Kelompok Bersenjata di Aceh

Jokowi: Minimi Bakal Dapat Amnesti


Sabtu, 02 Januari 2016 - 04:04:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pe­me­rintah akan memproses per­mohonan amnesti untuk anggota kelompok Din Mi­ni­mi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Nanti akan kita beri­kan, tapi ada prosesnya,” katanya dikutip dari la­man setkab.go.id pada Ju­mat (1/1).

Menurut Presiden Joko­wi, pemerintah sudah lama berupaya mengajak kelom­pok bersenjata di Aceh itu berperan kembali dalam pembangunan, dan meng­akhiri pertarungan yang terus berlangsung selama bertahun-tahun.

Adapun pembicaraan mengenai permohonan am­nes­ti itu, menurut Presiden Jokowi, juga sudah bebe­rapa kali dilakukan sampai anggota kelompok itu ber­se­dia menyerahkan diri.

Presiden juga memas­ti­kan akan memproses setiap ke­inginan dari kelompok ber­­senjata lain yang me­ngi­ngin­kan mendapatkan am­nes­ti. Prinsipnya peme­rin­tah akan mengedepankan pen­dekatan lunak dalam ber­dialog dengan kelom­pok-kelompok bersenjata itu. “Semua akan kita proses dengan pendekatan lunak. Kalau sulit, akan ditindak tegas. Semua harus matang dulu baru diputuskan,” ka­tanya. 

Sebagaimana diketahui kelompok bersenjata pim­pinan Din Minimi menye­rahkan diri bersama sekitar 120 orang anggotanya ke­pa­­da Kepala BIN Sutiyoso, di Desa Ladang Baro, Keca­matan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (29/12). Dalam penyerahan itu, ke­lom­pok ini juga menye­rahkan belasan pucuk sen­ja­ta, amunisi, dan granat. (h/rol)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 Desember 2016 - 00:20:19 WIB
    PERINGATI HARI IBU KE-88

    Jokowi: Teruslah Jadi Ibu yang Hebat untuk Indonesia

    Jokowi: Teruslah Jadi Ibu yang Hebat untuk Indonesia BANTEN, HALUAN — Penghormatan Presiden, Jokowi, terhadap peranan ibu amatlah besar. Ia menyadari bahwa Indo­nesia dapat berkembang menjadi seperti sekarang ini berkat peran ibu..
  • Jumat, 23 Desember 2016 - 00:19:28 WIB
    KEANGGOTAAN INDONESIA DI ORGANISASI INTERNASIONAL

    Jokowi: Harus Bermanfaat bagi Kepentingan Nasional

    JAKARTA, HALUAN — Presiden, Jokowi, meminta dilakukannya evaluasi terkait dengan keanggotaan Indonesia di sejumlah organisasi internasional. Saat memimpin rapat terbatas mengenai evaluasi keanggotaan Indonesia di sejumlah o.
  • Rabu, 09 November 2016 - 00:31:48 WIB
    RAPAT TERTUTUP DENGAN PENGURUS PP MUHAMMADIYAH

    Jokowi: Saya Tidak Akan Lindungi Ahok

    Jokowi: Saya Tidak Akan Lindungi Ahok JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo menegaskan, proses hukum ter­hadap calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan berjalan secara tegas dan transparan. Selain itu, Jokowi juga memerintahk.
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:49:43 WIB
    POLISI OTT DI KEMENHUB RI

    Jokowi: Pecat ASN Pungli

    Jokowi: Pecat ASN Pungli JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo marah besar. Baru satu jam dia membentuk Operasi Pem­berantasan Pungli (OPP) dalam Rapat reformasi Hukum di Istana Presiden, Selasa (11/10), polisi melakukan Operasi Tangan Tangan (OT.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:46:02 WIB

    Jokowi: Indonesia Maju jika Keluarga Sejahtera

    Jokowi: Indonesia Maju jika Keluarga Sejahtera YOGYAKARTA, HALUAN — Pemerintah terus berupaya untuk merevitalisasi program Keluarga Berencana (KB) agar keluarga sejahtera terbangun. Karena itu, dalam kunjungan kerjanya ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (10/10), Presi.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM