017 - 09:49:07 WIB

    Dinkes Pasaman Gelar Pemeriksaan IVA Gratis

    PASAMAN, HALUAN - Deteksi dini gejala kanker serviks (kanker rahim), Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman gelar pemeriksaan Insveksi Visual Asam Asetat atau biasa dikenal IVA tes bagi 3.000 Ibu Rumah Tangga (IRT) di daerah itu. .
  • Jumat, 16 September 2016 - 02:42:13 WIB

    Dinkes Tingkatkan Pengawasan Peredaran Obat Palsu

    PASAMAN, HALUAN — Untuk meng­antisipasi peredaran obat palsu dan kadaluarsa, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mulai meningkatkan pengawasan peredaran obat kesejumlah Apotek yang ada..
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 03:42:17 WIB

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah PARIAMAN, HALUAN — Dinas Kesehatan Kota Pariaman dalam waktu dekatakan me­lakukan penjaringan dan pem­binaan kesehatan anak usia sekolah. Untuk itu, Selasa, (26/7), 20 orang tenaga Promkes dari 7 puskesmas di Kota Paria­.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM