NATO Ancaman Serius Bagi Rusia


Sabtu, 02 Januari 2016 - 04:02:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dalam dokumen terbaru itu Rusia menuduh negara-negara Barat dan AS berusaha mendominasi urusan global. Konflik Ukraina, yang dimulai tahun 2014, menyebabkan penurunan tajam hubungan Rusia-Barat. Tahun lalu, Rusia mengubah doktrin militer untuk mengantisipasi krisis Ukraina dan kehadiran NATO di Eropa Timur.

Saat itu, penasehat Kremlin Mikhail Popop menga­ta­kan pembesaran NATO dalam beberapa tahun terakhir — dengan kian dekat ke perbatasan — adalah ancaman serius bagi Rusia. Albania dan Kroasia bergabung dengan NATO tahun 2009. Dua tahun kemudian, NATO punya empat calon anggota; Bosnia, Georgia, Macedonia, dan Montenegro. Versi baru doktrin keamanan menye­butkan Rusia memperkuat militernya akibat andanya ancaman baru, dan karakter yang rumit dan saling terkait.

Rusia juga mengatakan NATO membangun potensi militer di sepanjang perbatasan Rusia, dan melanggar norma hukum internasional. Wartawan BBC menga­takan Putin ingin Barat mengakui hak Rusia bahwa negara-negara eks Uni Soviet harus bebas dari NATO. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 02 April 2016 - 03:42:52 WIB
    Serukan Penyelidikan Pembunuhan Orang Palestina

    Senator AS Dikecam Netanyahu

    Jerusalem, Haluan — Perdana Menteri Israel Ben­jamin Netanyahu pekan ini mengecam surat yang dikirim oleh beberapa senator AS yang menyerukan penyelidikan me­ngenai pembunuhan orang Pa­les­tina yang melakukan serangan t.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM